Mengenal Teknik Pertambangan

Tak terasa sudah satu semester kuliah Teknik Pertambangan di Universitas Sriwijaya yang disebut-sebut sebagai universitas terluas di Asia Tenggara. Suka dan duka dilewati selama masa-masa junior :) :(. Tak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa saya bakal masuk department ini hingga sekarang. Hasrat ingin pindah jurusanpun masih melekat dibenak hhehe. Sebenarnya department yang saya mau Teknik Informatika (ITS), mungkin karena passing grade SNMPTN tak mencukupi jadilah saya dijeblosin di mining canyon. Na lo? Kalau begitu kenapa saya memilih jurusan ini menjadi pilihan kedua? Nggak tahu hhaha saya bingung kenapa milih ini jadi pilihan ke-2, sepertinya ada yang mengasut saya dari belakang ya *ngelirik my brother hhehe Sebenarnya masih ada keinginan yang kuat buat ikut SNMPTN lagi. Tapi itu tidak akan terjadi karena kasihan sama orang tua, bayarannya merogek kocek cukup dalam. Untung saya ingat dengan QS. Ibrahim: 7, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”” Jadi Alhamdulillah saya bisa masuk department yang dalam bahasa kampungnya Mining Engineering hhehe (Alhamdulillah sekarang saya sudah cinta dengan Teknik Pertambangan, semakin dalam dipelajari jadi semakin menarik ^^)

Back to topic, pada postingan kali ini saya mau sharing mengenai Teknik Pertambangan walaupun saya masih junior yang ilmunya baru sedalam bak mandi tapi insyallah bisa memberikan points of views mengenai jurusan ini.

Teknik Pertambangan adalah jurusan yang mempelajari teknologi dan kegiatan/usaha yang berkaitan dengan “bahan galian”, mulai dari penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi, penambangan (exploitasi), pengolahan, pemurnian, pengangkutan, sampai ke pemasaran. Bahan galian adalah unsur-unsur kimia, mineral, bijih, dan segala macam batuan termasuk batu mulia yang merupakan endapan alam, yang dapat ditambang secara ekonomis. Dari definisi ini, we can figure out the goals of mining engineering graduate, right?.

Major courses of this department has 150 credits (Universitas Sriwijaya). Mata kuliahnya tergolong banyak sulitnya menurut saya tapi saya harus senantiasa berpikiran positif bahwa semua akan mudah seiring dengan berjalannya waktu. Lagian semua mata kuliahnya mengasyikkan :) Yang paling buat saya kelabakan untuk semester satu adalah geologi dasar, padahal ini basic major course buat anak tambang :) itu semua terjadi karena saya belum dapet fell-nya hhehe. Nggak tahu kenapa saya males memahami dan mempelajari mata kuliah ini padahal serulo. Pas UAS kemarin aja ketar-ketir banget, banyak yang nggak saya tahu padahal kalau dipelajari mudah dibagian itu. Benar kata orang menyesal tiada gunannya, hanya bisa berharap geologi dasar ini dapet B saja udah cukup la. (*E ternyata do’a saya terkabul hhaha). O iya kalau dilihat per semester ada beberapa mata kuliah yang mesti diperhatikan seperti mineralogi dan petrologi, mekanika tanah, metode penambangan bahan galian, geologi struktur, ilmu ukur tambang, bahan galian industri, eksplorasi bahan galian, mekanika batuan, pemindahan tanah mekanis, hidrogeologi dan penyaliran tambang, pengolahan bahan galian, teknik lingkungan tambang, dan masih ada  beberapa lagi. Selain itu ada mata kuliah pendukung seperti  program komputer, kalkulus, kimia dasar, kimia analisa, kimia fisika, dan sebagainya serta mata kuliah ringan seperti bahasa indonesia, bahasa inggris, kewarganegaraan, dan lain sebagainya. Lalu sekitar semester 5 kita mesti milih konsentrasinya dimana, ada 3 pilihan yakni, batubara, minyak dan gas bumi, dan mineral. Kalau dilihat -lihatjurusan ini bisa memegang jurusan lainnya seperti geologi dan metallurgi.

Hmm masalah seru nggak jurusan ini, you may not doubt anymore :), Seru Banget La!!  Kembali lagi ke definisi jurusan ini dimana kita belajar bagaimana mengeruk kekayaan alam yang begitu banyaknya diberikan Allah yang mempunyai manfaat yang tak sedikit tapi dengan good mining practice tentunya. Coba kalian pikir deh tanpa sarjana tambang kalian nggak mungkin bisa memakai perhiasaan, memakai kendaraan seperti motor, mobil, pesawat, dan kapal tanpa ada bahan bakar, nggak bisa pake’ listrik buat nyalain lampu, nyetrika, main game, dan lain sebagainya.

Selanjutnya banyak yang bilang kalau Teknik Pertambangan identik dengan pekerjaan keras dan banyak cowoknya? Bener itu! Absolutely! Namanya kerja di lapangan, tentunya mesti mempunyai fisik dan mental yang kuat walaupun ada juga yang kerja kantoran tapi itu hanya beberapa saja terutama anak cewek yang banyak milih terjun ke pekerjaan ini. Tapi bukannya di lapangan lebih dapet banyak pengalaman, ya nggak? Kalau masalah gender, mungkin sekarang ini bisa dibilang 1:7 untuk cewek dan cowok. Di Unsri saja dari sekitar 110 mahasiswa tambang hanya ada sekitar 20 anak cewek hhehe dikit bangetkan.

Prospek pekerjaan dan gajinya gimana? Ya mungkin inilah yang jadi bahan pertimbangan bagi kita sebelum milih jurusan atau momok menakutkan apa yang akan terjadi setelah saya lulus dari jurusan ini. Jangan takut prospeknya masih cerah banget untuk bertahun-tahun kedepan baik minyak, mineral, dan terutama batubara, lihat saja akhir-akhir ini banyak banget tambang batubara dibuka. Hal ini dikarenakan permintaan batubara ke depan mengalami peningkatan yang cukup besar. Seperti dikutip di majalah tambang online bahwa meningkatnya konsumsi batubara dunia tidak terlepas dari meningkat pesatnya permintaan energi dunia dimana batubara merupakan pemasok energi terbesar kedua setelah minyak dengan kontribusi 26% dan akan meningkat sampai 29% pada tahun 2030. Sedangkan kontribusinya sebagai pembangkit  listrik diperkirakan juga akan meningkat dari 41% pada 2006 menjadi 46% pada 2030. IEA memperkirakan dengan tingkat produksi saat ini batubara dunia dapat dieksploitasi setidaknya hingga 133 tahun ke depan, lebih lama dibandingkan cadangan minyak dan gas yang diperkirakan hanya dapat dieksploitasi sekitar 42 tahun dan 60 tahun ke depan. Ditambah lagi sudah hadir energi terbarukan yang menggantikan energi fosil yang tak terbatas dan friendly dengan lingkungan. Hmm masalah gaji, jangan ditanya lagi la, fresh graduate saja 4-10 juta/ bulan dan bisa meningkat sampai 32 juta/ bulan jika sudah magang cukup lama dan kerjaan bagus.

Terakhir, perguruan tinggi apa saja yang buka jurusan ini? Hmm lumayan banyak mulai dari universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, dan politeknik. Berikut daftarnya yang diambil dari Wikipedia.

UNIVERSITAS

  1. Universitas Bangka Belitung
  2. Universitas Cordova
  3. Universitas Hasanudin
  4. Universitas Islam Bandung
  5. Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  6. Universitas Lambung Mangkurat
  7. Universitas Muara Bungo
  8. Universitas Muhammadiyah Mataram
  9. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  10. Universitas Mulawarman
  11. Universitas Muslim Indonesia
  12. Universitas Negeri Padang
  13. Universitas Negeri Papua
  14. Universitas Nusa Cendana
  15. Universitas Nusa Tenggara Barat
  16. Universitas Palangka Raya
  17. Universitas Pembangunan Nasional Veteran
  18. Universitas Sains Dan Teknologi Jayapura
  19. Universitas Sriwijaya (Unsri)
  20. Universitas Trisakti
  21. Universitas Veteran Republik Indonesia
  22. Universitas 19 November Kolaka

INSTITUT

  1. Institut Sains Dan Teknologi Td Pardede
  2. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. Institut Teknologi Medan
  5. Institut Teknologi Sains Bandung

SEKOLAH TINGGI

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Teknik Prabumulih
  2. Sekolah Tinggi Ilmu Teknik Trisula
  3. Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang
  4. Sekolah Tinggi Teknologi Mineral Indonesia
  5. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional

AKADEMI

  1. Akademi Pertambangan Makassar
  2. Akademi Teknik Pembangunan Nasional

POLITEKNIK

  1. Politeknik Amamapare
  2. Politeknik Geologi Dan Pertambangan Agp
  3. Politeknik Halmahera
  4. Politeknik Islam Syekh Salman Al-Farisi Rantau
  5. Politeknik Ketapang
  6. Politeknik Muara Teweh
  7. Politeknik Negeri Banjarmasin

Dari keselurahaan yang disebutkan diatas yang memiliki prestise tinggi menurut saya adalah ITB, Unsri, dan UPN Jogja yang alumninya tersebar di pelosok-pelosok Indonesia bahkan ada juga dunia :). Contohnya saja Presiden PT Freeport yang merupakan perusahaan penghasil emas terbesar di dunia dan pembayar pajak terbesar kepada Indonesia, Armando Mahler, merupakan alumni dari Unsri ( *promosi dikit :) ). Pak Armando ini cukup banyak memberikan kontribusi kepada Unsri, mulai dari peralatan tambang sampai dia mulai ada rencana mengundang 5-6 bagi dosen atau mahasiswa tiap bulannya buat yang mau mengenal lebih dalam tentang PT Freeport dan mau belajar peledakan, pengeboran, dan sebagainya minimal satu minggu disana (dia bilang nggak mau kalau cuma 2 atau 3 hari) hehe royal banget ya tapi nggak tahu juga kapan mulainya :). Pak Armando juga suka meluangkan waktunya buat ngadain kuliah umum tentang pertambangan terutama mineral dengan tidak memungut biaya apapun malahan dengan baiknya yang hadir diseminarnya bakal dikasih makan+buku gratis. Saya saja sudah megang satu buku pemberiannya “Dari Grasberg sampai Amamapare, Proses Penambangan Tembaga & Emas Mulai Hulu ke Ilir”. Hmm jadi kalau setiap kali pak Armando ngadain seminar jangan sampai dilewatin lo hehe.

