Serial TV Merlin

Ini dia serial TV bergenre fantasi yang keren banget dan arus kalian tonton, yupz The Adventures of Merlin (di Indonesia) atau Merlin(di Inggris). Serial TV ini diproduksi tahun 2008 yang ditayangkan di stasiun BBC, Inggris dan sekarang Indosiar menayangkannya setiap minggu pukul 16.00 WIB. Menurut kabar yang aku terima bahwa serial fantasi ini telah memasuki season tiganya sejak bulan maret 2010 lalu.  Seperti biasa sebelum kita nge-review yuk kita kenalan dulu sama tokoh-tokohnya.

Colin Morgan as Merlin

Pemuda dengan kekuatan sihir besar, tapi payah kalau berbohong. Dia menyembunyikan kemampuan sihirnya supaya tidak dipenggal oleh Uther. Rasa keadilan dan kemanusiaan Merlin sangat besar, hal yang kerap membawanya dalam bahaya. Merlin meragukan perkataan The Great Dragon bahwa Arthur adalah sisi lain dirinya yang tak terpisahkan dan calon raja di masa depan. Namun ia tidak pernah ragu maju untuk melindungi Arthur walau harus mengorbankan nyawa. Dia memanggil sang pangeran hanya dengan nama sekaligus satu-satunya sahabat baik Arthur.

Bradley James as Arthur

Pangeran Camelot. Sejak kecil ia dididik keras dan memanggul beban berat sebagai calon raja . Pangeran muda ini selalu menyuruh Merlin melakukan segala hal dan menjitak kepala atau memakinya bodoh jika pelayannya itu berbuat kesalahan. Tapi saat nyawa Merlin di ambang bahaya, Arthur maju paling dulu menolongnya. Ketidaksukaan Arthur pada sihir disebabkan doktrin yang ditanamkan Uther padanya. Dalam hati kecil Arthur tidak selalu menyetujui tindakan Uther, terutama perintah ayahnya menghukum mati orang yang dianggap penyihir.

Richard Wilson as Gaius

Tabib istana yang diminta ibu Merlin untuk mendidik putranya. Uther sangat mempercayai pria tua ini. Gaius marah jika Merlin menggunakan sihir karena mengkhawatirkan keselamatannya.Tidak ada yang tahu kalau Gaius sebenarnya juga bisa ilmu sihir dan ia kenal dengan The Great Dragon.

Katie McGrath as Morgana

Uther merawat Morgana seperti anak sendiri karena dulu berjanji dengan ayah gadis cantik ini. Morgana punya kepribadian yang kuat. Dia tidak mau dipengaruhi oleh orang lain dan memiliki prinsip sendiri. Dia pernah melawan perintah Uther dengan menyembunyikan Mordred, anak suku Druid yang dicari untuk dipenggal. Dengan mulut tajamnya, Morgana sering membuat Arthur bungkam.

Angel Coulby as Guinevere / Gwen

Pelayan pribadi Morgana. Jika salah tingkah pasti ia jadi banyak bicara menyembunyikan rasa malunya. Gwen menyukai Merlin yang terlalu polos untuk menyadari perasaan gadis itu.

Anthony Head as Uther Pendragon

Raja Albion. Uther melarang sihir dan membunuhi semua orang yang dianggap penyihir karena suatu hal di masa lalu. Uther menolak membuat pembaruan karena ingin berpegang teguh pada aturan dan kehormatan. Hal ini membuatnya beberapa kali bertengkar dengan Arthur. Meski sebagai raja tindakannya sering dianggap kejam, sebenarnya ia adalah ayah yang yang menyayangi anak-anaknya, termasuk rakyat Albion.

John Hurt as pengisi suara The Great Dragon

Naga terakhir yang dipenjarakan Uther di gua bawah tanah. Naga ini memanggil Merlin dan memberitahu takdir besar yang mengikat Merlin dengan Arthur. Ucapannya seperti teka-teki dan tidak pernah memberikan jawaban langsung setiap kali Merlin bertanya.

Hmm … gimana pengenalan tokohnya?? Cukup puaskah dengan pemerannya?? Let’s simak reviewnya.

Pada zaman dahulu di kala Uther Pendragon berkuasa, segala kekuatan sihir dan kepercayaan kuno dilarang. Uther tidak segan menghukum mati orang yang dianggap menggunakan kekuatan sihir. Di Camelot , Merlin datang menemui Gaius untuk menjadi muridnya.

Belum apa-apa Merlin sudah mengagetkan Gaius ketika pemuda itu menghentikan dirinya yang jatuh dari tingkat dua. Merlin berusaha menutupi, tapi Gaius tahu Merlin menggunakan sihir. Ya, sebenarnya Merlin adalah penyihir. Berbeda dengan orang yang lain yang mendapat kemampuan sihir dengan cara belajar, kemampuan itu dibawa Merlin sejak ia lahir. Gaius mengingatkan Merlin supaya menutupi kemampuannya jika ingin selamat dari hukuman penggal. Merlin memulai pendidikannya sebagai murid Gaius.

