Ajang Kompetisi Sains Bergengsi

Ajang Kompetisi Sains Bergengsi??? Hmm bagi para pemburu kompetisi sains pastinya bakal tahu ajang kompetisi apa yang dimaksud, yup tentunya Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Jadi peserta OSN??? dan juara OSN adalah suatu impian yang tak hanya membuat kita bangga pada diri kita sendiri tapi orangtua, guru, teman-teman, dan orang dilingkungan kita juga pasti bangga sama kita dan dicap sebagai orang pintar. Jika anda ikut OSN bidang kimia maka anda dicap master kimia, jika anda OSN fisika maka anda dicap master fisika, dan lain sebagainya.

Olimpiade Sains Nasional yang sering disingkat OSN adalah ajang kompetisi bergengsi  dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari propinsinya masing-masing.

Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO – International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002.

Olimpiade Sains Nasional diadakan setiap tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Terus hal menarik apa saja yang bisa kita dapatkan mengikuti ajang ini??? Yup tentunya makin banyak pengalaman, mendapatkan teman baru, pengetahuan baru, dapat menggali bidang ilmu yang kita suka lebih lanjut, dan pastinya membuat kita menghargai ilmu. Apalagi jika kita mendapat emas, perak, atau perunggu ditingkat nasional bahkan dunia itu merupakan nilai (+) bagi kita terutama anak SMA untuk dapat melanjutkan ke perguruan tinggi impiannya baik di dalam negeri ataupun luar negeri dan juga anak SD dan SMP juga pasti mendapatkan beasiswa pendidikan dari kas negara.

So tunggu apalagi siapkan diri kalian untuk mengikuti ajang ini jauh-jauh hari jangan sampai lomba da mau dekat kalian baru belajar dan biasanya sekolah juga telah menyiapkan anak didiknya yang bakal dikirim buat tingkat kabupaten hingga nasional jauh-jauh hari, malahan ada juga baru selesai kompetisi OSN  tahun tersebut merekapun gencar menseleksi siswa terbaiknya. O iya setahuku untuk ajang SMA kelas XII tidak dapat mengikuti ajang ini dan untuk SD dan SMP sih kurang tahu juga tapi sepertinya siswa yang pada sibuk buat UN nggak boleh ikut … Untuk jadwal kompetisi ini biasanya dimulai dari  penyaringan siswa terbaik tingkat  kabupaten sekitar Maret, lalu lanjut provinsi, nasional, hingga internasional.

Hmm membahas tentang OSN jadi ingat waktu SMA tahun 2009 ikut olimpiade bidang kimia tingkat kabupaten, alhamdulillah dapet juara 1 lalu lanjut bidang provinsi tapi sayang langkahku terhenti disitu saja (ini gara-gara sistem kebut belajarnya, coba waktu digunakan dengan baik T_T). Gara-gara ikut olimpiade ini nilai kimiaku melonjak drastis apalagi waktu ikut UN maupun SNMPTN jadi berasa mudah hehehe

6 thoughts on “Ajang Kompetisi Sains Bergengsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s