Hmm mungkin cukup segitu dulu ya overview tentang Teknik Pertambangan jadi bagi yang berminat ayo-ayo jangan takut, jangan gelisah, jangan bingung-bingung ntar bikin linglung hehe segera pilih jurusan ini dijamin prospek kedepannya makin cerah :).

Best regards,

@Kgs_Dedi
P.S.

Berhubung postingan ini yang paling banyak dikomen maka saya mohon maaf kalau komentarnya lama di bales, untuk itu biar cepet di bales silahkan mention @Kgs_Dedi di twitter agar saya segera buka blog ini. Insyallah mulai sekarang saya akan rajin bales komennya.

About these ads

432 gagasan untuk “Mengenal Teknik Pertambangan

  1. salam kenal aku dari Jakarta….
    aku cewek masuk salah satu univ swasta pertambangan, awalnya ragu tapi stelah baca posting mu aku jadi yakin, thanks ya atas sharingnya….

  2. Nimbrung dikit né… Hehehe.. .
    Di tambang emang jarang cewe tapi bukan berarti gak Ada & gak bisa… Kalau punya niat, pasti bisa… Lagian suat tantangan juga kan… Pasti bisa.. Enak lo jadi cwe tambang
    By. Novi anggraini
    Alumni univ negeri padang (UNP)

  3. gw suka banget nih artikel hehehe ..
    ehh bang gw mao tanya dong , gw mw tau buku” nya it seperti apa ??
    bisa d bantu hehehe?? makasi

  4. Kak, saya Melissa. saya baru tamat SMP, hehe.
    tapi sudah banyak dengar cerita tentang pertambangan dan sepertinya mulai tertarik.
    saya mau tanya, apakah pekerjaan dilapangan sma dikantorannya itu dibedakan? sesuai apa? skill nya kah? atau keinginan kita?
    terimakasih, mohon dibalas.

    • Tergantung keinginan mau kerja apa dan skillmu, kalau mau jadi mine planning memang kebanyakan dikantor. Tapi kalau seandainya skill software tambangmu kurang tentu susah buat jadi mine planning. Biasanya untuk beberapa tahun fresh graduate dikerjakan di lapangan dan setelah beberapa tahun bisa saja di kantor.

  5. tolong di jawab y.
    apakah bisa siswa yang lulus undangan snmptn 2013 ngambil kuliahny di pertambangan bukit bukan di indralaya?
    kalau bisa gimana caranya?

  6. kak ,ane minat masuk pertambangan tapi lebih ke perminyakan sih , di unsri ada TM ( Teknik Minyk ) ? , oh ya 1 lagi badan ane kecil nih kak tinggi 165 tapi berat cuman 50 emng sih skrg masih kelas 2 , kira2 nnti pas fieldtrip dan kerja lapangan susah gak .? kan teknik identik dengann perkrjaan yang berat,.?

    • Unsri cuma ada teknik pertambangan, tapi ada juga opsi migas namun saya tidak menyarankan ke unsri kalau mau perminyakan. Sangat bagus kalau kamu bisa masuk FTTM ITB dan ngambil teknik perminyakan, mantap banget itu hehehe
      Hhahaha tenang kok, tinggi dan berat bukan tolak ukur fisik seseorang.
      Bener teknik pertambangan kebanyakan main di lapangan dan panas banget lah hhaha

    • Bisa kok kalau kamu mampu ya tapi baiknya jalur sbmptn, sayangnya jalur ini kuotanya sedikit dari snmptn jadi harus kerja keras. Kalau jalur undangan (snmptn) susah ya …

  7. kk saya pengen masuk di jurusan pertambangan tapi saya IPS bisaka saya masuk di jurusan pertambangan mohon balas untuk saya karna saya mau tau kalo anak IPS bisaka

    • Bisa kok kalau kamu mampu ya tapi baiknya jalur sbmptn, sayangnya jalur ini kuotanya sedikit dari snmptn jadi harus kerja keras. Kalau jalur undangan (snmptn) susah ya …

  8. kak mau nanya, saya lulusan 2012 ips, tapi bener2 pengen masuk pertambangan, udah hasrat saya dari dulu :( apakah ips bisa msk pertambangan? atau temen2 kakak ada yg ips? :”

    • Maksudnya praktek apa ini? Belajar ke lapangan maksudnya? Cuman ada kewajiban di akhir semester 1 yakni fieldtrip, pas kerja praktek dan TA. Selebihnya kalau mau kelapangan tergantung angkatan masing2 dan opsi masing2. Misalnya baru-baru ini yang ngambil opsi mineral, mereka fieldtrip ke PT Cibaliung Sumber Daya Gold-Silver Mine Site dimana sebelumnya mereka mengajukan proposal ke perusahaan buat fieldtrip atau studi tour kesana dan diterima. Misalnya lagi yang opsi batubara, insyallah awal Mei kami mau fieldtrip ke PTBA. Terus yang opsi migas juga ngajuin proposal buat fieldtrip. Jadi itu tergantung dari keaktifan mahasiswanya ya dan perlu diingat kegiatan itu di luar dari sks teknik pertambangan unsri (fieldtrip atau tidak fieldtrip nggak akan mengurangi nilai).

  9. kak pelajaran matik matika,kimia,fisika itu ada brpengaruh besar ga pada teknik pertambangan ?
    pengaruh paling besar pelajaran apa?
    apakah pelajaran itu susaH atau hanya dasar?

  10. Kak salam kenal saya Rensa dari SMAN 2 Bandarlampung, insyaallah jd mahasiswa teknik pertambangan Unsri 2013 (aamiin). Kak minta point of view dong, kan tiap orang punya hobi & passion non akademik (olahraga & musik), kebetulan gua punya hobi & passion di bidang musik. Menurut kakak hobi gua tetep bisa tersalurkan gak ya ketika gua kuliah di Unsri, khususnya lagi di jurusan pertambangan ? Thanks kak sebelumnya :D

    • Amin Ya Allah :D
      Hhaha kalau soal itu bisa dong, malah kalau sudah masuk lingkungan kampus kamu bakal nemuin banyak komunitas-komunitas yang makin mendukung passionmu. Di Unsri ada kok komunitas musik yang sampai skrg saya mupeng kalau lewat lihat mereka lagi main musik hhaha Dasar saya saja yang rada males hhehe Jadi kuliah di jurusan tambang nggak mengurangi passionmu asal diimbangi ya antara waktunya kuliah dan waktunya menyalurkan passionmu.
      Anytime …

    • Nggak tahu kalau skrg …
      Untuk peluang tahun kmrn:
      Untuk SNMPTN Undangan: 15 orang (sudah termasuk 5 orang didalamnya Bidik Misi)
      Untuk SNMPTN Tertulis: 93 orang (sudah termasuk 10 orang didalamnya Bidik Misi)
      Untuk USM (Extention): 85 orang

    • Nggak tahu kalau skrg …
      Untuk peluang tahun kmrn:
      Untuk SNMPTN Undangan: 15 orang (sudah termasuk 5 orang didalamnya Bidik Misi)
      Untuk SNMPTN Tertulis: 93 orang (sudah termasuk 10 orang didalamnya Bidik Misi)
      Untuk USM (Extention): 85 orang

  11. kalau perempuan masuk jurusan ini emangnya susah ya dapet kerjanya? apa betul tenaga yang dibutuhkan di pertambangan itu yang berpengalaman jadi yang diambil cuma yang senior aja?

  12. kk, saya baru sma kelas x,saya minat sekali di pertambangan ,kira2 saya bagusnya pilih jurusan IPA or IPS ..(… saya lebih suka IPS) . kalau pertambangan dominan yg mana kk??

    • Kalau minat ke tambang, kamu harus masuk IPA karena dominan ya di IPA.
      Kalau kamu lebih suka IPS berarti kamu cenderung suka ilmu sosial, sedangakn IPA dan IPS beda jadi coba dipikir ulang kamu minat dan mampunya dimana.

  13. Kak saya siswi kelas XII IPA, minat banget kuliah di Tk.Pertambngan Unsri. Tapi saingannya, waw bget. Bisa bagi-bagi strateginya kak?

