11 Hari Berpetualang di Korea PART#2 (Persiapan Sebelum ke Korea #1)

Setelah sebelumnya saya membahas bagaimana saya bisa sampai di Korea maka hari ini saya akan bahas tentang persiapan saya sebelum ke Korea. Saya akan membaginya dalam tiga part biar enak dibaca karena kepanjangan kalau dijadiin dalam satu part.

Hmmm sebelum saya mengambil keputusan untuk liburan sendiri kesana. Saya sebelumnya menghubungi Satriya dulu. Satriya itu teman seperjuangan ketika mengapply beasiswa Korean Government Scholarship Program 2011. Waktu itu kami sama-sama apply ke Chonnam Nat’l Univ. dan kami berhasil menjadi 2 kandidat asal Indonesia yang direkomendasikan oleh Chonnam Nat’l Univ. ke NIIED setelah melalui tes administrasi dan wawancara. Namun sungguh disayangkan kami berdua harus menerima kegagalan karena tidak lulus pada seleksi tahap akhir. Dan ternyata Satriya itu memang sudah mendapatkan beasiswa sebelumnya dan sedang menjalankan masa studi tahun pertamanya di Chonnam Nat’l Univ. ketika apply beasiswa tersebut. Lo kenapa apply lagi? Karena beasiswa sebelumnya nggak full.

Saya meminta bantuan sama dia, bisakah dia jadi guide saya selama disana? Katanya bisa. Tapi akhirnya saya mengurungkan niat karena namanya ditemanin jalan-jalan pasti dong kita nggak boleh berdiam diri. Kita mesti loyal dong sama guide kita setiap saat, baik loyal membiayai transportasi, makan, penginapan ataupun tiket wisata. Bener nggak?Berhubung uang saya ini pas-pasan maka batal deh hhaha Jadi saya cuma minta bantuan untuk nginep di apartemennya dan jadi guide saya selama di Yeosu karena saya bakal mengunjungi Yeosu Expo.

Buku Rp3 Juta Keliling Korea dalam 9 Hari

Ketika itu juga saya iseng-iseng buka fanpage Korea Tourism Organization Indonesia. Saya menyarankan kalian untuk gabung di fanpage tersebut karena kalian bakal banyak dapet informasi terupdate mengenai wisata menarik di Korea. Selain itu mereka juga sering ngadain lomba yang salah satunya paket liburan atau tiket PP ke Korea Selatan. Di fanpage tersebut mereka merekomendasikan buku yang sangat menarik untuk dibaca yakni “Rp3 Juta Keliling KOREA dalam 9 Hari” karangan Claudia Kaunang.

Saya nggak tahu siapa Claudia Kaunang sebelumnya dan ternyata dia seorang penulis budget traveler. Beberapa minggu kemudian saya iseng buka twitter dan facebooknya. Ternyata Claudia Kaunang lagi ngadain tour liburan bareng dia ke Korea. Termasuk paket liburan yang murah banget yakni Rp3 Juta tapi nggak 9 hari seperti bukunya. Kalau nggak salah cuma 4-5 hari di Korea. Awalnya saya tertarik dan sempet daftar buat ikutan tour tersebut tapi akhirnya saya batalkan setelah berpikir 4-5 hari itu bentar banget tapi bukunya itu membuat saya bersemangat buat solo traveler. Kemudian saya bertanya ke Yuk Dian, kakak ipar saya yang sedang menjalani studi S3 di Gyeongsan. Amankah jika saya solo traveler ke sana? Katanya aman. Ehh mungkin kalian berpikir, kenapa nggak kakak ipar saya saja yang jadi guide? Alasannya karena saya nggak mau merepotkan dia dan dia juga sibuk. Saya juga menanyakan pertanyaan yang sama ke Mbak Marsa dan dia bilang bisa asal kan saya bisa baca hangeul (abjad Korea) maka insyallah lancar dan juga kebanyakan petunjuk jalan disana sudah berbahasa inggris. Ohhh iya Mbak Marsa ini adalah alumni Youth Asian Camp 2011 Korea. Akhirnya setelah penuh pertimbangan, saya putuskan untuk solo travel ke Korea.

