Mungkinkah Manusia Beregenerasi?

Regenerasi? Dalam biologi diartikan memperbaiki lagi bagian tubuh yang sudah rusak, contoh simpelnya saja seekor cicak, untuk melindungi dirinya mereka kerap memutuskan ekor namun walaupun sudah putus dapat kembali lagi dengan utuh dan sempurna. Ada sejenis cacing bernama “planarian worm”, yang banyak hidup di laut maupun sungai, yang mampu menumbuhkan ulang bahkan nyaris seluruh tubuhnya. Planaria, terutama spesies Schmidtea mediterranea, mampu meregenerasi utuh tubuhnya, bahkan bila tinggal sepotong kecil saja tubuhnya yang tersisa, sampai 1/300 bagian. Dan bila kepalanya dihilangkanpun, dia akan menumbuhkan kembali kepalanya dengan sempurna.

Atau jika anda penggemar film atau serial tentang vampire, misalnya The Vampire Diaries. Disana walaupun vampire sudah ditembak atau ditusuk pakai pisau (kecuali kayu runcing), bekas lukanya dalam beberapa detik langsung pulih. Mereka dapat meregenerasi seluruh sel-sel tubuhnya dengan sempurna, secara instan. Namun hal ini cuma imajinasi doang hhaha.

Lantas bagaimana seandainya saja manusia bisa melakukan itu nantinya? Tentunya bakalan heboh dunia jika kita dapat secara langsung mengganti semua sel-sel tubuh kita yang rusak dengan sempurna dan tanpa cacat.  Tahukah kalian para ilmuwan telah nyaris mencapai keajaiban itu lo tapi masih harus diresearch lebih dalam lagi oleh mereka, kita do’ain saja la.  Teknologi biologi molekular bernama Stem Cell atau Sel Induk. Ini adalah sel paling dasar dari tubuh manusia yang bisa berubah atau dirubah menjadi sel atau organ apapun di tubuh manusia.

Bila kalian memiliki penyakit jantung maka jangan khawatir, sel jantung itu bisa diganti dengan stem sel dan jantung kalian akan berfungsi normal kembali. Bila kalian mengalami kebutaan, sel retina kalian tuh bisa diganti dengan sel baru dari sel induk jadi bisa melihat kembali deh.

Jika kalian menderita penyakit yang berhubungan dengan fungsi otak misalnya stroke, alzheimer atau parkinson maka sel otak kalian yang rusak bahkan jaringan pusat otak cerebral cortex tuh bisa diganti dengan stem cell.  Dan kalau kalian menderita diabetes maka stem cell akan menyelamatkan kalian dengan meregenerasi sel pankreas penghasil hormon insulin. Stem Cell benar-benar membawa revolusi besar dalam kesehatan umat manusia.

Sumber: http://blog.uin-malang.ac.id/cahyono/2010/11/28/10-teknologi-masa-depan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s