  14. Kak saya siswi kelas XII minat bnget kuliah di Tk.Pertambangn UNSRI. Untuk jalur snmptn (undangan) tahun ini, menurut saya semakin sulit buat ngedapetin bangku disana. Bisa bagi strategi gak kak?

    • Kurang tahu tapi kalau berkaca tahun kemarin berikut rinciannya:
      Untuk SNMPTN Undangan: 15 orang (sudah termasuk 5 orang didalamnya Bidik Misi)
      Untuk SNMPTN Tertulis: 93 orang (sudah termasuk 10 orang didalamnya Bidik Misi)
      Untuk USM (Extention): 85 orang

    • Untuk SNMPTN Undangan: 15 orang (sudah termasuk 5 orang didalamnya Bidik Misi)
      Untuk SNMPTN Tertulis: 93 orang (sudah termasuk 10 orang didalamnya Bidik Misi)
      Untuk USM (Extention): 85 orang

  15. Mau nanya ni
    Kebetulan tahun ini ane rencana mau ngambil tambang di unsri
    Kebetulan mau langsung ambil yang unsri bukit kalo ambil yang indralaya kejauhan
    Dan 1 lagi kalo fasilitas bagusan unsri bukit atau unsri indralaya
    Btw kalo boleh tau biaya masuk unsri bukit alias ekstension berapa ya + sppnya
    Thanks

    • Jangan takut kalau kamu merasa mampu dan yakin …
      Saya kurang tahu juga soalnya nggak ngikutin perkembangan tapi yang jelas ngk ada patokan mengenai standar nilai rata” karena yang lulus kan kemungkinan besar pasti nilainya yg lebih diatas kamu, walau nilai rata-ratamu 88 kalau yang lainnya banyak 90 juga bakal kalah saingan. Jadi ya tergantung nilai para pesaingmu juga tapi usahakan kalau nilaimu itu bisa bersaing. Selain itu juga kalau kamu punya prestasi nilai plus kok :D

  16. Mas saya mahasiswa institut teknologi sains bandung (ITSB),saya mau bertanya apakah ada himpunan mahasiswa pertambangan seluruh indonesia dan apa nama himpunannya.?

    #SALAM TAMBANG……….

    • Hai salam kenal anak ITB. Ada kok tapi nggak cuma mahasiswa saja tapi juga para sarjana tambang lainnya, himpunan ini dijadikan himpunan bagi mahasiswa pertambangan juga, namanya PERHAPI (Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia).

      Salam Tambang!!!

    • Pilih jurusan sesuai dengan minat, kalau minat ditambang ya masuk …
      Nggak tahu UNILA ada teknik tambang atau nggak tapi nggak pernah denger kalau UNILA punya jurusan tambang …

  17. kak, peminat FT pertambangan unsri emang bnyak bnget ya? trus klau lewat jalur undangan kira-kira daya tampungnya maksimalnya brpa kak?
    makasih..

    • Tipsnya gampang Positive, Persistence and Pray.
      Belajarnya ditingkatin lagi ya, jam terbangnya harus nambah biar lulus SNMPTN soalnya passing grade tambang UNSRI udah naik dan makin sulit persaingan :)

  18. mas ini dgn simon mau minta bantuan dari mas coba beri penjelasan dari ideal gradient dan super elefasi pada penambangan coalnya aq kurang paham tntang itu…terima kasih

  19. Kak kalau saya sejak smp mau masuk teknik pertambangan karna dikampung saya banyak hasil bumi seperti emas,batu bara,biji besi,kalau yg bagus dimana saya cocok kuliah nya ya kak.
    Sumbar,balez ya kak
    fb:yoserizal ananda

    • Wah untuk masalah nilai saya kurang tahu tapi saran saya harus besar ya karena belakangan ini yang minat masuk tambang banyak banget, kalau di Unsri mendudukin peringkat ke-2 peminat terbanyak setelah kedokteran. Jadi kamu bakalan bersaing dgn siswa lain.

      Good luck :D

    • Oh nggak payah kok, ngk bedain gender buat masuk jurusan tambang. Bener kalau cewek cuma sedikit tapi makin tahun ke tahun ceweknya makin banyak yg masuk ini hhaha jadi ngk usah takut :) Tapi yg mesti diinget tambang itu lebih ke lapangan ya jadi pikirin dulu kamu kuat nggak hhaha

  20. kak, saya besok mau ngulang snmptn lagi, mau jadi maba lagi :D, gak cocok aja sama jurusan sekarang.,.
    saya mau nanya kak, kalau di pertambangan th pelajaran gambarnya apa serumit jurusan teknik sipil? menurut kakak, sbukan mana anak teknik sipil dibanding anak tambang? soalnya saya liat senior2 yang di sipil sibuk banget.
    jujur, saya kurang dalam hal mengambar, dan MATEMATIKA.

    tolong sarannya y kak.
    saya mau nanya2 tentang tambang tapi tak ada kenal dengan anak tambang

  21. kak. mau tanya prospek pekerjaan anak tambang kedepannya gimana? apakah bisa langsung kerja atau gimana kak?
    aku juga berminat masuk pertambangan. pilih UNSRI / ITB ya kak? hehehe…

    • Bagus prospeknya :)
      Bisa langsung kerja ya tergantung dari kualitas individu masing” tapi jangan takut banyak kok perusahaan tambang yg dibuka skrg.

      Moga lulus ya di jurusan tambang, amin …

  22. hay kak mau tanya ini,sya kan baru kelas 3 SMA dan sya berminat masuk TEKNIK PERTAMBANGAN di UNSRI
    kalau boleh tau sekarang biaya masuk disna masih sma gag sma yang biaya kk masuk itu ?
    terus pelajaran apa saja yang harus di pelajari
    makasih

    • Untuk biaya kuliah masih sama saja seperti awal saya masuk …
      Hmm untuk skrg persiapin diri mu saja untuk ikutan SNMPTN biar bisa masuk tambang Unsri. Kalau masalah pelajaran ya kayak fisika, matematika dan kimia tp itu semua nggak usah dipikiran yg penting lulus dulu dan masuk sini hhehe
      Moga masuk tambang ya, amin …

  23. hay kak mau tanya ini,sya kan baru kelas 3 SMA dan sya berminat masuk TEKNIK PERTAMBANGAN di UNSRI
    kalau boleh tau sekarang biaya masuk disna masih sma gag sma yang biaya kk masuk itu ?
    terus pelajaran apa saja yang harus di pelajari
    makasih

  24. Sekedar info, Yang pengen masuk pertambangan, silahkan coba di Unisba.. Dijamin gak beda jauh dengan ITB atau UPN, bahkan untuk terjun lapangan unisba bisa di bilang masih lebih unggul..

    • Wokeee yang mau kuliah tambang, bisa juga coba Unisba. Barusan lihat webnya dan gali informasi, jurusan tambang Unisba akredetasinya B. Untuk tenaga pengajar dan mata kuliahnya bagus juga …

      Makasih udah sharing …

  25. kak saya masih kelas 12
    nah nanti saya mau ikut snmptn antara TEKNIK PERTAMBANGAN unsri dan TEKNIK FISIKA ugm, nah kalo menurut kakak mana yang ter baik trus itu juga kan sama sama enginer mohon inpo nya gan ! terima kasih

    • Semua tergantung dari minat kamu maunya dimana. Kalau saya sih netral karena baik teknik pertambangan dan teknik fisika sama” bagus. Apalagi kalau teknik fisika UGM dimana prospek untuk bidang energi bagus terutama untuk tingkat konsultan. Engineer” terutama energi terbarukan dan kebijakan energi sangat sedikit. Bidang ekonomi energi apalagi dan hanya teknik fisika UGM yang punya. Selain itu instrumentasi sangat prospektif tapi energi juga tak kalah prospektif di masa depan. Jadi ya semuanya pilihan yang bagus. This is your future not my future jadi sesuain dengan minat kamu.

  26. Ralat, kak mau tanya untuk jurusan pertambangan ,pelajaran di SMA yang harus tinggi nilainya apa saja?(saya mask program IPA) Terima kasih

  27. bro, mau tanya ni kalo transfer dari D3 ke S1 di UNSRI bisa gak… tolong kirimkan jawabannya di nopa saya 081273631905.. terima kaasih…

  28. asslamualaikum
    teman sya ipk tinggi v gak da coneksi ma orang dalam sama sekali gk da tembus ke perusahaan besar seprti KPC sdangkan sya ipk lmayan rendah v saya da coneksi orang dalam saya masuk n skarang saya jbatanya supertendent d KPC
    jadi pa itu jga da pngaruhnya

    • Wa’alaikumussalam.

      Terima kasih Pak buat sharingnya. Kalau boleh saya menanggapi, bahwa benar adanya kalau kita punya link maka akan mudah mencari pekerjaan. Bukan hanya tambang saja tapi dunia kerja lainnya juga setuju kalau koneksi juga berpengaruh. Tapi bukan berarti ada koneksi maka akan sangat mudah karena yang paling berpengaruh ya ilmu dan kealihan yang kita punya Pak, kalau bisa menjual ya dibeli perusahaan. Tq sharingnya Pak.

    • Berat ya kayaknya hhaha tapi jangan patah semangat, mulai sekarang kamu harus belajar giat dan mengejar ketertinggalan di pelajaran IPA. Tentunya porsi belajar harus extra dan jangan lupa untuk selalu perbanyak ibadah, do’a, shalat dan sedekah. Moga di terima ya di ITB. AMIN.