Hal pertama yang dilakukan sebelum ke Korea adalah menentukan kapan saya akan pergi kesana dan berapa hari saya akan berlibur? Hal ini yang buat saya berpikir sampai 2 minggu baru bisa mengambil keputusan. Saya bingung apakah pergi ke sana pada saat musim semi, panas, gugur atau salju. Jadi Korea itu adalah negara yang punya empat musim. Musim semi berlangsung dari Maret-Mei, bagusnya kesana pada bulan April karena pada bulan ini puncak bunga bermekaran, bisa menyaksikan bunga sakura dan banyak festival. Musim panas berlangsung dari Juni-Agustus, bagusnya kesana pada bulan Juli karena cuacanya nggak panas banget dan banyak festival. Musim gugur berlangsung dari September-November, bagusnya kesana pada akhir Oktober karena inilah puncak musim gugur dimana bunga semuanya menguning dan memerah hingga terlihat cantik dan terkesan romantis dan udaranya sejuk serta banyak festival. Terakhir musim dingin berlangsung dari Desember-Februari, bagusnya kesana akhir Desember atau awal Januari juga boleh karena puncaknya musim salju dan banyak festival hhehe Tapi Februari juga nggak apa-apa, bagus juga hehe Kalau masalah pakaian, pada saat musim semi dan dingin bawa jaket yang tebel. Pada saat musim panas bawa sweather tipis saja atau nggak usah pake’ sweather karena panasnya sama seperti Indonesia dan hampir semua orang Korea cuma pake’ kaos doang. Saat musim gugur cukup bawa sweather soalnya udaranya cuma berangin doang dan dingin juga.

Setelah banyak pertimbangan saya memilih musim panas walau sebenarnya mau kesana saat musim gugur atau semi hhaha tapi sayangnya nggak bisa dikarenakan kalau pergi saat puncak musim gugur dan semi, saya harus bolos kuliah dong ditambah lagi musimnya mid semester. Kalau musim dingin kayaknya nggak dulu, takut sakit jadi nggak ada yang nemenin dan males banget bagasi isinya jadi baju dingin semua hhaha Ohhh iya saya memutuskan untuk kesana 10-13 hari saja sesuai dengan budget yang pas-pasan.

Tiket Pesawat Saya

Kemudian saya tentukan tanggal berapa saya akan berangkat tapi karena pihak Essilor Indonesia yang agak lambat dalam mengurusnya, hal hasil berapa kali ganti jadwal. Saya agak kesal dengan mereka yang nggak gesit, sudah dapet harga promo murah tapi naik lagi karena lama banget di booking. Akhirnya saya mendapatkan tiket Air Asia PP seharga 5,5 jutaan (sudah termasuk bagasi pergi 15kg dan pulang 25kg) dan itu pun bukan tiket promo melainkan tiket regular, padahal saya minta di booking tiket promo seharga 4 jutaan😦 Dan saya minta dibeliin tiket secara terpisah untuk penerbangan dari Palembang ke Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur ke Korea karena kalau saya booking Jakarta ke Korea, ujung-ujungnya masih transit di KL dan saya juga mesti booking tiket dari Palembang ke Jakarta. Alasan lain karena harganya lebih murah hhaha Sebenarnya kalian bisa kok dapet tiket Air Asia PP ke Korea dengan hanya 1,8-3 juta. Oleh karena itu kalian harus rajin-rajin cek atau berlangganan surel di Air Asia. Biasanya untuk keberangkatan 6 bulan kedepan.

Berikut skema penerbangan saya, keberangkatan dari Palembang ke KL pada 7 Juli 2012, 13.55 WIB dan akan sampai di KL pada 7 Juli 2012, 16.20 (Malaysia Time). Dilanjutkan penerbangan ke Korea pada 8 Juli 2012, 01:00 jadi saya mesti nunggu di bandara selama 8 jam 40 menit. Tiba di Korea pada 8 Juli 2012, 08.20 (Korea Time). Untuk kepulangan ke Indonesia, saya akan meninggalkan Korea menuju KL pada 18 Juli 2012, 17.25 (Korea Time) dan akan tiba di KL pada 18 Juli 2012, 22:55 (Malaysia Time). Dilanjutkan penerbangan ke Palembang pada 19 Juli 2012, 13:00 jadi saya mesti nunggu di bandara selama 14 jam 5 menit. Akhirnya tiba di Palembang pada 19 Juli 2012, 13:30 WIB.

Setelah tiket ke negara impian sudah ditangan, langsung saya minta dikirimin sisanya sebagai uang saku dan Alhamdulillah bersisa 4 juta walau sebenarnya kalau mereka memesan yang promo bukan regular bisa dapet 5,5 juta. Akhirnya saya hanya meminta tolong pihak Essilor Indonesia untuk reservasi penerbangan saja, setelah itu urusan selesai dan saya yang mempersiapkan sendiri keperluan lainnya.

