11 Hari Berpetualang di Korea PART #2 (Persiapan Sebelum ke Korea #2)

Makalah Lost In Korea Saya

Setelah tiket ditangan, saya pun segera membuat semacam makalah yang berjudul Lost In Korea. Makalah tersebut berisi kumpulan tempat wisata yang ingin saya kunjungi dengan dilengkapi informasi mulai dari alamat, jam operasi, tiket masuk, bagaimana cara kesana dan informasi relevan dengan tempat wisata tersebut. Hal ini tentunya akan mempermudahkan saya dalam membuat itinerary.

Jika kalian ingin membuatnya juga maka sumber referensi yang bagus yakni situs VISIT KOREA. Buka english.visitkorea.or.kr lalu klik menu “Destinations by Region”. Tinggal pilih kota mana yang mau kalian kunjungi terus klik dan bakal muncul daftar tempat wisata yang ada di kota tersebut. Kemudian klik tempat wisata yang mau kalian kunjungi ntar akan muncul informasi lengkap mengenai tempat wisata tersebut. Situs tersebut juga berisi daftar tempat wisata drama Korea jadi kita bisa tahu bagaimana ke lokasi drama Korea seperti Boys Before Flowers, Dream High, dan lain lain. Pokoknya sangat berguna bagi kita dalam membuat perencanaan liburan kesana jadi silahkan di explore situsnya. Kalian juga bisa menggunakan “Interactive Map” yang berada pada bar sebelah kanan jika diperlukan untuk mengetahui secara jelas dimana keberadaan tempat wisata yang akan kita kunjungi jika kita sudah berhenti di stasiun subway yang dekat dengan tempat tersebut. Selain itu juga untuk melihat apakah antara tempat wisata yang satu dengan yang lainnya berdekatan atau bisa ditempuh dengan jalan kaki saja tanpa perlu naik subway lagi. Tapi saya jarang pake’ interactive map itu karena bakal lama buat itinerary hhaha

Itinerary Saya

Dan jika kalian mau tahu perkiraan waktu yang ditempuh dari tempat wisata 1 ke tempat wisata 2. Gini caranya, kalian harus punya aplikasi SeoulSubway. Aplikasi tersebut berupa peta interaktif subway Seoul. Dengan aplikasi tersebut kalian bisa tahu berapa lama waktu yang harus ditempuh dari stasiun A ke stasiun B dan kalian juga bisa tahu jalur tercepat untuk sampai kesana dan dimana kalian harus transit. Aplikasi ini bisa dimiliki bagi pengguna Android, i-Phone, Blackberry dan Windows Phone. Untuk pengguna Windows Phone seperti saya, kalian mesti bisa baca hangeul ya karena baru tersedia versi Koreanya tapi untuk hape lainnya insyallah sudah tersedia dalam huruf romawi. Selain itu juga kalian bisa menggunakan Interactive Seoul Subway Map yang bisa diakses secara online di situs VISIT KOREA malahan lebih lengkap dengan disertai berapa biaya subway yang dikeluarkan. Setelah ituperkirain lagi dari tempat wisata A ke stasiun A dan dari stasiun B ke tempat wisata B berapa lama. Kalau saya sih saya pukul rata +5-15 menit hhaha tapi kalau kalian mau lebih konkrit lagi ya gunain “Interactive Map”yang ada di situs VISIT KOREA hhehe O iya jangan lupa juga untuk download dan print peta subwaynya juga.

Kalau kalian ingin lebih detail lagi dalam membuat itinerary biar terencana dan semua tempat yang ingin dikunjungi dapet semua maka mulai dari sekarang kalian harus tentukan durasi per tempat wisata untuk diexplore dengan begitu itinerary kalian akan komplit dan tidak akan ada tempat wisata yang sudah terjadwal bakal terlewatkan. Perlu diingat, kalian jangan terlalu fokus dengan itinerary karena itu hanya sebagai alarm saja jadi jangan buat diri kalian jadi nggak nyaman karena harus menuruti itinerary yang sudah kalian buat. Terkadang rencana tiba-tiba bisa berubah ketika sampai di Korea. Gimana? Sudah bisa kan buat itinerary sendiri? Karena saya ini orangnya sangat baik hhehe maka akan saya sharing makalah dan itinerary buatan saya kemarin, silahkan klik download makalah lost in korea dan download itinerary . Jika diminta password silahkan ketik pl4n3t4lt41r.

Saat asik membuat itinerary saya juga sibuk mengurus visa karena inilah pintu gerbang utama untuk masuk ke Korea. Dalam pembuatan visa saya menggunakan jasa agen travel Holiday Carnival di Palembang karena saya nggak mau repot dan ngeluarin uang banyak buat ke kantor Kedubes Korsel. Kalau di hitung-hitung biaya dari PP dari Palembang – Jakarta sudah berapa. Seandainya saya tinggal di Jakarta maka saya akan mengurusnya sendiri hhehe Tapi berhubung saya berdomisili di Palembang jadi cara ini lebih efektif. Biaya yang saya keluarkan untuk pembuatan visa sebesar Rp550.000 dan visa jadi 2 minggu kemudian. Dan bener kata orang, dag dig dug nunggu visa keluar karena kalau sampai ditolak maka saya bakal rugi bandar hhehe Alhamdulillah visa saya diterima dengan tidak ada kendala apa pun. Tips buat kalian dalam membuat visa yakni usahakan dokumen lengkap, kalau mau tingkat keberhasilan tinggi jangan hanya dokumen wajib (yang disuruh) saja yang dilampirin tapi dokumen yang kira-kira mendukung sertakan jika perlu. Saya ingat ketika memasukan dokumen ke kantor Holiday Carnival, staffnya bilang kalau dokumennya saya lengkap banget hhehe

Untuk mendapatkan visa Korea Selatan sebenarnya cukup mudah seperti apa yang dibicarakan orang-orang asalkan semua persyaratan jelas dan dipenuhi serta jika dipanggil buat wawancara datang maka kemungkinan besar dikabulkan.

