Mengenal SMA Negeri 4 Lahat

Siapa sih anak Lahat yang nggak tahu sama SMAN 4 Lahat? SMAN 4 Lahat merupakan SMA unggulan yang berlokasi di desa Tanjung Payang yang berdiri sejak tahun 2000. Walaupun lokasinya diujung kulon hehehe (lebay mode on), maksudnya jauh dari keramaian tapi bukan berarti prestasinya melempem. O iya siswa-siswi disini pada campur aduk lo asal daerahnya. Ketika kalian kesini jangan heran kalau banyak anak rantauan baik dari Pagar Alam, Tebing Tinggi, Lubuk Linggau, Kikim, dan daerah nan jauh dari Lahat yang berhasrat untuk bersekolah disini.

SMAN 4 Lahat ini sudah ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sejak 2007 lalu (otomatis angkatanku jadi pioner pertama buat RSBI ya hehe dan tengah berusaha mentitik fokuskan kegiatan belajar mengajar menggunakan dua bahasa (bilingual), bahasa inggris dan bahasa indonesia, terutama pada pelajaran eksak. Namun masih 50% jalan secara praktek (lebih di pelajaran eksak) tapi secara teoritisnya udah 90% (mencakup seluruh pelajaran). What secara teoritis 90%? Yup benar banget, mungkin kalian bisa kesini. Kalian bakal ngelihat plat-plat disini udah pake’ bahasa inggris. Trus soal-soal pada ujian semester, ulangan bulanan, bahkan ulangan harian udah pake’ bahasa inggris semua, mau itu eksak atau non eksak malahan pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) pun turut in english soal-soalnya kecuali ujian nasional haha Jadi mau tak mau kalian mesti ngerti dulu maksud soal baru bisa ngejawabnya hehehe Lagian para guru-guru disini bakal ngasih nilai ++ lo kalau kalian bisa menjawabnya in english juga. Tapi walaupun kayak gituh, jangan takut ya masuk kesini hanya gara-gara english kalian rendah, malahan ini justru dapat memperkaya dan mengasah kemampuan kalian biar jadi jago english kan kita udah menghadapi Globalization Era.

Sebagai SMA unggulan, SMAN 4 Lahat memiliki waktu belajar yang lumayan ketat. Pada hari senin-kamis, aktifitas belajar dimulai dari jam 6.45 pagi sampe 9.20 malam, hari jum’at dari jam 6.45 sampai 5 sore, dan hari sabtu dari jam 6.45 sampai 1.30 siang. Walaupun kelihatannya padet tapi tenang aja, masih ada jeda kok buat istirahat siang dan sorenya. Jadi kita mesti siap baik mental maupun fisik karena ada beberapa siswa yang pindah gara-gara stress dengan waktu belajarnya yang super duper ketat hehe seperti aku ini la ketika baru 2 bulan disana udah nangis minta dipindahin huhu tapi syukurlah nggak jadi. Gara-gara waktu belajar yang ketat inilah buat kita jadi nambah pinter dan membuat hubungan antar siswa dan guru lebih akrab layaknya seperti keluarga karena tiap pagi, siang, sore, dan malam bertemu terus  jadi kayaknya waktu di sekolah lebih banyak dibanding sama keluarga di rumah huhu but it’s okay.

Ada yang bilang SMA unggulan tak mengenal fashion hehehe O iya? Nggak kok. Bisa dilihat dari seragam sekolahku yang keren habis hoho. SMAN 4 Lahat punya 5 seragam sekolah yang bakal dipakai selama KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yakni seragam berpangkat (baju putih+ada cokltnya dikit, celana biru, dan dasi coklat) dengan sepatu PDH yang dipakai setiap senin dan selasa, seragam standar (baju pink, celana coklat, dan dasi coklat) dengan sepatu PDH yang dipakai setiap rabu dan kamis, seragam muslim (baju putih dan celana hitam) yang dipakai setiap hari jum’at dengan sepatu bebas pantas, seragam olahraga dengan sepatu bebas pantas (baju dan celana warna biru tua dipadu dengan sedikit warna kuning) dengan sepatu bebas pantas, dan seragam bebas pantas dengan sepatu bebas pantas yang dipakai setiap hari sabtu. Hal inilah yang membuat cucianku kok sering menumpuk hehe