79 thoughts on “11 Hari Berpetualang di Korea PART#2 (Persiapan Sebelum ke Korea #1)

  1. Kak,,aku juga org Sumsel,,insyaAllah januari 2015 bakal kekorea #Aminnnn

    Eum,,,, bagi alamat emailnya dong,,heheh,,biar bisa nnya2 sama yg udah pengalaman keseoul

  2. Haahhh, aku udh niat bgt pgn jln2 keluar negeri terutama ke korea pake modal ‘bonek’ atau bocah nekat. Skrg masih SMA akhir thn, jd masih butuh bertahun2 buat nabungnyaT_T

  3. wah..keren ya…btw aku juga skrg pengen bget k korea…nah aku cek d gramedia tuh bkunya CK nggak ada n adanya yg ke jepang…gmna dong?? bs ksh link eebok atw mgkin toko bk lain yg pnya? atw bs pnjam pnya kamu…krna aq jg d palembang…..🙂

  4. bro saya biasa dapat promo perjalanan murah, dan kalau bro ada perjalanan murah juga, boleh dong kabarin… add bb ya 2a41b130

  5. missiiii,, numpang nanya… sy udah baca (baca” koment doank hee,, ) maksdnya “cs” apa yah? ,,trus holiday ke sana beneran keren kah? soale bnyk yg bilang korea itu terlihat bagus krn packaging pariwisata ny bagus. .. sorry bro nanya kepanjangan hehee.. thanx

  6. gan…minta rekomen buat tiket penerbangan murah nyampe seoul dong..
    yang berangktnya aja,karena budgetnya minim,kalo ada yg transit dulu yg murahnya juga gpp,misal ke seoul dengan cara memesan dua tiket dari indo ke singapura stelah itu dari singapura ke seoul, untuk menghemat biaya…ada g y gan??mohon bantuanya gan,ini email saya dazztopaz@gmail.com…thanks y gan..

  7. Wahhh,,, ​اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ ,, sya jga berkeinginan ke korea thun 2014,,, jika bsa kbar2 harga tiket, dll,,, terimaksih

  8. Makasih banyak ya atas tulisannya benar2 sangat membantu. Btw sy pengen dapat password yg dkliping sama rencana perjalanan anda. Karena bulan maret saya akan ke korea. Jd mhon bantuannya yaa…

    • Oke syukurlah kalau membantu dan mohon maaf ya telat untuk mengirim passwordnya karena sudah dari bulan Maret kan kamu ke Korea —
      Tapi tetep saya kirim sajalah hehe

  9. Mau tanya donk..saya ke korea bulan juni ini kalo ke ski resort yongpyong masih bersalju ga ya?? Soalnya mau ngincer salju disana..pernah baca kalo di ski resort itu pasti ada salju sepanjang tahun, soalnya mau booking penginapan..excited bgt mau ke korea dgn tiket garuda promo 3,7 jt pp

        • Mahal banget ya berarti disana —
          Sebenernya travel agent itu baik kok minta tabungan selama 3 bulan dengan saldo rata-rata Rp30 juta, itu demi kebaikan kita juga agar ngk ditolak pengajuan visanya. Kalau ditolak kan pasti kita bakal marah sama travel agentnya dan mereka menghindarkan resiko itu …

      • mas dedy ,kmrn itu kan ke korea nginep yaa di rumah kenalan org korea.
        itu visanya pas urus apa dapat invitation letter dari hostnya gitu ? atau tanpa keterangan apa” akan tinggal di mana selama di sana ,dan di approve ?

        • Iya nginep di tempat mereka.
          Nggak kok, kalau invitation letter saya minta sama adik dari kakak ipar. Kalau minta sama mereka susah soalnya invitation letter urusannya ke masalah tanggung jawab yg memberi.
          Kalau untuk keterangan akan tinggal dimana itu harus ada. Solusi lainnya booking saja guesthouse untuk 1 atau 2 malam terus masukin alamat guesthousenya dan print out bookingan pas ngajuin visa.

    • Maksudnya postingan Cara Menggunakan Bus, Subway dan Taksi di Korea? Silahkan baca announcement di side bar kanan blog saya: “Bagi pengunjung yang menanti tulisan “Cara Menggunakan Bus, Subway dan Taksi di Korea”. Mohon maaf saya ingin memberitahukan bahwa tulisan tersebut tidak akan saya posting di blog melainkan akan saya kirim via email. Perlu dicatat bahwa tidak semua pengunjung akan mendapatkan tulisan tersebut, saya membatasi hanya 20 lucky visitors yang akan saya send. Prosedur bagaimana cara menjadi 1 of 20 lucky visitors akan saya post secepatnya di blog ini. So stay tuned if you want grab it!!!”