Suatu hari Merlin melihat seorang pemuda dipermainkan sekelompok orang. Pemimpin kelompok itu memerintahkan si pemuda menjadi target bergerak latihan melempar pisau. Merlin yang tidak tega meminta si pemimpin kelompok menghentikan tindakannya. Kesal melihat keangkuhan si pemimpin kelompok, Merlin menyindirnya sebagai orang brengsek. Si pemimpin kelompok itu menantang Merlin menunjukkan kebolehannya berkelahi. Dengan mudah Merlin dikalahkan si pemimpin yang ternyata adalah pangeran Arthur, anak semata wayang Uther Pendragon. Merlin sempat menginap semalam di penjara sebelum dibawa keluar oleh Gaius.

Pertemuan kedua Merlin dengan Arthur juga tidak menyenangkan. Arthur meledek Merlin, yang dibalas lagi dengan celaan oleh Merlin. Keduanya berkelahi di gudang dekat pasar. Merlin menggunakan sihir untuk mengerjai Arthur. Hampir saja ia menang, hanya konsentrasinya pecah saat sadar Gaius memergokinya menggunakan sihir. Arthur mengambil kesempatan memukul Merlin dengan sapu. Kali ini Arthur membiarkannya lepas, setelah terlebih dahulu memberikan peringatan pada Merlin. Gaius memarahi Merlin karena khawatir jika orang tahu pemuda itu bisa menggunakan sihir. Merlin membela diri sambil membiarkan Gaius mengobati lukanya. Malamnya Merlin mendengar suara memanggil dirinya. Dibimbing suara itu, ia menuju sebuah dungeon tua. Ternyata apa yang ada di dungeon itu bukanlah mahluk biasa, tapi The Great Dragon, naga yang dikurung Uther. Naga itu memberitahu Merlin bahwa ia dan Arthur terikat oleh takdir. Arthur kelak menjadi raja yang membawa Albion pada kemakmuran. Tapi tanpa Merlin, semua hal itu takkan bisa terwujud. Merlin tidak percaya karena Arthur yang ia ketahui adalah pemuda brengsek. The Great Dragon mengatakan Merlin yang bisa merubahnya, kemudian terbang meninggalkan pemuda yang kebingungan itu.

Merlin mendampingi Gaius yang diundang Uther ke perjamuan makan malam. Mereka semua dihibur oleh penyanyi cantik bersuara indah. Tak ada yang tahu penyanyi itu adalah samaran dari penyihir yang dulu putranya dipenggal Uther. Dengan sihirnya, si penyihir menidurkan semua orang melalui lagunya. Hanya Merlin yang tidak terpengaruh. Merlin menggunakan sihir menjatuhkan chandelier tepat di atas si penyihir. Semua orang segera terbangun dari tidurnya. Si penyihir menggunakan kekuatan terakhir melempar pisau ke arah jantung Arthur. Merlin menarik sang pangeran sehingga pisau itu hanya menembus kursi. Si penyihir kemudian tewas. Uther yang berterimakasih mengangkat Merlin sebagai pelayan pribadi Arthur, yang disambut teriak bernada protes Arthur dan muka pasrah Merlin. Suka atau tidak suka, mereka berdua harus selalu bersama-sama. Sejak saat itu Merlin selalu mendampingi Arthur sambil menjaga sang pangeran yang diramalkan kelak membawa Albion menuju kejayaan.

Oopz segitu aja reviewnya kalau diceritaiin lebih spesifiks kan nggak seu lagi. Makanya buruan nonton serial TV fantasi ini di Indosiar jam 16.00 atau beli kasetnya aja buat yang ketinggalan beberapa episode di toko kaset atau pasar loak ^^ keep watching!

6 thoughts on “Serial TV Merlin

  1. Waahhh, ini serial TV yg direkomendasiin mama aku😀
    And it’s wow you know!
    Selain memang seneng ama genre kayak ini, Colin ama Bradley kan cakep :))
    Tiap minggu sore bareng mama, pasti nonton ini.
    Trus jadwalnya diganti jadi pagi pas libur abis UN.
    Dan sekarang kagak ada lagi😦
    Ada kasetnya gak? Hahahhaha…

    • Haha cowok aja pikiriannya, colin ama bradley cuma beda tipis sama aku. Emang bener2 keren serial ini, ampe sekrg nunggu season 3nya. Ada la, lengkap 2 season, makin lama makin keren dan hubungan merlin ma arthur semakin di uji dan semakin akrab, aplagi kish cinta mereka dan fightingnya haha

      Beli aja di PTC tapi nggak tahu msh ada nggak coz aku belinya waktu selesai SNMPTN. No borrow, no trade, haha …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s