Ayo Belajar Bahasa Asing Selain Bahasa Inggris

Can you speak english?

Mungkin bagi sebagian orang, bahasa inggris bukan lagi menjadi bahasa yang bisa dikatakan unik tetapi sudah menjadi bahasa umum bukan hanya di Indonesia saja tapi diseluruh dunia. Hal ini bisa dilihat di semua lapisan sekolah mau itu jenjang universitas, SMA, SMP, SD, bahkan TK pun mulai menjadikan bahasa inggris sebagai kurikulum pelajaran mereka. Tak bisa dipungkiri pula bahasa inggris dijadikan mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional (UN) sehingga hal inilah yang membuat bahasa inggris dianggap biasa. Ini sebenarnya wajar mengingat bahasa inggris merupakan bahasa internasional.

Menguasai bahasa inggris bukan lagi menjadi nilai tambah karena bahasa inggris sudah bisa dibilang sebagai bahasa ke-dua di Indonesia. Jadi kita dituntut untuk mengusasi bahasa lainnya barulah menjadi nilai tambah bagi seseorang. Saya pribadi merasa iri dan kagum melihat orang yang bisa berbahasa jepang, korea, spanyol, jerman, belanda, mandarin, tagalog, dan berbagai bahasa lainnya selain bahasa indonesia dan bahasa inggris tapi sebaliknya ketika melihat seseorang berbahasa inggris, tak ada kesan AMAZING! lagi seperti pertama kali bertemu bahasa inggris waktu kelas 4 SD sampai SMA. Saya juga sangat respect dan memandang tinggi seseorang yang bisa berbahasa asing lainnya karena bagiku mereka pintar, “Learn the Language, Make you Smarter”.

Lalu bahasa apa saja yang kira-kira unik dan perlu dipelajari? Jawabannya BANYAK. Suatu bahasa dapat dikatakan unik jika hanya negara pribumi saja yang memang menguasainya dan hanya sedikit saja negara yang bukan pribumi yang bisa. Kita bisa mencoba bahasa arab, jepang, korea, mandarin, tagalog, perancis, jerman, belanda, de el el.

Kalau ngomong sih mudah tapi bahasa itu ma sulit dipelajari? Sebenarnya tak ada yang sulit didunia ini kalau kita berani mencoba, masih ingat dengan pepatah “if you think you can, you can” dan “if there is a will, there is a way”.  Dan bukannya ketika kita dilahirkan, kita tak bisa berbicara bahasa namun seiring dengan berjalannya waktu kita bisa berbicara bahasa Indonesia. Jadi ini semua tergantung dari diri kita masing-masing. Mungkin kita bisa memulai dengan bahasa pada negara yang kita sukai misalnya, kita suka dengan negara dan budaya jepang tentunya mempunyai keinginan untuk pergi ke jepangkan lalu mendalami budayanya termasuk bahasanya demikian juga dengan korea, mandarin, perancis, jerman, belanda, de el el. Lagian tak jarang juga seseorang bela-belain belajar bahasa suatu negara bukan karena tertarik dengan budayanya tapi artisnya lo hahahaha seperti drama korea, taiwan, dan jepang yang berhasil menghipnotis penikmatnya termasuk Indonesia. Menurutku itu hal yang sah-sah saja dan merupakan modal awal yang bisa memotivasi kita untuk terus belajar bahasa mereka.

Saya sendiri sangat suka dengan budaya negara Korea Selatan, salah satunya etos kerja mereka. Mereka memiliki semangat yang begitu tinggi tak kalah dengan negara Jepang. Mereka tak mau membuang-buang waktu untuk hal yang percuma. Mereka memiliki prinsip ingin maju, maju, dan maju. Mereka suka bersaing. Hal inilah yang membuat negara Korea yang dulunya negara yang bukan apa-apa menjadi negara yang maju diberbagai bidang termasuk industri-ekonomi. Hal inilah yang membuat saya mengagumi budayanya sehingga semangat banget mempelajari bahasanya. Mulai dari kelas 3 SMP coba download materi bahasa korea lewat Radio KBS. Pada saat SMA mulai beli buku pendukung seperti buku grammarnya (baru ada satu), kamusnya (udah ada dua), dan buku penunjang lainnya (udah ada tiga). Tak hanya bahasa korea saja, saya juga mempelajari bahasa jepang lo hehe tapi  karena emang ini dituntut untuk dipelajari di SMA sejak kelas 1 SMA hingga kelas 3 SMA jadi totalnya 3 tahun belajar bahasa jepang. Ironisnya masih saja belum bisa sebanding dengan kemampuan berbahasa inggris hhehe (mungkin kurang frekuensinya).

So gimana dengan kalian, tak ada rasa tertarik buat belajar bahasa asing selain bahasa inggris? Sekaranglah waktu yang tepat untuk menambahkan nilai plus. Kemampuan bahasa ini juga dapat dijadikan loncatan buat diterima kerja di perusahaan luar negeri yang pastinya sesuai dengan bahasa yang kita pelajari tapi INGAT!!! Harus diimbangi juga dengan bahasa inggris karena tak bisa dipungkiri bahasa ini udah jadi bahasa komunikasi dunia.

About these ads

3 gagasan untuk “Ayo Belajar Bahasa Asing Selain Bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s