Tips Mengamankan Facebook

Siapa sih yang tak punya facebook? Sekarang ini facebook telah menjadi jejaring sosial yang menjamur di kalangan dunia. Dibuat tahun 2007. Facebook mulai banyak diminati pada tahun 2009. Orang-orang dari latarbelakang berbeda menggunakan jejaring sosial ini untuk tujuan yang berbeda juga. But tidakkah kita tahu yang namanya dunia maya itu ma nggak jauh dari namanya trojans dan hackers. Facebook tidak selamanya aman. Pada kesempatan kali inii aku akan berbagi beberapa tips untuk mengamankan facebook kita.

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan akun pribadi-mu dari akun publik-mu untuk mencegah spam.
2. Aturlah pengaturan keamanan profile mu pada private mode untuk melindungi semua informasi rahasia mu dari orang yang tak kalian kenal.
3. Mempublikasikan data personal details mu seperti nomor handphone atau e-mail di facebook dapat menjadi hal yang fatal lo. Jadi sebaiknya tidak usah dicantum deh kalau dirasa memang tak perlu.
4. Facebook sangat terkenal dalam fiturnya, sebut saja new feed yang mengizinkan kalian untuk mengekspresikan apa yang ada didalam pikiran kalian. However, kalian harus hati-hati dalam mengetik sesuatu dengan keyboard mu. Jangan sesekali menulis hal yang sensitif, keluhan mu, menghina teman mu, dan menyebutkan namanya.
5. Jangan approve permintaan pertemanan dari oaring yang tak kalian kenal. Pastinya kalian sering mendengar berita kan tentang seseorang gadis yang diculik setelah bertemu teman barunya melalui facebook.
6. Facebook juga sangat populer dengan fitur upload fotonya. Ketika uploading fotomu, yakinkan bahwa kalian hanya share untuk temanmu saja atau orang yang memang kalian kenal.
7. Jika kalian suka curhat atau menceritakan masalah pribadi kalian dengan temanmu, tulis dalam pesan pribadi. Jangan suka menulis atau menceritakannya lewat wall post.
8. Beberapa orang mempertimbangkan untuk mempublikasikan mengenai gambaran mereka lewat profile. O iya, bukannya facebook juga dapat mengungkapkan status hubungan kita, iya nggak??? tapi sebaiknya deh mempublikasikan status aslimu.
9. Facebook merupakan jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk melihat dan mempublikasikan beribu-ribu foto. Thus, kalian bebas memperlihatkan fotomu. However, jangan meletakkan foto yang tidak senonoh di facebook ya, seperti foto hubungan seksual, rasial, dan persoalan ideologi atau kekerasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s