      Enakan sendiri, kalau tour nggak puas banget🙂

  10. Sy jg mau berbagi pengalaman nih,.
    Sebut saja rani, sy tinggal di palembang (sama?) hhe..
    Kmrin sy jg dapet tiket AA yang mumer banget!!!
    Palembang – KL – Seoul (+makan, -bagasi) cuma 2,7… WAW!
    Kebetulan sy dpt tiketnya 1 bulan sblm keberangkatan..
    Kmrin blm ada persiapan apapun! Dri visa, penginapan, tmn yg disana, dll..
    Hanya modal nekat!
    Sy mencari tmn2 yg mau pergi,. Tp hanya 2 org yg mw ikut,, pertamanya bingung dan takut,
    Kami bertiga sama-sama cewek, gak bisa bahasa korea,.
    Kembali lagi kepada ‘kesempatan’ ya udh bungkus deh,.
    Setelah itu kami kebingungan ngurusin visa,. Agent di plembang pada g mau ngurusin visa, jadinya minta tgl sama agent di jkt,. Tapi agent jkt sempet nolak gr2 saldo penanggung jawab kurang dri 100 jt / org, jd dri pd ad apa2 kami bertika di tanggung jwb sm perusahaan (ayah) hanya 4 hari visa keluar! Dan impianku tercapai!!! Alhamdulillah..🙂
    -Total perjalanan 10 hari, 5 hri Seoul, 5 hri KL..
    -Bawa rendang, sambal, dan mie..
    -Seoul nginep di hostel, KL nginep di kosan temen.
    -total biaya (hostel,tiket,transport,jajan,oleh2,dll) kurang lbh 6jt
    Ahahhahahhaa… Ini irit? Ap miskin?

    Salam Backpacker!

    • Wah pengalamannya seru juga Mbak Rani, wong kito jugo yo hhehe
      Emang mbak ke agent mana di Palembang sampe nggak mau, kemarin saya fine fine saja ngurus visa di agent Palembang hhaha
      Makasih atas sharingnya🙂

      Salam backpacker🙂

    • Klu agent di Palembang yg bisa ngurusin visa ke Korea dmn ya mbak arani, trus apa nama agent nya, mohon bantuan nya. Terima kasih

    • Ngurus visanya emank susah ya ??
      Soalna ada rencana perg ksana,,cmn dr kmren2 temen yg udah ksana blgna susah ngurus visa,,harus ada uang jaminan gitu..Bener ga sih ??

      • Susah2 gampang kok tapi menurut saya dan menurut pengalaman org2 katanya ngedapetin visa Korea termasuk mudah. Untuk itu biar di approve maka persyaratan selengkap mungkin dipenuhi. Untuk uang jaminan maksudnya apa ya? Mungkin maksud kamu uang yg harus ada ditabungan, itu tergantung berapa hari kamu kesana, bagusnya minimal 15 juta kalau kamu kesana cuma 1 minggu atau lebih beberapa hari.

  11. @kayrani : kamu ke korea naik cebu kapan ? oh iya aku rencana 2014 mau ke korea. cara biar dapat tiket semurah itu kamu pesannya berapa lama sebelum tanggal keberangkatan yaa ? misalnya air asia hrs pesan 6 bulan sebelumnya. makasih😀 tolong dibalas yaa

  12. itu 375 ribu tiketnya udah include sama jakarta-manila mas hehe. promo 1 dollar dan 1 peso🙂. jakarta-manila pp : 80ribu rupiah. manila – filipin pp 295ribu rupiah🙂

  13. kalo mau promo lbih murah lagi saya saranin coba Cebu maskapai filipin, saya ke korea via filipin cuma kena 375 ribu promo belum termasuk bagasi ya…

  14. sorri mas, rada ketinggalan nih, essilor indonesia itu apa ya? trus knp minta kembalian sisanya…hehehehe maklum msh bingung hehehe…

    • Oh … hhaha bisa baca di tulisan sebelumnya, panjang penjelasannya. Jadi intinya saya menang lomba video yang diselenggarakan oleh Essilor sebesar $1000 untuk tour ke Korea jadi saya minta dibooking tiket pesawat saja dan sisanya kasih ke saya buat uang saku karena saya mau urus sendiri buat liburan ke Korea.

    • Hhaha iya ya? Tapi masalahnya kemarin pas booking garuda diatas 8 juta semua –” Oleh karena itu AA hhehe yg pasti kl masalah tiket mahal banget saya padahal kan kl booking jauh” hari bisa 1,8-3 jutaan (promo) …

  15. 5,5 juta buka promo? Kan sudah saya jelasin kalau itu reguler bukan promo, saya mesennya juga 1 bulanan sebelum keberangkatan.

    Wah 1 juta PP murah banget, kalau ada seperti itu bisa tiap tahun saya ke Korea hhaha tapi 1,8 juta PP bagi saya sudah cukup murah.

  16. promo 5.5 juta mahal donk, kok sya baca ada yg dpt tiket promo cuman 1juta (pp lagi) tp walau tiap hari saya buka email dan dpt eail dari air asia blom pernah sama sekali saya temuin promo yg hanya 500ribu ke korea, saya cek pertanggal dari awal promo sampai akhir promo, kagak nemu juga tuh, paling murah yg saya dapat itu sekali jalan 1.8 juta, kok bisa yah org dpt yg hanya 500ribu, saluteee saya🙂

Leave a Reply

