11 Hari Berpetualang di Korea PART #2 (Persiapan Sebelum ke Korea #3)

Akhirnya tulisan terakhir mengenai persiapan saya sebelum ke Korea selesai juga. Bener-bener nggak sabar buat cerita mengenai petualangan saya di Korea untuk postingan selanjutnya. Sekarang saya akan membahas masalah akomodasi. Akomodasi adalah hal yang harus sudah dipersiapkan sebelumnya. Kalau nggak dipersiapkan maka kita pasti bakal mengalami kesulitan ketika sudah tiba di Korea karena takutnya banyak penginapan yang sudah full booked. Oleh karena itu kalau planningnya bakal nginep di hotel atau guesthouse atau malah motel hhehe maka di booked dulu terutama untuk hari pertama. Untuk hari selanjutnya kan bisa diurus atau dicari di hari pertama tiba.

Kamar saya di Ann Guesthouse tipe “Dormitory Room”

Mungkin kalian setuju dengan pendapat saya kalau akomodasi adalah hal yang paling memberatkan ketika mau travelling. Akomodasi itu bikin kantong kering terutama yang hanya memiliki uas pas-pasan seperti saya hhaha Di Korea saja rata-rata harga penginapan yang paling murah dan nyaman adalah 20000 Won per malam, itu guesthouse tipe dormitory room. Kalau kalian mau yang lebih murah lagi ada yang seharga 14000 Won per malam di Windroad & Flowers Guesthouse dekat Sunkyungkwan University tapi saya sarankan kalau bisa nggak usah milih yang satu ini karena saya sudah pernah sekali nyobanya dan nggak nyaman banget dan akan saya certain kondisi guesthousenya di hari saya menginap di lain postingan. Untuk mencari hotel atau guesthouse di Korea, kalian bisa menggunakan situs Agoda dan melakukan booking di situs tersebut langsung. Selain itu juga kalian bisa booking via situs guesthousenya sendiri. Pembayarannya bisa menggunakan credit card. Dan credit card ini lah yang buat saya jadi pusing buat reservasi guesthouse karena keluarga saya nggak lagi pake’ credit card. Hal hasil saya harus mencari cara lain buat dapet penginapan untuk hari pertama saja.

Sebelumnya mungkin kalian pernah denger Hongdae Gueshouse? Dibandingkan dengan HG mending kalian nginep di Ann Gueshouse saja yang lokasinya satu gedung apartment dengan HG. Harganya sama tapi jauh lebih nyaman dibandingkan HG. Ntar saya certain lebih lanjut juga di lain postingan di hari saya menginap.

Ketika saya sedang sibuk mencari penginapan, saya mampir ke Gramedia dengan maksud membaca buku travelling gratisan buat bahan referensi hhaha Disana ada buku yang menarik untuk dibaca yaitu “Bujet Pas-pasan Keliling Korea 60 Hari? Bisa!”. Hmm 60 Hari? Habis uang berapa ya hhaha Baru sekilas saya membaca, saya menemukan hal menarik. Ternyata orang itu memanfaatkan situs “hospitalityclub.org” yang merupakan organisasi jaringan silaturahmi internasional berbasis situs web terbesar di dunia dengan anggota yang tersebar di 226 negara dimana anggotanya menggunakan  situs sebagai media untuk mencari dan bertukar akomodasi. Kita tidak hanya mendapatkan akomodasi gratis tapi juga bisa merasakan homestay dengan penduduk lokal dan bertukar cerita. Menarik bukan? Tanpa basa basi, saya pun segera registrasi di hospitalityclub.org tapi ternyata sulit banget jadi anggota situs tersebut. Buktinya sampai sekarang belum juga akun saya mendapat acc dan diaktifkan sejak registrasi di akhir Mei.

Selain hospitalityclub.org, ada juga situs serupa yang juga tidak kalah terkenalnya yakni couchsurfing.org (disingkat CS). Misi dari situs ini juga sama dengan hospitalityclub.org tapi sayangnya anggota yang berasal dari negara Korea terbilang lebih sedikit dibandingkan hospitalityclub.org. Kemudian saya langsung mendaftar di CS dan sempat hopeless karena dimintai untuk membayar biaya sukarela dan biaya lainnya untuk mengaktifkan akun tersebut via credit card atau paypal. Setelah mendapatkan informasi dari blog yang membahas mengenai CS, saya jadi lega karena kita bisa menskip urusan bayar membayar itu. Tujuan dari pembayaran tersebut semata-mata untuk mendapatkan verifikasi dari situs tersebut atau membuat akun kita jadi lebih valid dan terpercaya. Namun tanpa itu semua kita tetep bisa kok surf (mencari akomodasi) atau ngehost (memberikan akomodasi).

Saya yakin kalian akan bertanya, apakah aman jika menginap di tempat orang yang tidak kita kenal? Saya susah buat ngejawab. Saya juga dag dig dug takut terjadi apa-apa tapi kalau tidak di coba, kita tidak akan pernah tahu. Keluarga saya sibuk menghubungi saya ketika lagi menginap di rumah orang korea yang merupakan anggota CS karena takut saya diapa-apain hhaha tapi Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa malahan saya mendapatkan pengalaman yang tak terduga. Jika kalian masih takut juga maka saya kasih tips dalam memilih host. Pertama, carilah host yang memiliki banyak referensi atau pengalaman pernah menghost sebelumnya. Kedua, carilah host yang memiliki banyak teman. Ketiga, carilah host dengan melihat profilenya yang jelas dan bisa dipercaya. Keempat, carilah host dengan melihat profesinya misalnya seorang guru. Kelima, carilah host yang sudah lama bergabung di situs tersebut. Kalau dirasa susah mencari anggota dengan pencarian seperti itu maka cukup dengan melihat profilenya yang meyakinkan (not recommended kalau cara ini hhehe).