Untuk prosedur permohonan visa saya tidak bisa menjelaskan karena melalui agen travel. Tapi tenang saja, banyak kok yang sudah menceritakan pengalamannya di beberapa blog. Sekarang saya hanya akan menjelaskan persyaratan permohonan visa. Disini saya tidak akan memberikan persyaratan visa yang general saja. Jadi bagi pelajar seperti saya, kalian bisa menggunakan persyaratan permohonan visa berikut ini. Saya tahu betapa bingung dan sulitnya mencari informasi persyaratan lengkap buat mengajukan visa khusus pelajar yang masih berada dibawah tanggungan orang tua. Persyaratannya sebagai berikut:

1. Paspor Republik Indonesia (asli) yang masih berlaku minimum enam bulan pada saat keberangkatan dan paspor lama. Bagi yang paspornya masih bersih dari stempel maka jangan takut ditolak, buktinya paspor saya masih kosong hhaha

2. Satu lembar fotokopi paspor (halaman identitas dibagian depan, alamat dibagian belakang dan visa/cap negara-negara yang pernah dikunjungi).

3. Fotokopi KTP, Kartu Pelajar dan akte kelahiran.

4. Formulir aplikasi Visa Korea Selatan yang sudah diisi dengan tulisan yang jelas dan ditanda tangani (dalam bahasa inggris). Formulir bisa didapatkan di kantor Kedubes Korsel atau bisa di download dan print di http://www.idn.mofat.go.kr.

5. Surat keterangan kerja dan fotokopi SIUP tempat bekerja (jika bekerja [ditulis dalam bahasa inggris]) serta NPWP (jika ada). Untuk pelajar usahakan melampirkan surat keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa pemohon visa adalah seorang pelajar aktif di sekolah tersebut dan diizinkan oleh sekolah untuk liburan ke Korea (dalam bahasa inggris) yang ditanda tangani oleh kepala sekolah (pelajar) atau Pembantu Rektor III (mahasiswa).

6. Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi dari bank. Besar tabungan disesuaikan dengan biaya selama periode kunjungan, anggap saja 1 hari di Korea = Rp500.000-1000.000 Namun alangkah bagusnya minimal besar tabungan Rp10-15 juta untuk berlibur satu atau 2 minggu. Bagi pelajar yang masih berada di tanggungan orang tua maka bisa menggunakan rekening koran tabungan orang tuanya atau saudaranya. Kalau saya menggunakan tabungan Cek Yani (Bahasa Palembang: Cek = kakak perempuan) sebagai penjamin. Dalam pembuatan surat referensi bank, minta tolong sama orang bank untuk memasukkan statement kalau yang menjamin akan menanggung biaya hidup pemohon visa selama tinggal di Korea jadi usahakan ada nama kalian ya di surat referensi bank. Jadi kalian nggak perlu repot buat transfer uang dari berbagai sumber ke rekening kalian untuk menambah depositnya hhaha Jangan lupa juga lampiran surat keterangan kerja, slip gaji, dan KTP dari orang menjamin kalian.

7. Slip gaji dan bukti tunjangan pensiun (skip untuk pelajar)

8. Pasfoto berwarna terbaru dengan latar belakang putih berukuran 4×6 dan 4×3 (jika perlu) = 1 lembar.

9. Fotokopi Kartu keluarga.

10. Surat sponsor berbahasa inggris di atas kop surat perusahaan dimana yang bersangkutan bekerja. Bagi pelajar/ mahasiswa, surat sponsor bisa dibuat dari orang yang menjamin biaya hidup kalian yang menyatakan bahwa orang tersebut akan bertanggung jawab terhadap keuangan pemohon visa selama di Korea (tidak perlu dalam bahasa inggris dan tidak menggunakan kop surat). Namun seandainya pada surat referensi di bank dikatakan bahwa saudara A menjamin kalian maka surat jaminan/ sponsor ini tidak dibutuhkan.

11. Print out tiket pesawat PP (jika ada). Ini menjadi persyaratan pendukung biar visa di terima. Jika kalian berangkat ke Korea dari negara lain misal Malaysia maka lampirkan juga tiket pesawat dari Indonesia ke Malaysia.

12. Print out konfirmasi hotel atau tempat penginapan. Ini menjadi persyaratan pendukung dan sebaiknya harus ada karena nantinya juga dibutuhkan dalam mengisi formulir visa.

13. Itinerary atau jadwal perjalanan (jika ada).

14. Jika dalam rangka bisnis, lampirkan surat undangan bisnis (bukti keuangan boleh atas nama perusahaan). Jika kalian punya keluarga di Korea maka dapat melampirkan surat undangan, paspor dan visa dari orang yang bersangkutan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara permohonan Visa Korea Selatan, kalian dapat menghubungi kantor Kedubes Korea Selatan. Persyaratan diatas memang terlalu banyak tapi bisa digunakan jika ingin tingkat keberhasilan tinggi.