  29. mau tanya kak kalo anak teknik otomotif bisa gak y masuk ke teknik pertambangan kak ..??

    karena q pgn bgt masuk teknik pertambangan kak di balas y kak q tunggu lho jawabannya

  30. hmm.. oh .. jadi kalo dipertambngan yang paling diutamain apa seh kak ??
    apa kalo anak ip susah yah kak .. soalnyah akku anak ips… :D

    • nggak juga asal kamu mau bersungguh-sungguh, oleh karena itu belajarlah ketertinggalan di pelajaran IPA kalau kamu kepingin masuk tambang. Kan kalau mau masuk tambang, anak IPS harus milih IPC.

  31. Asmkm
    Saya Nelson Nr Billy,ST
    Mau tanya””saya kan lulusan SI Teknik lingkungan surabaya dan mau ambil SII pertambangan Bisa nga.?
    Dan adakah Unif tw STT yang sistem kuliah nya online karna skarang saya bekerja sebagai Kepala Teknik Tambang di kalimantan.jadi nga mungkin untuk meninggalkan lokasi tambang.
    Mohon info dan masukan dari teman2
    Trimakasih

    Regards

    Nelson Nr Billy,ST

    • Wa’alaikumussalam, wr, wb.

      Bisa :)
      Wah setahu saya sistem kuliah online di Indonesia belum banyak dan sangat sedikit, jadi kayaknya nggak ada deh mas. Coba diskusikan sama atasan mas mengenai kuliah SII sambil kerja.

  32. ka, saya siswa smk teknik kimia,menurut kaka mending dilanjutin ke kimia lagi atau ke pertambangan soalnya saya tertarik ke pertambangan ini.
    heheh
    *ditunggu sarannya makasih

    • Ya kalau kamu minat ditambang dibanding teknik kimia ya maju dan pilih tambang. Jadi tergantung minat kamu ya, kalau saya si lebih tertarik teknik pertambangan dibandingkan teknik kimia walau waktu SMA saya jago dan suka banget dengan hal yang berhubungan dengan pelajaran kimia.

  33. ka, law mau carii peluang kerjanya untuk pertambangan d universitas swasta susah yaa ?????
    atauu cuma universitas negrii saja yg gampang kerjanya………

    MOHON PENJELASANYA

    • Wahhh nggak juga kok, tapi swastanya univ. mana ya? UPN Jogja? Kalau UPN ma bagus hhaha lagian sebenarnya yang dibutuhkan di dunia kerja adalah ilmu dan kealihan mu bisa dipakai dan membanggakan perusahaan nggak, kalau ilmu dan kealihanmu bagus ya tentu nggak susah kok cari kerja jadi kembali ke diri masing-masing. Label universitas cuma nilai tambah yang bagi saya sih cukup mempengaruhi.

  34. salam kenal kak,aku maba di STTNas Jogja fak. pertambangan jg
    mau tanya, STTNas Jogja itu bgus g sih?
    aku jg mau minta saran ,baiknya nyelesain S1 disana apa tahun dpan pindah ke UPN aja soalnya di UPN lbih bgus?

    • Hmmm cukup berpengaruh sih karena ada beberapa perusahaan pertambangan yang kebanyakan menerima lulusan dari universitas yang akredetasinya bagus. Tapi bukan berarti jadi susah cari kerja karena ada juga kok perusahaan yang tidak mempedulikan akredetasi. Sebenarnya jangan terlalu mempermasalahkan akredetasi karena yang penting adalah ilmu yang didapat, asal ilmu dan kealihan mu memadai ya mudah cari kerja.

  35. hallo bang…
    aku diterima di teknik mesin Universitas andalas padang, akreditasinya A
    mau minta saran ni bang, bidang ilmu apa yg harus aku kuasai dan bidang ilmu lain penunjang untuk kita cari kerja diperusahaan pertamangan terkemuka di indonesia.
    makasihhh :)

  36. kak tanya ni, klo byar registrasi yg12 juta itu bisa dibayarkan di bank BNI seluruh indonesia ga/online? soalnya ak dr jawa dan ktrima di teknik tambang unsri, klo ke bni cbng unsrinya kan ga efisien byrnya..

    • Wah maaf ya baru baca soalnya selama liburan saya jadi hiatus buat bales komen, …
      Iya bisa bayar lewat BNI di seluruh cabang tapi tentunya kamu mesti datang ke unsri untuk ngasih bukti pembayaran.

  37. setelah saya baca comentar2 diatas, saya jadi mengurungkan niat saya buat masuk teknik pertambangan. takut berhenti di tengah jalan

    • Hhaha tergantung dari diri masing-masing si, alhamdulillah sekarang saya sudah enjoy di teknik pertambangan karena pada awalnya saya agak buta tapi sekarang saya yakin bahwa tambang terbaik buat saya :)

  38. kaka mau tanya kalo geologi ama tambang mana yang lebih bagus ?
    trus ospeknya gimana k ? keras tdk ?
    kalo di itb ama upn bagusan mana y kaka ? makasi infonya

  39. hi nama aku indah salam kenal yaa..
    aku mahasiswi usakti masuk tahun 2011 tapi jurusan desain sih .. ada rencana mau pindah jurusan liat ini kok jd tertarik yaaa..hehhe
    mau nanya” sedikit itu mata kuliah yang kimia murni kimia fisika dll itu emangnya ga susah yah? kalo susah , susahnya apa? biar ada bayangan dikit ..
    makasih :)

  40. assalamualaikum…
    mas dedi ada kesempatan ga sih buat pekerja seperti saya kuliah pertambangan?trus kampus dimana saja yang buka jurusan pertambangan dijakarta… mengingat usia saya yang sudah 21tahun apakah sudah terlambat bagi karyawan seperti saya kuliah pertambangan?mohon penjelasannya, terimakasih
    mohon dibalas…

    • Nggak ada kata terlambat buat belajar, kan ada pepatah yang mengatakan belajar lah sampai ke liang lahat jadi ya selama mas masih hidup maka belajar lah. Lagian teman saya saja ada yang kuliah sambil kerja.

      Wah untuk kampus yang buka pertambangan di jakarta kurang tahu, silahkan gooling saja mas :)

  41. PT. TAMBANG TIMAH (Persero). Kantor Pusat harus tetap di ibu kota Jakarta.Kantor cabang ditempatkan di daerah dalam upaya mencari laba.Sedang lokasi pertambangan Timah ditempatkan peralatan pertambangan dan lokasi mengumpulkan bijih timah.Operasi penambangan untuk memenuhi kebutuhan ekspor Timah ke luar negeri juga untuk menggerakkan industri dalam negeri.Suntikkan APBN dan pengusaha handal yang kita butuhkan…hp.02185412860

  42. hallo kak saya rencana mau ambil teknik geologi undip dan kalau swstanya aku ambil d t.geologi di institut sains dan teknologi akprind jogja. menurut kakak gmn? dan prospek buat t.geologi kdpannya bagus gak? thanks kak :) :D

    • Bagus kok teknik geologi undip tapi kalau di institut sains dan teknologi akprind jogja kurang tahu ya.

      Bagus kok, anak tambang dan minyak butuh orang geologi untuk mengexplorasi batubara, minyak dan gas, mineral.

  43. Kak saya dah di terima di upn jogja pertambangan .kira-kira untuk lulus paling cpat brp tahun ya.prospek ke luar negeri besarkah?

    • Wah selamat ya :) UPN itu keren lo hhehe

      Hmm paling 3,8 tahun kalau kamu sangat pintar tapi jarang si tamat secepet itu dan rata2 ya 4,5 – 5 tahun.

      Besar kok prospek buat ke luar negeri :)

  44. assalamualaikum wr.wb
    kak saya mau tanya bedanya teknik pertambangan sama teknik metalurgi itu apa ya ?
    snmptn tahun ini saya mau ngambil jurusan pertambangan unsri dan pilhan keduanya teknik metalurgi untirta, menurut kakak gimna ?
    satu lagi gpp kan kan, hehe waktu itu passsing grade kakak bisa masuk pertambangan unsri berapa ?
    makasih bnget ya kak, mohon di jawab
    wassalamualaikum wr.wb

    • Pertambangan itu lebih ke gimana caranya kamu bisa mengeksploitasi mineral, batubara, dan migas. Kalau anak metalurgi yang mengolah bahan mentah itu agar bisa dipakai dan menaikan nilai ekonomisnya supaya keuntungannya lebih besar.

      Bagus kok tambang unsri tapi kalau metalurgi di untirta ya kurang tahu juga, googling saja.

      Wahhh sudah lupa itu hhaha

  45. aku pingin banget masuk pertambangan
    tapi sayang buat masuk k situ hrus byar sgla mcam nyape 50juta
    sesuai pnglman pertma masuk habis brp uang

  46. maaf cuman mau nanya ni…. akukan lulusan tahun 2010… sampai skrang aku binggu, awalnya aku kuliah di maluku jurusan hukum… tapi kupikir” kepengen kuliah sambil jalan” explorasi. kepengennya masuk pertambangan juga ni… tapi aku binggu mau masuk universitas mana ni.. aku di jogja skrang..??? gmna menurut kalian kalau aku daftar di UPN jogja..??

    • Menurutku si pilih berdasarkan keinginanmu jadi kalau kamu emang minatnya kepingin kuliah di tambang ya lari ke tambang. Untuk masalah kuliah 2 major itu tergantung kamunya bisa nggak membagi waktu. Kalau kamu bisa ya jalani saja semuanya.

