Susun Strategi Buat SNMPTN 2011

‘Waktu adalah uang’ yup pepatah itu lah yang cocok buat orang yang menghargai waktu, setiap jam, menit, dan detik berlalu begitu cepat rasanya jika kita amati but apa hubungannya dengan topik yang akan aku sampaikan berikut ini. Tentu ada coz Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi disingkat SNMPTN yang merupakan ajang buat kalian berlomba-lomba merebut kursi di perguruan tinggi negeri sebentar lagi bakal menghampiri kalian. Walaupun masih 8 bulanan lagi jangan dianggap remeh kalau nggak disiapin dari sekarang urusannya bisa panjang. Ingat yang bakal kalian hadapi ini adalah penentu masa depan dan impian kalian. Sekarang tentuin deh minat kalian itu apa? Dan mau dibawa kemana minat kalian itu? Hati-hati jangan sampai salah pilih, sesuaikan dengan hati kalian.

Na jika kalian udah nentuin minat kalian dimana selanjutnya pilih deh jurusan apa yang kalian inginkan dan universitas mana yang kalian idam-idamkan (ingat harus disesuaikan dengan kondisi ekonomi ortu, kasihan kan kalau ortu banting tulang extra dan harus menggadaikan barang-barang berharga seperti surat cerai bung karno hahahaha). O iya sekadar mengingatkan pilih jurusan juga mesti milih-milih, lihat dulu prospek kedepannya gimana. Setidaknya 5-15 tahun kedepan dibutuhin nggak sarjana dari jurusan tersebut dan satu lagi siapin cadangan kalau-kalau kalian minum pil pahit hehehe

Well kalau udah sekarang siap ber-explorasi terhadap materi-materi yang diuji di SNMPTN, mulai dari sekarang sudah harus nyicil-nyicil soal yach kalau nggak ntar kalian nyesel lo kayak aku T_T yang keteteran. Sedikit saran belajar materi dulu, pahami, dan baru luapkan deh dengan soal (ini saran dari temanku yang sekarang diterima di ITB jurusan STEI).

Hal yang perlu diingat 3 bulan sebelum SNMPTN kalian sudah harus menguasai seluruh materi so sisanya buat latihan soal aja.

Perlu Bimbel nggak sih??? Mungkin ini pertanyaan yang ada di benak kalian yang ragu buat bimbel atau nggak. Kalau menurut aku sih bimbel itu nggak nentuin kalian bakal lulus atau nggak coz pengalamanku menjadi siswa GO di Palembang nggak ada yang ngena di soal SNMPTN-nya dan bukan hanya GO aja, semua temanku yang tersebar di berbagai bimbel SNMPTN di Palembang juga bilang nggak ada efek atau kemiripan di soalnya tapi bukan berarti aku nyaranin nggak bimbel lo, malahan sangat-sangat dibutuhin bimbel itu. Alasannya karena dengan bimbel, kalian dapat mengingat materi-materi dan meningkatkan kemampuan kalian berpikir dengan soal-soal yang beragam tahunnya ditambah lagi ada Try Out-nya yang pakai sistem Passing Grade (PG) so bisa membayangkan sejauh mana kemampuan kalian selama ini dan kira-kira jurusan dan universitas yang kalian pilih sesuai nggak dengan PG yang kalian dapat coz jika nggak nyampai ganti universitas saja, jangan terlalu dipaksa. O iya kalau mau cari tempat bimbel saranku sih pilih GO aja ^^ coz asyik sih.