661 thoughts on “11 Hari Berpetualang di Korea PART #2 (Persiapan Sebelum ke Korea #2)

  1. Halo.. Salam kenal. Saya browsing tentang perjalanan ke korea dan nemu web ini. 11 hari berpetualang ke korea bikin saya jadi punya gambaran dan sedikit ngayal hehe.
    Kalo boleh, sy request passwordnya, sy ada rencana ke sana dalam waktu dekat ini.
    Makasih untuk ulasannya, dan makasih sebelumnya utk itienary nya.
    Email saya : jovie2natalie@gmail.com

  2. Halo Mas,

    Rencananya saya mau ke korea thn 2016 nnti pas autumn. Bolehkah saya minta makalah lost in korea nya? sekalian itinerary nya juga boleh. Thanks. Info nya berguna sekali.

  3. Hiii, salam kenal ya..
    saya ada rencana tahun depan ke korea.
    Boleh minta dibantu passwordnya untuk itinerary dan Lost in Korea nya?
    trims

  4. Pengalamannya ke Korea kayanya seru banget.. saya juga rencana ke Korea Oktober 2016. kebetulan dapat tiket hrga 500rb 1x jalan.. bisa minta password itinnya? via eamail yah.. makasih sebelumnya

  5. kak…bagus nian ulasannyo….informasinya bagus…
    kak bisa minta passworndnya makalah lost in korea &itinerarynya
    coz rencana insyaallah pertengahan thun depan nak ke korea….secara masi pemula…eheheh
    mokaseh nian sebelumnya kak…
    email : kotorezky.nawati@gmail.com

  6. yeey!! Ini blog terlengkap dan terekspresif yg pernah saya baca. Penulisnya bener2 ga pelit info, terimakasih mbak🙂 Oiya saya jg minta disend passwordnya, bener2 terimakasih sudah begitu menginspirasi…

  7. Halo, boleh info untuk password makalah lost in korea dan itinerarynya? Kebetulan saya rencana berlibur ke korea tanpa travel nih, bingung juga masalah pengajuan visa karna saya domisili di Bali. Mohon info yah kalo ada yang tau travel di Bali yang melayani jasa visa ke Korea. Thanks buat infonya🙂

  8. Halo mas, mau tanya nih
    aku rencana ke korea selatan, summer 2015 ini dengan agenda summer school.
    untuk pembuatan visa tentunya akan mendapat invitation letter dari pihak Inha University.
    nah pertanyaannya, apakah aku harus tetap membuat surat sponsor untuk pengajuan visa? karna aku sudah membuat surat dari pihak universitas yang menyatakan aku mahasiswa serta, rekening korang yang akan aku pakai adalah rekening orang tua ku.
    kedua, mohon password untuk dokumen itinerary dan lost in koreanya dong🙂
    ke email chintamydn@yahoo.com

    terimakasih banyak :))

  9. Saya minggu depan mau ke korea…boleh minta password untuk download makalahnya?makasih banyak yaaa..oh iya satu lagi…cerita ttg korea di blog ini bagus bgt dan kamu baik banget mau berbagi secara gratis..soalnya ada juga yg berbayar ,semoga Alloh membalas kebalikan kamu dgn berbagi dgn yg lain…dan semoga bisa menang lomba jalan2 keluar negeri lainnya lahi yaa…aamiin

  10. Hii..boleh minta passwordnya? n mau tny ..klo sy mau nginep di seoul,..daerah mana yg strategis ya? di dongdaemun, namdaemun,, apa gangnam? yg dkt kmna2 gitu..thanks ya…

  11. Agan kgs.dedi
    informasi nya menarik dan informatif, dan berbaik hati mau kasih makalah dan itin nya, cuman masih di password
    boleh minta dikirim segera ke email lutfi.malik@gmail.com
    saya besok pergi ke korea nya.. trims

  12. Salam kenal mas…. Insya Allah April tahun depan akan ke Korea, kalau boleh minta password lost in Korea dan iteneraryx, makasih

  13. Mas mau dong passwordnya di email lydia_tn@yahoo.com secara mata udah jereng niy melototin android browsing2 soal korea…
    Oya mau tanya di artikel yg sblmnya ada rekomen guesthouse yg 1 gedung dg Hongdae…sy tadiny tertarik di hongdae tp liat2 kok kyknya kasurny keras…hehe klo yg 1 lg yg mas rekomen namanya apa en kelebihannya dimana? En klo uda malem berisik ga ya tempatnya? Maap banyak tny hehe
    Thx before

  14. mas bisa minta password dan ittenarary lost in korea?saya tgl 30 juli mau ke korea 11 hari juga,skalian sama cara subways nya..tq b4

    email:h_12ry@yahoo.com

  15. Annyeonghaseo~
    saya antusias bgt liat tulisan na bagus, lengkap, deatil dan gampang dimengrti.. ^^
    saya sedang mempersiapkan untuk ke Seoul akhir tahun nanti..
    setelah baca banyak blog saia lbh tertarik dengan blok ini.. kalo bisa saia pegen minta pasword untuk itinerary na sama lost in korea na.. boleh kah?? jebalyo ..
    email saia heerin771@yahoo.com .. gomabseubnida