      Wah ide bagus kalau kamu milih UPN Jogja, UPN Jogja keren kok bagi saya hhehe

    • Tergantung kamunya minat dimana?

      Pertambangan itu lebih ke gimana caranya kamu bisa mengeksploitasi mineral, batubara, dan migas dari sumber yang sudah dieksplorasi oleh orang2 geologi. Jadi anak geologi tugasnya nyari batubara, mineral dan migas sedangkan anak tambang ya nambangnya saja. Jadi tugas anak geologi itu explorasi dengan ngeliat struktur batuannya.

      Moga membantu ya dan nggak salah pilih jurusan :)

  47. bro gw baru sma kls 2 bntr lagi kelas 3, ips, kira” kalo nanti ngambil les kimia enaknya gimana ya bro? ter kejar ga?

  48. haaaaaaalllllllllllooooooooooooo.kk ganteng :D
    haha..
    aku rencana mau ambil teknik geologi undip dan pertambangan ubb ..menurut kk ubb itu bagus gga kualitas univ nya ?

    • Hhaha tq :D

      Wahhh bagus kok teknik geologi di undip :D Mau ngambil teknik pertambangan di UBB? Saya saranin coba cari univ. lain, mengingat UBB itu kan baru berdiri tahun 2006 jadi kualitasnya masih belum maksimal.

  49. hy kak.
    saya cewe, tapi pengen masuk kuliah fakultas pertambngan.
    bisa ga sh?
    kalo gaji nya pas kerja it sekitar brapa ya? saya juga dari majalengka. apa bisa masuk ITB fkultas pertambngan? ragu ragu

    • Tentu bisa dan pertanyaan ini sudah banyak yang nanya jadi tolong di scroll saja ya ke atas. Kalau fresh graduate paling kecil ya 5 juta per bulan. Bisa asal kamu mampu menempuh tes masuk ITB :D

    • Hay Ibnu, … wah untuk masalah buta warna itu masalah yang harus diperhatikan kalau kamu masuk teknik terutama teknik pertambangan. Soalnya kalau kamu berhadapan dengan mineral kamu bakal mengalami kesulitan untuk mengintrepretasikannya walaupun warna mineral bukanlah pengidentifikasi yang baik. Tapi kan pas di lapangan kamu bisa langsung kenal ohhh ini pirit, ohhh ini magnetit tanpa harus diraba lagi. Selain itu di batubara juga kamu mesti bermain warna lagi, ntar kamu kira batubara yang kualitas jelek (warna coklat) malah kamu bilang antrasit hhehe Jadi sebaiknya pilih jurusan yang nggak mensyaratkan buta warna biar kamu nggak mengalami kesulitan di kemudian hari.

    • Wah berarti sudah ada modal ya hhehe kalau cari kerja ya lulusan SMK rada sulit, ada baiknya lanjut kuliah. Kalau mau kuliah teknik pertambangan khususnya negeri silahkan ikut SNMPTN aja ya atau jalur mandiri juga ada (extention).

  50. as, slm knal,, sya mhsswa teknik pertambangan universitas negri padang kbtlan smster 4 skrng,, mau nnya nich utk transfer D3 ke S1 di unsri uang msuk n smsterny brapa y? hrap jwbanny y,, sblumny mksh

    • Kalau uang masuk 12 juta dan uang semester 750ribu. Tapi kalau kondisinya transfer dari D3 ke S1 saya kurang tahu, silahkan hubungi pihak unsrinya langsung. Untuk kontaknya silahkan langsung ke web nya aja ya http://www.unsri.ac.id atau kamu bisa tanya sama admin unsri via twitter @unsri_ (lebih cepat dapet respon).

    • Maaf saya kurang update mengenai PG, ada baiknya kamu langsung tanya ke salah satu bimbingan belajar di kota mu misalnya GO, Nurul Fikri, dan sebagainya buat ngecek PG tahun 2012.

  51. Ka, saya mahasiswa jurusan tek.Pertambangan program Instrumentasi nya di salah satu politeknik di Jakarta…kira peluang kesempatan masuk kerjanya sama ga yah sama yang S1??kan saya ambil D3 nya. masalah gaji untuk yang D3 kalo fresh graduate kira2 berapa ya ka??hehe.. Thanks ka.. ;)

  52. soriy gw ganggu klian smua ni….
    tpi gw pengen tau klok kita mau ikut tes prtmbangan itu apa aja si bhan yang harus kita hapal….
    biar nantai kta gak bingnung….??

  53. .kak,sy salah satu siswa yg brsekolah d SMK jrusan perawat,,,apa bisaa stelah lulusan dri smk perawat d lanjutin kuliah ngambil jurusan teknik pertambangan .??
    Makasih !

  54. bg ak skrang kuliah di salah satu kampus swasta di medan jurusan prtambngn dan baru smester 2..
    ak ada kpikiran mau transfer,,kalau transfer ke Unsri kira2 mau nggak ya nerima nya.??
    tlong dibalas ya bg.. :D

    • Unsri menerima kok transfer universitas namun ada syarat2 yang harus dipenuhi jadi nggak langsung main transfer2 aja dan sayangnya saya nggak banyak tahu mengenai syaratnya. Tapi kalau nggak salah jurusan kamu mesti terakreditasi minimal B dan sayangnya jurusan teknik pertambangan disana masih C :(

  55. assalamua’laikkum kak
    wah bgus bngt ya kak info a
    sbnr a lia ska bgt pertambangan tp blm tw ni bs lwt gx ya
    untng ja smpt nganggur 1 thn jd insyaallah thn ni bs msk pertambangan soal a di aceh baru thn ni da pertambangan
    oi entar klu lia dah lwt pertambangan di universitas syah kuala banda aceh
    lia bs tnyak” bnyak tentang pertambngan kan????

    • Wa’alaikumussalam.
      Bagus kalau bermanfaat. Kalau boleh nyaranin, kamu harus usaha buat masuk univ teknik pertambangan yang unggulan,jangan langsung milih universitas yang akreditasinya dibawah A dan B ataupun universitas yang baru buka teknik pertambangan.
      Tentu dong bisa tanya2, tapi lewat twitter aja ya @Kgs_Dedi

  56. tahun ini aku kul, pengen ambil jurusan ini tp takud, ms aq jd cwe sendiri :(

    tp diliat prospekx k depan bagus bgt, apalgi aku tgl d samarinda, tambangx buanyaak.. hehe

    • Cocok kok, keren malah hhaha tapi ada hal lain yang mesti dipertimbangkan, silahkan lihat komen2 sebelumnya. Namun kembali lagi pada diri sendiri kalau mampu dan emang cita2nya ya sudah GO ON!

  57. iya group share materi kuliah aja mas.. mas yang bikin group/forum.. masalahnya mas yang lebih senior.. Murah y mas biaya pertambangan di unsri. di UPN”veteran” Yogyakarta aja 1 semester bisa 5 juta. Belum kuliah lapangan 4 kali dalam periode menempug S1.

    • maaf ya sepertinya untuk skrg masih belum ada waktu, lagi sibuk-sibuknya :D tapi kalau butuh diktat kuliah bisa kunjungi web PERMATA (Persatuan Mahasiswa Pertambangan) UNSRI di permataunsri.com tapi untuk skrg masih belum banyak yg di share karena skrg kami lagi sibuk buat Parade Tambang dan webnya pun masih dalam perbaikan.

      Woww mahal ya tapi wajar, emang swasta kayak gitu :D

    • Kalau nggak lulus negeri ya terpaksa swasta tapi kalau mau swasta bagusnya di UPN. Dan masalah prospek kerja, di Indonesia masih memegang komitmen kalau univ. nya bagus lulusannya pasti bagus jadi ya direnungin dulu serta tergantung juga dengan ikatan alumni yang kuat dan kamu juga punya skill. Namun ada hal lain yang lebih penting, walau kamu lulusan pertambangan di univ. swasta tapi kamu menguasai software tambang minimal surpac dan minescape pasti kamu bakal diburu karena sekarang ini masih sedikit lulusan pertambangan yang bisa menjalani software tersebut.

      Good luck :D

    • oh ea bang teknik pertambangan kan kerjanya di lapangan, kerjanya kita ngapain misal di batu bara kita yang ikut ngebor atau nyuruh2 pekerja, di semen kita yang nyuruh pekerja nyari batu kapur atau kita sendiri yg cari. dan juga bang anaknya teman mamaku tamatan teknik pertambangan itb dan kerjanya cuma ngawasin pekerja yang nembak batu kapur di semen padang.
      gajinya 8 -10 jutaan pertahun
      kalau tamatan unp bisa juga ga’ bang kayak gitu

      • Hhaha ya nggak lah, kamu tugasnya mengawasi saja atau memberi arahan jadi titik beratnya dikamu karena kamu yang tahu tentang semuanya. Tapi kalau kamu ingin ikut ngebor ya silahkan kwkwkwk insyallah bisa dan pasti bisalah soalnya ITB, UNP dan UNSRI adalah universitas TOP buat tambang :D

    • Yg 12 juta itu hanya biaya pendidikan muka hanya dibayar sekali pada awal masuk dan sisanya ya biar semester 740rb dan hanya berlaku untuk teknik saja. Biaya tersebut mulai berlaku pada saat penerimaan mahasiswa 2010 dan saya sendiri 2010 jadi pertama tahu biayanya naik, bukan hanya saya saja shock tapi keluarga juga shock namun memang harus diterima. Lagipula biaya tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan ITB, UI, UGM dan lain-lain. Namun untuk keluarga yang kurang mampu membayar lunas, bisa nyicil dulu dan saya juga kurang tahu apakah bakal ada pengurangan biaya bagi mahasiswa yg tidak mampu atau tidak di tahun 2012 ini.