Seluruh elemen sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, staf hingga siswa berusaha meningkatkan prestasi akademik dan non akademik dari waktu ke waktu. Alhasil berbagai prestasi dicapai dengan gemilang baik siswa berprestasi, guru berprestasi hingga kepala sekolah berprestasi, LCC, olimpiade sains, dan lain sebagainya mulai tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Hal ini dapat dibuktikan misalnya siswa berprestasi, hampir tiap tahun siswa SMAN4 Lahat masuk 3 besar di tingkat Provinsi Sum-Sel bahkan tak jarang jadi juara satu. Lalu Olimpiade Sains, SMAN 4 Lahat selalu jadi tumpuan terbesar buat dikirim ke tingkat provinsi karena selalu masuk 3 besar dalam seleksi tingkat kabupaten, hanya 1-5 siswa dari sekolah lain yang mengisi kekosongan bahkan pada saat tahun 2009 perwakilan yang akan dikirim ke tingkat provinsi semuanya siswa SMAN 4 Lahat hihi. Nggak cuma berhenti disitu saja, udah ada 2 siswa SMAN 4 Lahat yang memiliki kesempatan buat student exchange ke negeri orang dan semuanya itu teman sekelasku haha yakni Adam Ahmad Akbar (Program Intensive 2 Weeks Jenesys ke Jepang) ,Reksa Alviona (Program 1 year YES ke Amerika Serikat), dan terakhir baru-baru ini Karlinda Sari (Program Pertukaran Pelajar Antar Negara ke Jepang).

Dengan usaha keras, memberikan pelajaran intensif, SMAN4 Lahat sudah dapat sejajar dengan sekolah bergengsi lain di Provinsi Sum-Sel seperti SMA Plus N 17 Palembang, SMA Xaverius 1, dan SMA Kumbang. Hal ini terlihat dari output sekolah tersebut yakni tercatat hampir 85% lulusannya diterima di universitas negeri seperti UI, UGM, ITB, IPB, Unpad, Unsri, dan lain-lain dengan jurusan yang prestigious tentunya. Sedangkan sebagain besar memang memilih melanjutkan ke sekolah swasta seperti Binus, dan lain lain.

Bagaimana dengan Eskul disana? Oh tenang aja. Disini ada 2 jenis eskul yang diberikan yakni eskul wajib (harus ikut) meliputi Imtaq (wajib ikut), Paskibraka, LKS, dan Pramuka (3 eskul wajib ini harus dipilih salah satu) dan eskul pilihan yang hanya bisa milih satu eskul saja setiap semesternya meliputi basketball, volleyball, tenis meja, PMR, seni tari, seni lukis, seni vokal, pertamanan, pencak silat, debat bahasa inggris, bulutangkis, dan seni teater.

SMAN 4 Lahat memiliki fasilitas penunjang pembelajaran, yakni lab komputer, lab bahasa inggris, dan lab bahasa indonesia Selain itu ditunjang dengan perpustakaan yang lumayan lengkap dan nyaman buat baca-baca, disini juga disedian buku eksak bilingual. Ada juga server, jaringan LAN, internet, hotspot, ruang multimedia menggunakan LCD interaktif, berbagai alat musik seperti alat band, klarinet, saxophone, angklung, perkusi, dan sebagainya. SMAN 4 Lahat juga menyediakan mushola layaknya masjid yang cukup besar dan asrama dengan daya tampung yang juga cukup besar bagi anak rantau sehingga nggak perlu repot nyari tempat dengan biaya yang minim namun nyaman.

Kemajuan serta peningkatan prestasi sekolah tidak luput dari upaya keras dari guru, dimana saat ini banyak guru berkeliaran haha yang sudah tersertifikasi beberapa orang dan sisanya masih proses (maaf ya nggak jelas berapa orang soalnya aku nggak tahu banyak soal ini hehehe). Jenjang pendidikannya hampir 90% S1 dan sisanya 10% S2 (dalam proses belajar).

Hmm mungkin segitu dulu ya cerita tentang sekolahku, maklum tangan udah pegel ngetak-ngetik tak karuan hoho So setelah kalian udah dikasih gambaran tentang SMAN 4 Lahat, kalian masih mau pikir-pikir ulang buat terjun disini hihi Kalau mau, siap, dan udah mantap buruan  belajar coz ada seleksinya lo meliputi tahap I (kemampuan IPA, matematika, bahasa inggris, dan bahasa indonesia), tahap 2 (listening), dan tahap 3 (wawancara). Hmm untuk masalah kapan seleksinya lebih baik tanyakan langsung ke SMAN4 tapi kalau nggak salah sekitar Maret sih hehehe O iya jika masih butuh informasi tambahan kalian bisa langsung ke websitenya, klik aja http://sman4lahat.sch.id. Ditunggu kedatangannya ya.

About these ads

12 thoughts on “Mengenal SMA Negeri 4 Lahat

    • Nggk kok tapi saya kurang tahu gimana sistem belajar SMAN4 skrg, ada yg bilang sudah berubah total dgn ketika saya belajar disana.
      Bagus itu, disana kamu bisa coba masuk english debate club saja hhehe

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s