  16. Salam kenal, aku bulan Mei ini juga liburan ke korea, ini aku lagi proses pembuatan visa. Aku noleh minta password “Itinerary sama Makalah Lost in Korea” nya ya mas, kirim k email miitaasyari@yahoo.com thanks before ya🙂 Aku merasa tertolong bgt pas nemu tulisan kamu di google, soalnya aku sempat putus asa mau k korea sendiri😦 sama kayak kamu, aku juga baru bertama kali ninggalin tanah air tercinta ini, hehehe. Jadi agak khawatir, dag dig dug der. Dari tulisan kamu aku bisa banyak belajar dan ngambil informasi, thanks yah ^^

  17. gan mau dunk passwordnya.. ditunggu yah di email seli.wt@gmail.com
    eh yah klo mau ke jeju , perlu masukkin ke itenary ga saat apply visa ? tiket jeju kudu beli dulu sebelum apply visa atau gimana yah ?

  18. hai mas salam kenal.
    lagi blog walking keperluan ke-Korea dan nyampe disini.
    waa boleh dunz minta password itin-nya Mas. (herawati.pis01@gmail.com)

    Terima kasih.

  19. Allow mass,,
    saiia n temaan2 bln feb thn dpn mo ke korea jg lho..
    boleh minta password na??
    tulisan na sangat menarik untuk jadi referensi.
    Makasiih banyaak mass..
    ditunggu yaa,,hehee

  20. Halo, Salam wong kito..

    saya bulan febuari nanti sudah beli tiket ke Korea, rencana waktunya sama seperti kamu, 2 minggu.

    Itenary juga sedang saya buat, kalau gak keberatan boleh gak saya lihat ite punyamu untuk perbandingan?🙂

    Thanks ya,
    huang

  21. halo kak,
    mau tanya, waktu itu pas bikin visa korea pake rekening koran orang tua atau atas nama sendiri ya? soalnya saya masih mahasiswa juga jadinya di rekening saya uangnya juga nggak banyak-banyak amat, hehehe.
    oh iya, mau minta itinerary sama makalahnya boleh?
    email : egishere@gmail.com
    makasih sebelumnya🙂

  22. mas mau nanya lagi nih. Saya juga mau pergi ke Korea dan masih mahasiswa, tapi saya di sponsori sama kakak perempuan saya yg mana udah ga satu Kartu Keluarga lagi karena dia udah menikah. Kira kira selain surat sponsor dr kakak saya dan referensi bank apalagi ya yang dibutuhkan mas?

    terima kasih

  23. mas karna saya masih mahasiswa, jadi yang saya sertakan adalah rekening tabungan orang tua saya yang bakalan mensponsori saya selama di Korea. Nah, apakah perlu disertakan juga keterangan kerja orang tua saya? trus gmn klo ortu saya wiraswasta? atau sebenernya surat sponsor dari ortu saja sudah cukup?

    thanks

  24. Luar biasa saat ketemu blog kaka:)hehee.. Kayak pertanda aja
    Yang asal ny sama-sama dari wong kito galo..😀 jadi enak dong mau bertanya😀 kebetulan ka, rencananya mau liburan ke korea tapi bingung mau pergi sendiri atau pake travel tour . Kalo pergi sendiri takutnya mudah kesesat. Nah udah liat blog kaka sumpah kagum, bisa backpaperan sendiri dgn ongkos yg relatif murah jd pengen backpaperan sendiri hehee:D oi ya ka tlong dong kirimin password bwt masuk lost in korea mau download itnerary ny🙂 ini email aku ka nicanizz_uhu@yahoo.com makasih bwt sebelum dan sesudahnya🙂

  25. thank banget bro sudah share, sangat membantu sekali untuk saya..🙂 rencananya akhir taun mau ksana bareng kluarga, saya sudah download filenya.. boleh saya minta passwordnya ? ini email saya.. zombielandkustom@yahoo.com🙂 thanks dan sukses selalu🙂

  26. sore mas, saya fransisca christy, mas saya dan shbt saya berencana ke korea juga 2014 nanti, backpackeran gitu rencananya,, minta info password utk lost in korea dan iten nya yaa mas.. thx before dan salam kenal🙂🙂

  27. salam kenal mas,,

    boleh minta password buat makalah sama itinerary’y ga?

    tips’y sangat membantu sekali..

    mkasih sebelum’y

  28. halllo mas salam kenal ya..ada keinginan jalan jalan ke kores bln oktober thn depan,,lg tunggu promo nya AA …. kalo bole minta pasword nya jg ya mas…email ke zoicej@yahoo.com
    sebelomnya terima kasih mas….

  29. Salam, ai lengkap nian ulasannyo, kance. Kalu pacak bolela tubuk minta makalah samo itinerary tu, insya Allah nak bejalan pulo kesano, atas galo bantuan mokase nian.