    • Yg 12 juta itu hanya biaya pendidikan muka hanya dibayar sekali pada awal masuk dan sisanya ya biar semester 740rb dan hanya berlaku untuk teknik saja. Biaya tersebut mulai berlaku pada saat penerimaan mahasiswa 2010 dan saya sendiri 2010 jadi pertama tahu biayanya naik, bukan hanya saya saja shock tapi keluarga juga shock namun memang harus diterima. Lagipula biaya tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan ITB, UI, UGM dan lain-lain. Namun untuk keluarga yang kurang mampu membayar lunas, bisa nyicil dulu dan saya juga kurang tahu apakah bakal ada pengurangan biaya bagi mahasiswa yg tidak mampu atau tidak di tahun 2012 ini. Tapi tenang, kamu bisa daftar beasiswa jika kamu berprestasi pada saat kuliah nanti yang tentunya kalau dari semester awal sampai akhir dapet terus maka biaya yang kamu keluarin selama di UNSRI terlunasi semua malahan lebih dgn beasiswa yg kamu dapet :D

  58. kakak ini indah dari siswi sma arinda palembang , indah pengen nanya” soal teknik pertambangan kak, indah masih bingung kak mau masuk jurusan apa ini

    • Nggak usah bingung-bingung, sesuain saja dengan kemampuan dan minat kamu. Teman seangkatan saya disini ada dari SMA Arinda, dia tamatan SMA Arinda 2010, namanya Denta Andhika SN, mungkin kamu kenal hhehe Kalau mau nanya-nanya moggo bisa lewat twitter @Kgs_Dedi

    • Ya iyalah, pertanyaan itu sudah pernah saya jawab sebelumnya hhehe

      Tergantung universitasnya, kalau swasta tentunya lebih mahal dari negeri. Kalau di UNSRI sendiri biaya awal masuk 12 juta yang hanya dibayar sekali saja pada pendaftaran ulang dan sisanya biaya per semester Rp.740.000. Namun jika kamu berprestasi maka akan mudah untuk mendapatkan beasiswa PPA atau BBM.

  59. kak mau nanya lg, bgusan teknik geologi apa teknik pertambangan???
    tp saya lbh berminat ke pertambangan
    namun saya cuma ingin tau bgusan mna? :D

  60. Nimbrung mas. saya anak tambang UPN angktan 2011.. Usul kalau gak kita bikin group Sharing aja gye mana?. jadi biar banyak anak tambangnya?.

  61. kak bole tanya ga??
    saya dari aceh, kira2 peluang masuk ksna dari aceh ada kmungkinan ngak lulus dengan jalur undangan?
    trus grade t.pertambangan unsri untuk tahun ini berapa?

    • Tergantung dengan nilai raport mu, kalau bagus ya pasti lulus dan lagian untuk jalur undangan peluangnya besar kalau nilaimu memumpuni. Untuk masalah grade saya tak tahu hheheh soalnya nggak ngikutin tapi yang saya tahu semakin tahun grade nya semakin naik apalagi teknik pertambangan menjadi jurusan yang paling diminati nomor 2 setelah pendidikan kedokteran umum.

  62. oh ea bang, mana yg bagus prospek kerjanya yang gampang di cari ,ambil perminyakan atau pertambangan di semster 5 teknik pertambangan, seberapa jauh sih perlunya bahasa inggris di perusahaan pertambangan …?
    kalau ambil teknik pertambangan bisa kerja di perusahaan semen ga’ bang dan posisi yang ditempati sebagai apa, terkait jurusan teknik pertambangan
    saya mau kerja di pt semen padang bang kalau bisa masuk teknik pertambangan unp……^_^

    • Semuanya bagus kok :D Bisa dong, kakak tingkat saya saja ada yang kerja di PT Holcim.
      Bahasa inggris bukan jadi nilai plus lagi di tambang skrg tp sudah seharusnya memiliki kemampuan berbahasa inggris apalagi kalau kita mau bekerja di perusahaan asing. Jadi tak heran banyak perusahaan yang mewajibkan calon pelamar bisa berbahasa inggris baik lisan maupun tertulis.

  63. salam kenal kk
    ane baru aja lolos upn tambang
    sebenernya graduate th lalu tp nganggur dulu gara2 ambbil teknik :D
    boleh minta referensi matkul buat sms 1 ga kk? daripada bengong nungguin masuk kul . thanks kk ^_^

    • Wah selamat ya jadi mahasiswa tambang, kalau di UNSRI ada 11 mata kuliah semester 1:
      Kalkulus I, Fisika Dasar I, Prak. Fisika Dasar I, Kimia Dasar, Prak. Kimia Dasar, Geologi Dasar, Prak. Geologi Dasar, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Agama, B. Indo dan B. Inggris I.

  64. mas, di ITS ada jurusan ini ta???
    cs rmahku di daerah surabaya (biar gak kejauhan) hehehe
    ato mungkin selain ITS di daerah sby ada???
    mohon infonya :-)

    • Nggak ada di ITS :D
      Coba googling saja satu per satu daftar universitas yang sudah saya posting di atas dan cari yang ada di surabaya. Tapi saran saya, carilah universitas yang prestise nya tinggi di teknik pertambangan, jangan asal milih aja mentang deket seperti kata pepatah “tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina” :D

  65. katanya lulusan teknik pertambangan itu kerjanya pasti di luar jawa dan pelosok ya? bener gak sih?
    trus bedanya teknik pertambangan / teknik geologi / teknik perminyakan apa? (lebih prospek mana?)

    • Nggak ah, emang sumber daya yang bisa ditambang cuma ada di luar jawa saja tp semua pelosok Indonesia karena SDA kita melimpah. Kalau masalah pelosok ya emang gitu, ada yang pelosok ujung, nggak terlalu pelosok, atau pelosok tapi cukuplah dekat dengan kota :D

      Di teknik pertambangan, kita belajar semua sistem pertambangan dari tambang minyak, mineral, batu bara dan lain sebagainya namun nantinya ada pilihan konsentrasi biasanya di semester 5, kita mau ngambil konsentrasi minyak, batubara atau mineral. Di teknik perminyakan ya hanya terfokus di tambang minyak saja. Kalau teknik geologi, silahkan lihat artikel ini http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-geologi.html

      Kalau ditanya lebih prospek mana, semuanya masih mempunyai prospek jangka panjang kedepannya. Namun kalau pendapat saya, tambang dan minyak mempunyai prospek tinggi terutama tambang :D

  66. oh ea bang yang aku tahu akreditasi pertambangan unp B, kalau kerjanya di pt freeport bisa ga’ bang, kita yang melamar atau perusahaan yg nawarin kita kerja ….makasihh

    • UNP itu bagus juga. Untuk masalah kerja di PT Freeport, kita la yang ngelamar hhahah mimpi apa semalam kalau tiba-tiba dapet calling dari HRD sana dan diminta kerja di perusahaan tersebut :D Bisa atau nggaknya diterima disana ya kalau kamu punya skill dan prestasi yang bagus ya pasti bisa tapi kembali lagi kamu berasal dari alumni universitas apa. Soalnya dalam dunia kerja, kita mengenal unsur nepotisme yang paling mendominasi. And you know what? Bukan karena alumni ITB lebih pintar atau segalanya diatas alumni lain tapi karena jumlah alumni mereka sangat banyak dan memegang posisi penting di sebagian besar perusahaan tambang di Indonesia maka tak heran link mereka kuat.

  67. Ka, katanya kan nanti test’a lbh banyak ke IPA, kalau boleh tau, dr IPA pelajaran apa yg lbh mendominan? Kimia?, kalau misalnya perempuan bakalan bisa kerja dilapangan?
    Makasih.

  68. kalo upn jogjakarta itu gimana daftarnya, snmptn juga kah?
    prospeknya bagusan yg mana t.pertambangan sama t.perminyakan. thanks :)

    • Kalau UPN swasta jadi masuk bukan lewat jalur SNMPTN. Maaf saya tidak tahu cara mendaftarnya, lebih baik langsug ke web nya saja http://www.upnyk.ac.id/

      Baik Teknik Pertambangan dan Perminyakan sama2 bagus kok untuk prspek kerja kedepannya namun untuk saat ini Teknik Perminyakan masih menjadi primadona.

      • kak, sulit gak seh untuk masuk t.pertambangan maupun t.perminyakan itu ?
        kebanyakan materi yg di kasih nti kimia yaa kak?. soalnya aku payah dengan mata pelajaran itu

        • Susah-susah gampang kok asal semua senjata buat perang SNMPTN sudah siap. Dan tergantung dengan univeristas yg kamu pilih, ada yang peminat T. Pertambangan di Universitas A lebih sedikit dibandingkan Universitas B karena jelas mungkin kualitas Universitas B untuk jurusan tersebut lebih baik dibanding Universitas A. Setahu saya, FTTM-ITB masih menduduki posisi 1 dengan peminta terbanyak sedangkan T. Pertambangan – Unsri meduduki posisi 2. Untuk melihat peminat tahun lalu silahkan kunjungi web SNMPTN 2012 (www.snmptn.ac.id) tapi web nya masih galau soalnya tiba-tiba peminat tahun 2011 nya berubah-ubah hhaha

          Owhhh itu tergantung dengan opsi yang kamu pilih nanti misal ngambil opsi mineral maka kamu akan lebih banyak berkutat dengan kimia, kalau opsi minyak mungkin lebih banyak ke fisika tapi memang kimia jadi dasar juga kok dari semua opsi, tapi santai saja beda lo antara SMA dan Universitas.

