Karena Ikut Opdik, Gagal Ikut Audisi LO

Menyesal, mungkin itulah perasaanku ketika membaca koran harian Sumatera Express edisi 10 Agustuis 2010 di warung Mang Pep pagi hari sebelum berangkat kuliah. Disana dikatakan bahwa pihak KONI telah berhasil mendapatkan 300 LO buat SEAGAMES ke-26  di Palembang yang audisinya diselenggrakan pada 3 dan 4 Agustus disusul pengumumannya pada 9 Agustus lalu. WHAT??? 300 LO. Tak banyak waktu lagi ku baca kalimat demi kalimat membuatku benar-benar menyesal dan batal buat jadi LO.

Ceritanya gini, di koran yang kubaca online di internet pada site sumeks dikatakan bahwa pihak KONI akan melaksanakan audisi pertama yang hanya diambil 50 LO buat melayani tamu setingkat presiden ataupun menteri (tamu inti) dan nantinya akan dibuka lagi lowongan 300 LO buat melayani tamu khusus atlet. Ke inginanku menjadi LO semakin menggebu-gebu ketika googling pengalaman orang lain menjadi LO yang benar-benar berkesan. Berbagai cara telahku  lakukan biar hasilnya maksimal baik itu tes berkas maupun tes wawancara. Seperti tes berkas yang harus menyerahkan CV yang bingung gimana cara buatnya so aku pun mulai mencari orang-orang di facebook yang memiliki pengalaman ikut audisi menjadi LO sebelumnya, tentunya berbekal situs online koran lokal yang menceritakan tentang suksesnya anggota LO disuatu ajang yang mencantumkan perwakilan dari mereka yang namanya aku copy dan paste di search facebook. Akhirnya ketemu juga Kak Rabby Pramudatama mantan LO 2nd International Olympiad on Astronomy and Astrophysics 2008 di Bandung yang baik banget mau menceritakan bagaimana sistem tes wawancaranya, berbagi CV pribadinya yang jarang-jarang orang mau (tenang kak CV nya aman ditanganku hehehe), dan tentunya sedikit nasihat darinya. Kak Rabby ini baru aja jadi sarjana ilmu politik tahun ini pada jurusan HI di Universitas Parahyangan Katholik yang memiliki banyak pengalaman salah satunya mewakili Indonesia ke Turki dan menjadi sworn translator, uiii keren banget!!! Dan alhamdulillah dapet kerjaan d The Jakarta Post!

So berbekal dari itu semua, aku pun mulai mempersiapkan semuanya mulai dari mengikuti perkembangan SEAGAMES, memahami jenis olahraganya, dan belajar budaya dan tempat wisata kota Palembang. Saat itu aku bingung mau ikut nggak tes gelombang 1 ini yang TMnya tanggal 2 Agustus dan audisinya 3 dan 4 Agustus. Hmm sempat mikir karena Opdik ku di mulai 3 Agustus tetapi dengan saran Kak Rabby yang mendorong aku buat ikut dulu, waktu ngomong “nggak ikut dulu gelombang 1 coz cuma mau jadi LO atlet doang bukan tamu negara.” Ya udah tancap gas deh mulai aku kasihin berkasku ke Hotel Djayakarta Daira Palembang pada 29 Agustus disana aku dapat nomor peserta 453 (sempat kaget banyak banget peminatnya) dan bela-belain datang TM yang mulai jam 6 sore padahal besoknya harus opdik di UNSRI Indralaya coz mungkin aku bisa ikut audisi dengan mensiasati waktu opdik. Ketika TM aku kaget yang daftar totalnya mendekati 900 peserta dan aku dapat jadwal buat tes wawancara 4 Agustus jam 9 mesti udah datang. Ya udah besoknya mulai deh aku ikut upacara pembukaan mahasiswa baru unsri di audit dan opdik hari pertama hingga jam 16.30 an baru pulang. Aku mulai bingung ke palembang nggak ya buat audisi dan bolos opdik sehari doang. Ya karena opdik itu masa buat kenalan ya udah dengan besar hati aku relakan saha toh ada gelombang 2 buat LO atlet.

Hmm Sial ternyata nggak ada gelombang ke-2, sangat sedihlah kenapa ngak berani bolos pas opdik kemarin di hukum nggak apa2 ama kakak tingkat kalau ketahuan bolos toh ini impianku. Dan ternyata kakak tingkatku ’08 (selamat buat Kak Fradika) lulus 300 LO (positif jadi LO atlet) dan bakal ikut tes buat jadi 50 LO terbaik tuk melayani tamu inti. AHHHHH BODOHNYA DIRIKU! Kenapa aku nggak ikut ya karena materi-materinya udah dipersiapkan T_T. Sampai sekarang masih tak rela melupakan usahaku tuk menjadi LO. Sekarang aku mulai belajar bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang besar kita harus berani merelakan sesuatu yang kecil. Hmm nasi sudah menjadi bubur, mustahil rasanya untuk bisa jadi LO SEAGAMES berikutnya karena kompetisi ini dilaksanakan setiap 2 tahun dan belum tentu Indonesia lagi jadi HOST dan belum tentu Palembang lagi yang dipercaya T_T.

NB: Alhamduillah ternyata ada gelombang ke-2 yang dibuka di bulan Maret dan aku lolos tahap 1, tes tahap 2 nya 6 bulan kemudian setelah mendapatkan pembekalan selama 4 atau 6 bulan kedepan ^^ do’akan aku ya moga bisa jadi LO resmi buat event ini, AMIN.

Leave a Reply