  30. tulisannya menarik.. lumayan untuk bahan masukkan sebelum menginjakkan kaki di korea.😀
    boleh saya minta password dan itinnya. terimakasih sebelumnya.😀

      • terimakasih passwordnya, sudah saya terima. pastiiiii membantu kok.
        tulisannya bener2 menariiik.. enak dibaca, dan bikin penasaran pengen baca kelanjutannya.. saya tunggu kelanjutan tulisannya. sekali lagi terimakasih. salam kenal. ^_^

  31. halo bang , anyeonghaseyo, salam kenal ya😀
    akhir bulan ini ak mau ke korea nih sama temenku
    sbenernya dalam rangka summer school di inha university
    berhubung kami beli tiketnya waktu promo (kami pesen tiket sbelum tanggal resmi summer school di umumkan, dengan segala peramlan dan perhitungan dipake –eh ternyata bleset 1 mggu )
    alhasil kita dateng lbih awal 1 minggu dan reschedule tiket 1 mggu untk pulangnya.
    haha

    boleh dong bang d bagi proposalnya ( buat referensi juga )
    ini br mau apllly visa , doakan bang !!😀

    • Oke salam kenal juga😀
      Ohh summer school ya, asik dong hhehe Wah kayaknya ngk sabaran sampe dipercepet satu minggu😛
      Boleh dong, cek emailnya sudah saya kirim dan semoga membantu untuk mengisi waktu luang sblm summer schoolnya.

  32. mas, saya minta password nya dong . kirim ke email saya : tikadudud@gmail.com

    aku mau pergi ke korea Insya Allah 2015 . punya tmen juga disana yg tinggal di Gangnam . saya tau cara urus visa . tapi saya ga punya Akte kelahiran, karna dlu mamah ga ngurusin . jadi nya ga punya . kira2 bisa ga ya ga pake Akte kelahiran ?

    terus kalo disana emng bisa aktif kalo pake provider Indonesia ?

    kalo soal money charger itu kita musti tuker dollar dulu di Indonesia . trus baru tuker Dollar ke Won di bandara incheon ya ?
    maaf kebanyakan nanya . info nya bermanfaat banget !! thank you >,<

    • Sent!

      Untuk urusan akte kelahiran saya kurang tahu boleh nggk kalau nggak ada, untuk itu coba langsung tanya kedubesnya. Saran saya dilampirin. Bisa kok diurus skrg untuk akte kelahiran, saya buat akte kelahiran yang baru 2010 kemarin. Saya minta tolong sama ibu saya ngurusnya dan skrg saya sudah punya akte kelahiran. Lagian 2015 masih lama kan hhehe akte kelahiran juga nantinya berguna kok bukan cuma untuk visa saja.

      Bisa aktif tapi kalau dipake’ buat telpon, sms, dll nyedot pulsanya mahal.

      Iya enakan beli dollar di Indonesia, soalnya rate dollar ke won lebih tinggi dibanding Indonesia. Kalau mau lebih tinggi ratenya tuker di tempat yang sudah saya kasih tahu di postingan. Tapi kalau mau tuker di bandara Incheon juga nggak apa2 tapi secukupnya saja sisanya pas sudah sampe di Seoul.

      Never mind
      Bagus kalau emang membantu …

    • Sent!

      Untuk urusan akte kelahiran saya kurang tahu boleh nggk kalau nggak ada, untuk itu coba langsung tanya kedubesnya. Saran saya dilampirin. Bisa kok diurus skrg untuk akte kelahiran, saya buat akte kelahiran yang baru 2010 kemarin. Saya minta tolong sama ibu saya ngurusnya dan skrg saya sudah punya akte kelahiran. Lagian 2015 masih lama kan hhehe akte kelahiran juga nantinya berguna kok bukan cuma untuk visa saja.

      Bisa aktif tapi kalau dipake’ buat telpon, sms, dll nyedot pulsanya mahal.

      Iya enakan beli dollar di Indonesia, soalnya rate dollar ke won lebih tinggi dibanding Indonesia. Kalau mau lebih tinggi ratenya tuker di tempat yang sudah saya kasih tahu di postingan. Tapi kalau mau tuker di bandara Incheon juga nggak apa2 tapi secukupnya saja sisanya pas sudah sampe di Seoul.

      Never mind😀
      Bagus kalau emang membantu …

  33. Hallo , saya juga mau dong mintak paswrd lost in korea sam itinerary..
    Makasi..

    Ooh iya sy mau tny , th dpn sy rencana ada niat buat ke korea selatan ..
    Untk lish pengeluaran tiket masuk ke tempat” wisatanya ada ngak ? Tlng infonya ya .. Makasi

  34. halo mas, kebetulan september 2013 ini mau ke korea selatan,,

    setelah baca artikel ini ternyata sangat bermanfaat sekali buat trip saya yang kebetulan jumlah harinya juga sama, 10-11 hari..

    Minta ijin download dan minta passw nya ya mas.. email saya = yanu.sumba@gmail.com
    gomawoo…:)

  35. Mas, saya sdh punya tiket ke korea untuk tgl 13 Februari – 21 Februari 2014. Dengan jadwal spt itu berarti saya akan mengalami musim dingin ya? Ada tips untuk wisata musim dingin ga? Saya minta password makalah n itinerary-nya ya.. Tolong passwordnya dikirim ke alamat email: tri3_firandari@yahoo.com. Thank u so much before.. Salam kenal.

  36. Mas, bolehkah saya meminta password untuk makalah dan itinerary nya? Email saya alifiapuspa(at)gmail(dot)com. Matur nuwun😀

  37. Annyonghaseyo…
    Saya ada rencana mau ke korea, mungkin musim gugur ini. bisa bagi-bagi passowrdnya donk…n klo boleh sekalian Nama-nama motel yang murah meriah gitu…thanks your help before guys.