Satu hal lagi yang harus kalian perhatikan yaitu PG. Yup walaupun PG kalian sampai di PTN favorit bukan berarti kalian lulus lo (kebanyakan orang kalau pilihan pertama lulus maka biasanya pilihan kedua ngasal seperti aku ini hehehe jadi rumit tapi bersyukur da dapet pilihan sekarang) dan jika PG kalian dibawah PG PTN favorit bukan berarti kalian nggak lulus (tapi masih harus realities ya sama kemampuan kalian). Contohnya saja aku, d GO PG ku selalu diatas 40% paling tinggi 47%an tapi nggak lulus TI-ITS yang PGnya hampir 47%an malah dapat Teknik Pertambangan Unsri T_T but life must go on, aku harus konsisten sama apa yang telah ku pilih walaupun sebenarnya ngasal pilihan kedua ini tapi untung da masuk. Coz TP-UNSRI mampu bersaing dengan anak ITB buktinya Unsri peringkat ke-2 dalam Indonesia Student Mining Contest (ISMC) dan ITB peringkat ke-1 tapi wajar ITB menang, ya lombanya aja di ITB so pasti alat-alatnya telah mereka kuasai hehehe dan lagi anak tambang itu gajinya gede lo. Contohnya aja PTBL di daerah ku yang kecil ini (Lahat) gajinya sebulan aja bisa 8 juta dan jika kalian pintar dan beruntung bisa dapat Freeport (ini perusahaan terbesar di Indonesia) yang gajinya sebulan mencapai 32jutaan. Tapi apakah lulusan unsri diterima di Freeport jawabannya dalah iya coz ada kakak tingkatku yang belum tamat sudah di list buat kerja di Freeport serta banyak juga lo perusahaan pertambangan yang mencari sarjana lulusan Unsri contohnya KPC yang member gaji 20jutaan sebulan.

So come on, don’t waste your time ^^!

Terakhir aku ingin share buku referensi yang tidak hanya bagus buat SNMPTN tapi juga buat USM dan UN (seandainya saja aku belinya jauh-jauh hari T_T) yaitu Seri Buku 505 Daniel terbitan Rumah Belajar Daniel yang tersedia dalam 6 buku yaitu Fisika, Matematika, Kimia, Biologi (cuma beli biologi doang coz nanggung seminggu lagi mau SNMPTN jadi mubazir aja takutnya nggak tekejer kalau beli semuanya, berhubung aku lemah biologi), Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Buku ini berisi ringkasan yang singkat tapi komplit. O iya jangan dimakan mentah-mentah ya pembahasannya coz ada beberapa di buku biologi yang salah tapi as far as good n bukunya sangat membantu banget ^^.

About these ads

6 thoughts on “Susun Strategi Buat SNMPTN 2011

  1. saya kak ,,,orang yang gagal di SNMPTN 2011 ,saya cman lulus umb,,,,yang saya dapatkan cuma universitas palangkaraya t.pertambangan ,saya ingin mencoba lagi tahun dpan tapi menurut saya resikonya banyak,,,kasih solusi dong kak,,,,,dulu saya sudah ngambil itb ma unsri tapi gak jebol,,,,,

    • Ya sudah kalau emang niatnya mau T. Pertambangan di Universitas A ya keep going. Jangan sampai menyesal ditengah jalan kalau sudah terlalu lama. Tapi sebenarnya mau belajar dimana saja kalau ada keinginan dan jalan, semuanya sama kok.

  2. kata kakak,,,,yang bisa dijamin untuk masuk freeport thu,,,hanya itb ma unsri,jdi kami gmana kak caranya biar bisa ada relasi sam freeport,,,aq mahasiswa universitas palangkaraya,ni pilihan terahir karena ngak lulus itb ma unsri kak,,,apa saya harus coba tahun dpan ge,,,,hikshikshiks,,,,,,,

    • Waduh soal itu saya nggak tahu, tapi kalau kamu mempunyai potensi dan kemampuan yang mana sesuai dengan kebutuhan perusahaan ya lancar dong. Tapi memang link itu penting banget, coba tanya sama senior mu tentang link tambang di universitas tersebut.

  3. saya juga salah satu siswi GO loh. sebenarnya GO itu sangat bagus karena memberikan referensi soal yang bervariasi dan sangat banyak. beli buku aja ga cukup, tapi harus rajin latihan soal. itu hal yang saya baru ingin jalankan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s