  69. oh ea bang blh nanya kalo teknik petambangan unp, bagus ga ea….?, aku mau masuk pertambangan unp.padang
    oh ea kalau kita udah tamat, melamar kejanya gimana …?
    makasihhh

    • Ya kebanyakan di perkantoran misalnya yang bergengsi jadi mine planning yakni merencanakan penambangan di suatu area atau otak dari penambangan, ntar kita berhadapan langsung dengan orang operation beserta operator alat berat, berhubung kita harus selalu memastikan plan kita tercapai dilapangan. Maaf ya kalau jawabannya tidk memuaskan :D

    • Kalo soal itu ya nggak sama, lihat saja dikomentar atas sudah banyak pertanyaan ini sebelumnya :D
      Alat-alat berat itu ya seperti backhoe, dump truck, scrapper, excavator, dll

      Good luck ya, moga nggak salah pilih :D

  70. salam kenal aja bt kaks Dedi.ini aku juga ambil jurusan teknik pertambangan 11 di sekolah tinggi teknologi nasional yogyakarta,,,tapi aku mahasiwa wna hehehe,,,,

  71. kak aku klas 3 SMA, jurusan IPA. 2011/2012
    Klu emang ikut jalur undangan itu, mata pelajaran yang diperioritaskan apa aja?
    tertarik banget kak ke UNSRI.. ahaha

  72. saya kelas 12 taun 2012 insyaalloh lulus,dan saya lagi galau banget mau milih kuliah dokter hewan atau pertambangan,kalo pertambangan harus pinter kimia ga si?

      • hmmm masuk teknik pertambangan itu menjanjikan ga buat masa depan? Saya baca ratarata perusahaan tmbg mau terima (S1) kalo udah punya pengalaman min 2-3 tahun?

        • Menjanjikan dong :)
          Kalau masalah itu jangan khawatir, lagian pula nggak hanya pertambangan saja yg pas nyari kerja ada perusahaan yang mensyaratkan harus ada pengalaman kerja bahkan hampir semua perkerjaan pun pasti ada syarat seperti itu juga. TAPI nggak semua perusahaan ya, masih banyak kok perusahaan bahkan perusahaan besar yang menerima fresh graduate (S1) misalnya saja PT KPC, PT THIESS, PERTAMINA EP, dan lain-lain.

          KEEP GOING, PLEASE GO TO MINING CANYON :)

    • Maaf baru sempat dibales skrg hhhehe
      Kemungkinan besar tidak akan mengalami perubahan, biaya DPNA=12 juta hanya dibayar sekali pada saat daftar ulang dan biaya SPP=740ribu dibayar tiap semester.

  73. hohohoho,,,,sipppp,,,,
    Tapi sedikit pusing jika udah semester akhir,,,tapi enak juga prakteknya di lapangan terus,,jadi g bosen…..
    angkatan berapa mas??
    salam kenal ya,,,,

  74. kk minta pndptannya ya.?
    Saya suka Pertambangan tpi saya tdk bsa bhsa Inggris heheh..
    Ap Pengaruh Bhs Inggris besar dlam Pertambangan ya kk..
    Mohon bantuannya.. Thanks

    • Pada dasarnya bahasa inggris dibutuhkan pada semua bidang karena kita sudah menghadapi globalisasi termasuk dalam pertambangan. Di pertambangan english itu penting lo malahan banyak perusahaan tambang yang mensyaratkan pelamar bisa berbahasa inggris secara lisan maupun tertulis atau mensyaratkan nilai TOEFL. Namun jangan karena bahasa inggris kamu kurang, kamu mengurungkan niat mu buat masuk kesini. Banyak kok teman saya yang bahasa inggrisnya kurang dan kekurangan itu bisa diperbaiki seiring dengan berjalannya waktu. Jadi jangan ragu buat masuk jurusan ini.

  75. assalamu’alaikumwrwb
    kak kata nya tadi sebaik nya kalau cewek lebih baik cari jurusan lain dulu , emang nya kenapa kak y ?
    FT untuk cewek itu susah y ?

    • FT? Fakultas Teknik ya? Nggak ah, cewek boleh-boleh saja masuk fakultas teknik malahan bagus banget lo. Tapi kalau yang kamu maksud jurusan Teknik Pertambangan, ya itu optional, kalau emang kamu niat masuk sini ya jangan ragu tapi saya hanya menyarankan kalau ada jurusan lain lebih baik pilih yg lain saja. Karena idealnya jurusan ini bagusnya buat cowok karena disini fisik dan mental diperlukan.

  76. mining enginering sejauhh inii sie asikk ..
    walauupun co’ smuaa ..
    tp snenkk koc ..
    mingguu dpn udhhh mulaii kuliahh lapangan Lgee ..
    hhohoo..

    • Kak,, kk kan bs dibilang dikelas itu cowo2 smua dan cwe ny dikit tuh.
      Nah, apa rasanya jd cewe sendirian? Minder kah? Nggak nyamankah? Asik kah? Atau pndapat2 lain? Atau benar kalo cewe tu nggak cocok banget dipertambangan??

      • Hhaha minder dari mana? Semua cewek di tambang pasti dilindungi dan mereka berbaur dengan para cowok. Buktinya teman saya cewek nggak ada yang minder malah bangga masuk tambang. Jadi jangan takut buat cewek yang ingin masuk tambang. Kalau emang minat di tambang dan mental mu kuat ya masuk tambang saja :)

  77. hahaha salam knal yaa. . .seru
    sepemikiran bgt, , ,
    gw dlu juga kyak gtu ketika milih jurusan. ..
    jurusan prtma gw ambil T.Informatika ,, ,yach gk lulus sich
    lulus nya d tmbang, ,
    kayak nyaa mining enginering mank seruu yaaach. .
    heeehehehe. . .

  78. Kak, saya mahasiswa baru angkatan ’11 Teknik Pertambagan Universitas Palangkaraya.
    Btw, klo prospek kerja kedepannya terjamin gk kak?

    • 12 juta uang pembangunan, sama seperti uang pembangunan waktu baru masuk SMA. Itu hanya dibayar sekali saja pas baru masuk, selanjutnya tinggal bayar SPP per semester sebesar 740ribu.

  79. Penjelasannya sangat lengkap dan menarik… Saya berencana masuk FT pertambangan Unsri di SNMPTN 2012, yang saya ingin tanya adlh rincian biaya kuliah di FT pertmbangan Unsri,.. Mohon pencerahannya.. :)

    • Terima kasih atas pujiannya.
      Bagus dong, nggak perlu ragu hhehe
      Soal biaya, mulai dari 2010 untuk Fakultas Teknik DPNA nya 12 Juta. Tapi uang SPP (per semester) nya hanya 740 ribu.
      Ditunggu kehadirannya Fakhri.

    • Kl soal cewek masuk tambang, itu bagus lo! Brani banget! Tapi jika masih ada pilihan laen selain tambang, saya saranin nggak usah milih tambang. Bukannya mengecilkan hati tapi cewek nggak cocok kerja disini, cocoknya kerja di air hhaha
      Di lingkup kerja nanti, cowok lebih diprioritaskan dari pada cewek khusunya bagian lapangan tapi kalau dikantoran kayaknya berbanding lurus sama cowok misalnya sebagai mine plan. Utamanya sih, semua tergantung prestasi dan wawasan. Karena zaman sekarang perusahaan banyak liat prestasi kita terutama IPK, kalau bisa dapet IPK tinggi ya bakal jadi rebutan la, nggak mandang cowok atau cewek.

  80. kk mau t?…aku minat bget msuk tehnik pertambangan…tpi aku blum ikut SNMPTN thun ini,soaly aku blum pya biaya,hrus kumpulin duit dlu kka..hehhe…mklum ekonomi klwrga pas-pasan…tpi sy ttp optimis bsa msuk kuliah tehnik pertambngan thun dpan…

    yg sy mau t? kan…ap org yg pending 1 thun kyk aku msi bsa ikut snmptn thun dpan?? ap gak susah..??.n prguruan tinggi mna yg thnik prtmbgan y bgus n murah dkit hehhe…balas…y kka…

    • Telat bukan halangan buat mencoba,lebih baik telat daripada impian dan cita-cita kandas. Biar bisa lulus SNMPTN, kamu mesti belajar dengan giat karena saingannya banyak. Apalagi kamu kan pending dulu jadi kalau nggak di asah ilmu dari SMA maka bakal banyak yg lupa.

      Waduh, nggak tahu juga tempat mana yang murah hhaha tapi nggak usah khawatir, kalau kamu berprestasi bisa ngusulin permohonan beasiswa kayak pembebasan DPNA di awal masuk contohnya saja di ITB. Tapi kalau tempat lain kagak tahu juga, palingan bisa bayar semampunya dulu buat DPNA kalau bener-bener berasal dari keluaga yg kurang mampu. Ntar pas masuk kuliah langsung nyari beasiswa kayak BBM dan PPA di Unsri. *CMIIW.