    • Oke passwordnya sudah saya kirim.
      Untuk nama2 guesthouse yang murah belum saya buat listnya, tapi coba kamu beli buku jalan-jalan ke Koreanya dari Claudia Kaunang, disitu ada informasi seperti itu …

  38. Mas, saya mau bawa adek saya ke korea. dy uda lulus kuliah tp belum bekerja, jdnya surat sponsornya atas nama saya ya? bisa kasih liat ga contoh surat sponsor dalam bahasa inggrisnya.. mau nyontek😀
    thanks

  39. maaf mas.. saya mau minta password untuk itinerary dan makalahnya..
    ini alamat email saya : kurochi_kkaebi@yahoo.com

    o ya ada juga yang mau saya tanyakan..
    kalau untuk apply visa dilampirkan print booking hotel.. nah kalau misalnya melalui couchsurfing gimana ya?? saya soalnya tinggal di hotel juga surfing di rumah host koreanya..

    terima kasih sebelumnya.. ^^

  40. mas , dulu kamu buat visa itu pake passport yg berapa halaman ya? aku mau buat visa pake passport yg 24 halaman kok kata petugas imigrasi di tempatku g bisa ya :”’

  41. postingannya bener2 bermanfaat. saya jg wong palembang dan ternyata kita satu univ. (just info. *hihi)

    saya juga punya keinginan utk liburan ke korea, tp lagi2 budget yang jd masalah, secara saya msh jadi tanggungan orang tua. gak berani kalo hrs minta uang berjut-jut untuk liburan doang.

    kalo boleh, saya mw minta tlong di send psswrdnya ke email saya: berlinda.mauliana@yahoo.com

    sekalian saya jg pengen tanya2 tentang self traveler via email. kali2 aja kan bisa ke korea bareng2. Amin. (*ngarep)

    trimakasih sebelumnya. saya bakal menunggu postingan2 selanjutnya. ^^
    salam kenal. ^_^

    • Oke makasih😀
      Ohhh haha jurusan dan angkatan brp?
      Bener itu, tp kalau memang berkeinginan kesana bisa nyicil tabungannya …
      Oke sudah kirim kok silahkan cek emailnya …

      Silahkan saja kalau mau tanya-tanya … hahaha oke oke😀
      Sippp, maaf ya rada molor terus lanjutannya karena situasi yg ngk memungkinkan — dan salam kenal juga

      • saya jurusan akuntansi angkatan ’11, tp saya lulusan dari D3. jd ngelanjut ke S1. hihi..
        ohya. makasih passwordnya, sudah saya terima..^_^
        kira2 ada keinginan mau kekorea lagi gak tahun depan? soalnya tahun depan saya ada keinginan utk jalan2 ke korea. tapi ini lagi proses nabung sih dan nyari tiket murah. kali aja kita bisa join bareng2 dari palembang. hihihi..

        • Ohhh jd ngelanjutin di unsri bukit ya, sippp …

          Msh belum tahu tp skrg jg mau nabung, maunya 2 bulan di Korea tapi ada rasa mau nyoba ke Jepang hhaha
          Sippp …

  42. Halo Mas Dedi
    Saya rencana ke Seoul agustus ini, boleh tau paswordnya ke alamat email saya sandra_indra@yahoo.com, saya juga masih bingung soal transport disana, juga apa boleh dikirimin itinerary Mas Dedi, saya jg mau nanya2 soal KR Pass… Makasih banyak atas blog yg informative ini dan jawabaln emailnya. Salam

  43. Halo Dedi.. thanks ya blog nya membantu and lengkap banget..
    Kalo soal beli sim card prabayar di korea gimana ya??
    Oya, minta passwordnya juga dong..
    Kamsahamnida..

    • Wokeee syukurlah kalau membantu😀
      Wah kalau beli simcard disana nggak kayak di Indonesia yang cuma dateng ke counter terus beli simcard. Disana kalau mau beli simcard ribet.
      Oke sudah kirim silahkan cek emailnya.

  44. Mas, saya ga paham sm syarat visa yg: “Surat sponsor berbahasa inggris di atas kop surat perusahaan dimana yang bersangkutan bekerja”. Ini mksdny gmn y? Isi suratnya apa? Ini minta dibikinin oleh kantor tempat kita kerja y?

    • Iya saya kmrn juga pas libur kuliah.
      Sebenernya tanpa itu juga nggak apa2 kok, tapi kmrn saya hanya takut saja visa saya ditolak jadi saya usahakan gimana agar dokumen saya lengkap.
      Oke sudah saya kirim passwordnya.

  45. Setelah baca tulisan ini saya semakin yakin untuk mengejar impian pergi ke korea,oh iya kalau mau mengajukan visa padahal saya baru lulus SMA dan belum kuliah gimana ya???

  46. Mas, bisa tolong kirim passwordnya ke email saya asviapd@yahoo.com
    Saya juga ada rencana ke korea thn depan… saya lagi ngumpulin info sebanyak2nya soal korea… hehehe…
    Masnya mampir ke jejudo juga ngga?
    makasih sebelumnya…

    • Oke sended!
      Nggak kok gampang juga, Korea cocok buat solo traveler baik cowok maupun cewek.
      Alhamdulillah kemarin saya nggak ditanya apa”, langsung dipersilahkan meninggalkan imigrasi hhehe

  47. Kak…makasih banyak ya pass nya..keren bgt itinerary nya..btw selama disana pernah pake kartu kredit g kak? kalo belanja di myeongdong underground shopping mall gitu semua toko bisa gesek g ya ? apa kena charge ?

    makasiih

    • Iya sama-sama😀 Makasih pujiannya hhehe
      Saya nggak ada credit card. Setahu saya kalau di myeongdong underground shopping mall banyak juga toko yang punya tempat gesek tapi ada juga yang nggak ada. Kalau kena charge ya pasti dong hhehe

  48. Mas, mau nanya..pas di Korea, ngomongnya pake bahasa apa? denger2 orang Korea jarang ada yang bisa bahasa English maupun Mandarin..apalagi Mas tinggal di rumah penduduk Korea, gimana komunikasinya?

