Peluang Masuk ITB dan UGM Jalur SNMPTN Makin Besar

Pagi tadi sekitar jam 8an ayah saya pulang menyodorkan koran yang baru dibelinya. Selang 2 jam kemudian barulah saya mulai membacnya. Saya pikir Lahat Pos, Sumex, atau Palembang Pos tapi ternyata Harian Umum Berita Pagi. Bolak-balik lembar demi lembar dan ternyata ada title yang mencuri perhatiin, judulnya “UGM & ITB Hapus Jalur Mandiri, Unsri Tetap Gelar”. Disana dibahas bahwa tujuan penghapusan jalur mandiri ini agar biaya kuliah tidak terlalu tinggi. Alhamdulillah akhirnya apa yang selama ini saya harapkan datang juga. Menurut saya ini merupakan langkah yang bener-bener mesti didukung karena kasihan bangetkan bagi siswa pintar dan siapa tahu bakal jadi leadership buat Indonesia terpaksa terhenti untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri sekelas ITB dan UGM. Namun  pemerintah akan benar-benar menaikkan insentif untuk PTN mulai tahun depan ni jadi beruntunglah buat yang bakal ikut SNMPTN tahun 2012 karena kesempatan untuk lolos dengan biaya kuliah murah makin besar.

Pada koran ini mengatakan bahwa UGM menghapus seleksi jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis UM UGM yang telah dikembangkan sejak 2003. UGM akan menjaring 100 persen mahasiwa barunya melalui pola SNMPTN, yang terdiri dari ujian tulis dan undangan tapi untuk tahun 2011 masih ada UM UGM (bakal jadi the last hehe). ITBnya juga membenarkan bahwa pihaknya sudah tak lagi menggelar seleksi jalur mandiri pada 2011 ini. Jadi seleksi bagi mahasiswa baru ITB hanya melalui jalur SNMPTN. Dikoran Rektor ITB Prof. Akhamaloka membenarkan bahwa ITB 100 peren berlakukan seleksi melalui SNMPTN, tak ada lagi jalur mandiri.

Ya alhamdulillahlah, kita berharap seleksi mandiri yang diselenggarakan PTN bakal berakhir pada 2011 ini agar mahasiwa tidak mampu, memiliki akses lebih luas untuk pendidikan tinggi serta moga saja bukan hanya ITB dan UGM namun seluruh PTN. Mungkin cukup segini dulu ya kalau mau informasi lebih lanjut silahkan googling aja soalnya pada banyak yang bahas tentang hal ini lebih dalam.

About these ads

20 gagasan untuk “Peluang Masuk ITB dan UGM Jalur SNMPTN Makin Besar

  1. Iya, itu karena daya tampung jalur SNMPTN makin besar ^^

    INSRI??? UNSRI maksudnya? ITB, UNSRI, dan UNILA adalah pilihan yang bagus.
    Ingat ya yang bakal ina hadapi ini adalah penentu masa depan dan impian ina jadi yang terpenting sesuai dengan minat ina, terus untuk memilah-milah yang mana kira-kira prospeknya bagus buat kedepannya mungkin bisa kunjungi http://danish56.blogspot.com/2009/12/jurusan-perguruan-tinggi-yang-prospek-5.html.
    Hmm buat tips biar sukses SNMPTN nya, ina bisa baca tulisan saya tahun lalu di blog ini, silahkan kik http://planet4ltair.wordpress.com/2010/09/04/susun-strategi-buat-snmptn-2011/.

    Moga diterima di ptn favorit ya, amin.

  2. apa cara masuknya udah lebih gampang untuk tahun depan..??
    karna saya mau masuk universitas negri sih..
    tapi belum tau bagus mana..
    binggung buat carinya.. da rencra mau coba INSRI ,lampung tw ITB
    fak akutansi.. tapi kebnyakan peminat dan daya tamungnya gak sebanding..
    ada tips gak???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s