  81. akhu pngen bnget msuk ke fakultas bne…
    akhu masi klas 3 sms..
    bsa bntu akh gk kakak-kakak..
    kalo mau msuk ke fakultas nhe apa2 za yg hrus dipersiapkhan …

    • yang perlu dipersiapkan adalah belajar dengan giat dan rajin, yang dipikirin sekarang kalau udah yakin mau masuk tambang ya berusaha aja. Untuk kedepannya ya tunggu kamu lulus di teknik pertambangan dulu.

  82. maaf boleh tanya g’, tehnik pertambangan mata kuliahnya apa saja trims, ya
    tolong bantuannya
    bingung ni mo masuk jurusan pa
    makasih sekali lagi

  83. numpamg nanya nie…gimana caranya olah batuan material emas secara ekonomis ( cara rendam) bleh ga dikirim bukunya at di sms di nmr 081244732199 ( uyan utina -Gorontalo) trims

  84. permisi kk.. boleh nanya gak??? ap saja sih prestasi yg telah membuat bangga nama baik almamater teknik pertambangan FT UNSRI..
    mohon penjelasannya trims

  85. wah, postingan bagus nih
    kebetulan saya mahasiswa baru di jurusan pertambangan Universitas Trisakti
    sbnernya di jurusan ini lebih ke Kimia, Fisika, atau Biologi? harus pinter itung itungan ya?
    ada main main warna gitu gk?

    oya salam kenal :D

    • Lebih ke Kimia dan Fisika.
      Nggak juga kok tapi itungan juga dibutuhkan.
      Iya, kan hampir atau semua jurusan di teknik harusnya tidak buta warna namun nggak terlalu tahu juga.

  86. halo senior,saya sdg bnyak pikiran nih mw masuk teknik apa…
    antara teknik industri,teknik geologi n’ teknik pertambangan…
    mhon bimbingan sma penjelasanny,kalau bisa balas ke e-mail sya ya christ.inside@ymail.com
    SALAM TEKNIK :D

    • Amin, moga masuk teknik tambang ya tahun depan, harus belajar rajin-rajin hhehe

      Persyaratan? berpenampilan menarik dan nggak jelek hhaha
      Nggak ada persyaratan khusus, cuma lulus tes di jalur yang kamu pilih aja, SNPTN, PMD, atau USM.

  87. Waah saya sebagai mahasiswa teknik pertambangan kampus Palembang kurang sependapat dengan Kgs. Dedi.. yang saya rasakan, kuliah di kampus palembang lebih maksimal kok, dilihat dari kehadiran dosen dan penyelenggaraan semester pendeknya.. jadi, dimanapun kita kuliah, cuma diri kitalah yang menjadi tolak ukur untuk maju.. sekian dari saya, terima kasih

  88. Ok, tertarik dengan ulasan abang-abang semua.
    saya mahasiswa baru masuk di FT tambang unsri 2011, minta saran dan bimbingannya wassalam

  89. saya baru masuk ke Univrs Politeknik Geeologi Pertambangan BANDUNG minta do’anya smoga tembus ,
    SORRY MAU NANYA LAGI , sy mau mnta izin anda untuk menjelaskn perbedaan materri peljran antara Teknik Pertambangan sama jurusan GEOLOGI ,luar biasa baiknya apabila dijelaskan.. Terima kasih

  90. wah pas baca bru aj slesai regis t.pertambangn ambil di indralaya , semoga betahaan disini , mohon bimbingan ya kak nanti :)
    terima kasih sarannya :)

  91. ak lulus snmptn ’11 teknik pertambangan ni , tpi lg bngung mw plih di bukit ato indralaya , kra” ap ya yg membedakan ?
    kl ak liat dri postinganya kyakny cew ny dikit nn , :p jd raguu masuk tambang , mn lg banyak yg ngo ke ak yakin n berani dk masuk sini , hhehe
    tpi satu sisi kyaknya seru t lbh ke alam , semoga betahan di jurusan ni :)

    • Wah selamat ya,congrats, ……….

      Hmm soal kampus bukit n indralaya, yg membedakannya hanya bayarannya saja. Kampus bukit lebih mahal dri pada indralaya, anggap saja bukit itu kayak univ. swasta nya unsri. Kalau segi kualitas, menurut saya sama saja. Tapi yang lebih dipandang sama orang (lebih direspect) ya kampus Indralaya. Itu karena anak Indralaya kebanyakan lulusan SNMPTN. Namun hal itu cuma sekadar perbedaan jalur saja tidak bisa dijadikan tolak ukur. Terkadang saya iri dengan anak bukit. Jadi semua tergantung semangat dan usaha kita dalam menjalaninya. Terus enaknya kampus bukit, letaknyadi kota Palembang jadi kalau lagi suntuk bisa jalan-jalan tapi kalau Indralaya harus naik bus selama 1 jam buat ke kota Palembang.

      Kl soal cewek masuk tambang, itu bagus lo! Brani banget! Tapi jika masih ada pilihan laen selain tambang, saya saranin nggak usah milih tambang. Bukannya mengecilkan hati tapi cewek nggak cocok kerja disini, cocoknya kerja di air hhaha
      Di lingkup kerja nanti, cowok lebih diprioritaskan dari pada cewek khusunya bagian lapangan tapi kalau dikantoran kayaknya berbanding lurus sama cowok misalnya sebagai mine plan. Utamanya sih, semua tergantung prestasi dan wawasan. Karena zaman sekarang perusahaan banyak liat prestasi kita terutama IPK,kalau bisa dapet IPK tinggi ya bakal jadi rebutan la, nggak mandang cowok atau cewek.

      Jadi kesimpulannya, masuk ya bagus, tapi kalau ada pilihan laen ya lebih bagus pilih yg laen aja.

  92. asslmualaikum.. ane numpang tanya nih…
    kalo materi pelajaran apa ya yg paling menonjol di teknik pertambangan ??
    soal.ny Ane tahun ini mau masuk jurusan pertambangan .. mohon di bantu senior saya yg hatinya Baik

    • Wa’alaikumussalam, wr, wb.
      Wah congratulations ya Faisal Ahmad Sidik, WELCOME TO MINING ENGINEERING hhehe okay saya siap membantu! Btw lulus universitas apa?
      Hmm paling menonjol, kalau menurut saya semuanya menonjol hhhaha pokoknya saling terkait da satu sama lain, apalagi kalau semakin atas semesternya maka semakin menonjol karena makin terkonsentrasi.

  93. numpang komen juga yach! aq selesai ikut snmptn 2011 ini, pilihan 1 di itb jurusan pertambangan, pilihan ke 2 di its jurusan material dan metalurgi,, moga2an bisa masuk salah satu deh,, abis stlah melalui pertimbangan yg agak lama ( halah :p) pertambangan itu bikin aq tertarik banget, apalagi karena aq suka kimia juga,, >,<
    oh ya, thx buat infonya yaa,,, itung2 nambah info :)

  94. Saya pengen banget tuh masuk pertambangan..
    SNMPTN taun ini aja saya ngambil Pertambangan ITB sama Pertambangan UNSRI
    trus swastanya ikutan pmdk upn yogyakarta jurusan pertambangan, tp telat udah penuh dari bulan maret T_T..

    ya berharap saja bisa masuk salah satu dari snmptn ini..

    thx infonya gan..

    • Waduh maaf ya telat komen,
      Nggak juga dek, nggak perlu jago2 amat, disini aja bnyk kok yg matematikanya kurang jadi jgn takut masuk tambang. Ya semuanya penting tapi yg paling penting ya yang berhubungan dengan lapangan nanti tentunya, seperti tambang terbuka, pemindahan tanah mekanis, bahan galian industri, dll.
      Semangat ya, moga tembus. AMIN.

      • kaka mau tanya kalo geologi ama tambang mana yang lebih bagus ?
        trus ospeknya gimana k ? keras tdk ?
        kalo di itb ama upn bagusan mana y kaka ? makasi infonya :)

        • Pertambangan itu lebih ke gimana caranya kamu bisa mengeksploitasi mineral, batubara, dan migas dari sumber yang sudah dieksplorasi oleh orang2 geologi. Jadi anak geologi tugasnya nyari batubara, mineral dan migas sedangkan anak tambang ya nambangnya saja. Jadi tugas anak geologi itu explorasi dengan ngeliat struktur batuannya. Jadi tergantung kamu mau nya kerja seperti apa? Kalau saya si enakan tambang hehe

          Ospeknya ya keras banget, di Unsri saja keras apalagi di ITB dan UPN Jogja ya. Tapi walau keras sangat membantu dalam menyiapkan mental kita di dunia kerja pertambangan yang tentunya akan sulit kalau mental kita tipis.

          Ya ITB paling bagus, kalau nggak lulus ITB ya bisa coba UPN Jogja karena UPN Jogja bagi saya kerennnn!!!

  95. Wah..pikiran Anda sama dgn sy dong, awalnya sy juga tdk kepikiran utk kuliah d jurusan teknik pertambangan, tapi setelah mengenyam kuliah di jurusan ini beberapa smstr, trnyata asyik juga lo & bnyk sekali wawasan yg tlah sy dpt brkaitan ttg pertambangan, pokoknya ngk nyesel deh sy kuliah di jurusan teknik pertambangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s