    • Pake’ bahasa inggris dan bahasa tubuh hhehe
      Iya bener mereka banyak nggak bisa ngmng english tapi walau begitu mereka kadang ngerti kok maksud kita apa melalui bahasa tubuh. Selama di Korea, komunikasi bukan kendala bagi saya hhehe
      Kalau host saya bisa english kok terutama Shin Son. Tapi kalau Kim Dong Hyeon lumayan englishnya kecuali keluarganya nggak bisa jadi kalau komunikasi pake’ bahasa tubuh dan masing-masing pake’ fasilitas translator di hape dan saling tunjukin artinya hhaha

  49. Hallo, met sore, bagus bangeeet blog nya, Juli ini rencana mau ke Korea selama 6 hr n tiket ud di tangan, bisa minta makalah n itinerary nya, terima kasih banyaaaak

    • Wah kalau urusan itu saya kagak tahu hhaha enakan cewek Indonesia mas, lebih original dari pada Korea bnyk permak hhehe
      Susah atau nggak ya pasti susah mas soalnya ini udah urusan beda kebangsaan jadi banyak yang harus diurus.

    • Ya otomatis tiket hangus kalau sampai pada hari H mau berangkat ke Korea visa belum ada atau ditolak. Untuk itu sebaiknya sebulan sebelum berangkat visa sudah diajukan jadi ketika ditolak, selang beberapa hari kita ajukan kembali.
      Tiketnya ngk bisa direfund si umumnya tapi tergantung dari kebijakan maskapainya apakah bisa dirubah jadwal penerbangan, kalau bisa pasti kena charge. Tapi kalau tiketnya tiket promo ya kayaknya nggak bisa.

  50. hai,tks bgt yah infonya.sangat membantu.bisa minta tlg kirimkan makalah dan itinerary nya. ditunggu loh….smoga kebaikannya di balas oleh Tuhan YME.Amin

  51. Situsnya bagus nieh buat info Korea Tour Kak , saya ada niat berkunjung ke Korea thl 5 jan 13 , tadi lagi nyari2 panduan kesana, boleh dong minta passwordnya, thanks sebelumnya dah membantu… 😃😄😄

    • Boleh sended!

      Budget selama disana ALL IN diluar tiket PP dan shopping, Rp3 juta😀

      Tergantung si tujuan wisatanya kemana, kalau cuma di Seoul atau Busan saja dan gaya hidup buat travellingnya standar dan nyaman 2-2,5 juta cukup. Tapi kalau ala backpacker 1-1,5 juta bisa😀

    • Yang asli kalau itu kamu booking lewat internet kan biasanya dikasih print out biar bisa di print. Tapi kalau kamu belinya di agen travel dimana dia ngasih cuma ssatu ya fhoto kopi saja terus minta cap dari agen traveler tersebut (legalisir) untuk menjamin keasliannya😀

  52. Untuk pelajar usahakan melampirkan surat keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa pemohon visa adalah seorang pelajar aktif di sekolah tersebut dan diizinkan oleh sekolah untuk liburan ke Korea (dalam bahasa inggris) yang ditanda tangani oleh kepala sekolah (pelajar)

    Kalo surat keterangan dari sekolah (pelajar) kalo gak ada gak papa kan yah?

  53. Hallo… saya pernah baca untuk apply visa korea harus menyertakan laporan SPT tahunan dan bukti pembayaran SPT PPh-21.
    Itu SPT pribadi atau punya perusahaan? Soalnya ada beberapa perusahaan mungkin termasuk perusahaan saya, untuk meminjam SIUP atau SPT itu tidaka akan diperbolehkan, boleh ngga ya kalo kita pakai SPT punya kita pribadi? Terimakasih….

    • Maaf telat bales,
      Kalau nggak salah bisa SPT perusahaan maupun pribadi #CMIIW Jadi kalau emang udah izin minjem tp ngk dibolehiin ya sudah apa boleh buat pakai SPT pribadi saja …

      Good luck ya😀

  54. Dapat blog ini dari facebooknya mbak Claudia Kaunang nih.. Seru juga ceritanya untuk dapetin tiket ke koreanya. Aku juga sedang membuat itenary untuk ke korea tahun depan..
    Kebetulan aku juga baru download makalah LOST in Korea dan Itenary nya,,
    Mohon ijin untuk minta password membuka kedua file tersebut..dapat dikirim ke email noahxist@yahoo.com

  55. Hai, saya ada rencana juni 13 ke korsel, bawa anak kecil 2, kira kira bisa enjoy ga ya? Boleh minta password utk intinerary n makalahnya? Thanks ya…

  56. Boleh minta passwordnya ga? bisa di email ke c_li_blue@yahoo.com
    Saya rencana ke korea taun depan, ini lagi sering2 browsing soal cara2 aplikasi visa. Mau tanya, saya ga punya NPWP, tapi saya sudah bekerja. Kalau soal tabungan dan surat referensi dari perusahaan sih bisa saya usahakan, cuma NPWP ini yang saya ga punya..
    ditunggu balasannya.. Thanks~🙂

    • Boleh silahkan cek email sudah dikirim.

      Bagus itu, moga lolos ya visanya. Kalau soal npwp kayaknya nggak apa” … biar lebih jelas calling kedubes saja. Nomor telepon kantornya: (021) 29923030.

      Good luck!!!

  57. Halo salam kenal, boleh minta password untuk itinerary dan majalah lost in korea nya nggak? Mau ada rencana ke korea hehehe.

  58. Hallo boleh request password untuk itinerary nya gaaak email saya
    bonekabagong.muter@gmail.com. Uang di bank kalau cuman 10 juta cukup gak sih ?
    Dan misalnya current balance di bank reference sama account statement beda sedikit gimana soalnya belum update paling akhir…Hehe takut banget nih susah mau nge apply visa ke koreaaa karena bank statement nya..

    • Boleh, cek email sudah saya kirim …

      Hmm cukup” saja sih asal persyaratan lainnya terpenuhi dan balance dengan berapa hari stay disana.

      Kalau bisa si updatean terbaru dan sama kalau emang ada waktu luang buat ngurus lagi hhehe tapi kalau emang ngk bisa ngurus karena nggak ada waktu ya sudah keep going kayaknya ngk masalah #CMIIW

    • Hmmm kayaknya boleh Pak tapi untuk lebih jelasnya silahkan hubungi Kedubes Koreanya, ini nomot telepon kantornya: (021) 29923030.

      Untuk passwordnya sudah saya kirim Pak, makasih …

  59. mupeng berad baca – baca blog dikau…. copas cara2nya yah…. soo nice info gan….. py ym?? mau tanya 2 total budged ke negara gingseng…..

    • Hhaha silahkan saja di copas caranya🙂
      YM? Hmm jarang online hhehe lewat twitter saja @Kgs_Dedi
      Untuk total biaya kemarin 3 Juta ALL IN (di luar airline ticket).

      Ohh iya passwordnya sudah dikirim, silahkan dicek.

  60. wes, makasi mas sharingny, kbetulan saya mau brangkat rencana taun depan, jadi kepingin bikin juga ni lost in the middle of nowhere nya versi saya, hehe, beda sama mas, saya pergi ke korea krn emang gara gara termehe mehe liat pelmnya, jadi pengennya sih wisata tempat syuting film, btw, boleh minta password buat itinerary sama makalah nya mas?? tertarik banget nih… bisa dikirim ke boocatndut@gmail.com

    • Iya sama”, baguslah kalau membantu. Ayo” dibuat makalah versi mu sebelum berangkat hhehe
      Wah kayaknya K-Drama maniak ni hhehe
      Silahkan cek email, udah dikirim.
      Good luck!!!

    • Silahkan cek email.

      Untuk cara naik subway emang belum saya post, masih dalam pengeditan. Saya usahain minggu ini atau paling lambat minggu depan sudah akan saya post di blog.
      Good luck buat ke Koreanya.

      Terima kasih.

  61. gila saya bingung banget mas. tiket udah punya PP tapi masalahnya kunjungan saya selama 40harian, meski saya budget traveller tapi saya bingung saja. bagaimana nasib visa saya nanti. ????

    • Untuk masalah visa ya caranya biar diapproved harus menunjukkan bukti tabungan dengan deposit besar dan semua syarat lengkap terutama surat dari tempat mas kerja yang menyatakan kalau mas tidak akan jadi TKI dan bakal kembali ke Indoneaia. Lumayan 40 hari itu hhehe O iya, kalau ngk salah sebelum 30 hari disana, mas wajib melapor ke kedubes indonesiannya yg ada di Korea.

      Good luck!

  62. Hai..
    Tipsnya berguna banget, untung sempet baca ini sebelum apply.
    Minggu depan mau apply, takut banget kalo sampe di tolak huhuhu.
    Harus yakin dan tetap smangat. Doakan saya yah🙂

  63. Iya lumayan repot.

    Wah kalau layanan haji dan umroh nggak bisa, pengalaman pernah nyasar ke layanan tersebut dan mereka menolak langsung hhaha berarti kamu harus mengurus sendiri ke Jakarta.

    Wah kalau soal surat izin dari tempat kuliah mudah, tinggal ke PD III terus minta surat izin untuk direkomendasikan ke Pembantu Rektor III dalam hal membuat visa ke luar negeri. Lalu temui saja PR III nya. Ntar diarahkan🙂

  64. waahhh.. repot juga ya buat visa..
    jangankan visa, pasport saja tidak punya.. hahaha
    dan terlebih lagi di kota tempat saya tinggal, Jember (setahu saya) tidak ada agen trevel ke luar negeri.. adanya mungkin hanya ke dalam negeri dan layanan haji dan umroh.. (apakah itu bisa digunakan?)

    terlebih lagi, setelah baca persyaratan permohonan visa (khususnya di bagian surat ijin dari tempat kuliah) nyali saya menjadi ciut.. semangat saya jadi menyusut..
    saya ragu, apakah saya bisa dapat dan diijikan oleh tempat kuliah saya??
    hiks hiks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s