Lalu bagaimana biar permintaan host kita diterima? Kalian harus ciptakan profile sedetail dan sebagus mungkin biar bisa dipercaya dan juga buatlah request host semenarik mungkin. Ketika request kalian ditolak jangan nyerah, coba terus seperti saya yang sudah berapa kali ditolak hhaha Sebenarnya saya memiliki planning buat mencoba homestay sebelum tahu CS ini malahan saya sudah daftar dan request homestay. Situs yang sudah sangat terkenal adalah homestaykorea.com dengan harga menginap mulai dari 20000 Won. Tapi untung nggak jadi hhehe

Foto saya bersama dengan keluarga Kim Dong Hyeon yang juga anggota CS

Alhamdulillah selama di Korea saya di jamu oleh 3 host, sebenarnya si 4 host tapi saya lupa kalau punya host satu lagi hhaha tambahan 1 host lagi dari teman saya ketika di Yeosu. Jika seandainya saya nggak lupa sama host satunya lagi maka selama saya di Korea saya tidak akan mengeluarkan biaya untuk membayar penginapan hhehe Berikut skema akomodasi saya selama 10 malam di Korea. Untuk malam pertama dan kedua di Seoul, saya menginap di apartment Shin Shon. Malam ketiga di Busan menginap di keluarga Kim Dong Hyeon, Malam keempat dan kelima di Yeosu menginap di apartment teman saya, Satriya. Malam keenam, ketujuh dan kedelapan di Seoul seharusnya saya menginap di rumah Gene Lin tapi malah menginap di Ann Guesthouse dan Hongdae Guesthouse. Saya baru di kontak lagi sama Gene Lin di malam kedelapan, dia message apakah saya jadi datang? Wah sontak saya merasa bodoh banget, kenapa saya bisa melupakan dia. Malam kesembilan saya menginap di apartment Lauren Cyrer yang berasal dari USA yang bekerja di Korea. Malam terakhir seharusnya saya masih menginap dengan Lauren Cyrer tapi saya batalkan karena nggak nyaman nginep dengan seorang perempuan yang tinggal sendirian di apartment. Untung saja pada malam kesembilan tidak terjadi apa-apa hhaha tapi jujur Lauren itu baik kok dan dia juga sudah memiliki banyak pengalaman dalam menghost orang. Hal hasil untuk malam terakhir saya menginap di Windroad & Flowers Guesthouse. Masalah akomodasi selesai!!!

Gimana tertarik untuk mencoba CS? Selain menghemat biaya travelling karena tak perlu membayar penginapan dan sering dikasih makan gratis, kita juga bisa merasakan tinggal bersama orang lokal dan saling bertukar cerita. Tapi perlu dicatat, sudah menumpang gratis kita harus tahu adat ya sebagai orang Indonesia. Bantulah apa yang bisa dibantu, misalnya habis makan kalian bisa menawarkan diri untuk cuci piring walau kebanyakan orang Korea akan menolak. Tak lupa untuk membawa souvenir khas dari Indonesia untuk mereka sebagai ucapan terima kasih. Saya kemarin cukup bingung mau ngasih apa buat host nanti dan pada akhirnya saya beli tanjak saja seharga Rp50.000, gantungan kunci tanjak dan gantungan kunci pengantin khas Palembang.

Jika kalian ingin pergi ke Busan atau Jeonju dengan transportasi gratis baik single trip atau roundtrip maka kalian bisa mencoba Free Shuttle Bus yang dipersiapkan oleh pemerintah Korea dalam kampanye visit Korea 2010-2012. Caranya cukup mudah kok, tinggal lengkapi saja formulir onlinenya di english.visitkoreayear.com. Di situs tersebut juga kalian bisa mendapatkan kupon diskon dari beberapa store di Korea seperti Lotte Department Store, Skin Care, Roti Boy, dan lain-lain. Saya pun memakai Free Shuttle Bus untuk menekan biaya travelling. Tapi sayangnya untuk tahun 2013 entah masih ada atau tidak.

Sebelum pergi ke Korea, saya sarankan kalian belajar membaca hangeul (abjad Korea) karena akan sangat mempermudah kalian dalam banyak hal misalnya membaca jalur yang dilalui oleh bus karena biasanya di tulis dengan hangeul. Ketika pergi ke Gyeonggi English Village di Paju bener-bener membantu. Biasanyakan setiap platform halte bus stop di tulis dengan hangeul dan bahasa inggris tetapi hanya di tulis dengan hanguel saja. Di Yeosu juga seperti itu, malah kebanyakan dalam hangeul semua hhaha Selain itu juga percakapan sederhana dibutuhkan seperti terima kasih, dimana, berapa, dan lain-lain. Jika kalian berbicara bahasa Korea walau hanya sekadar mengucapkan terima kasih, orang Korea pasti senang.

Kalian sebaiknya juga belajar menggunakan transportasi seperti Taxi, Bus dan Subway, membaca peta bus dan subway, menggunakan dan mengisi deposit T-Money dari situs VISIT KOREA dan youtube. Jadi kan ketika mau naik taxi, subway atau bus, kita jadi nggak bengong terlalu lama hhaha Tapi tenang, saya akan menjelaskan hal tersebut pelan-pelan di postingan berikutnya, hari dimana saya diajari oleh Shin Son menggunakan subway dan bus. Ternyata mudah banget kok caranya. Ohhh iya, saya sarankan untuk membeli T-Money yakni kartu multifungsi yang juga berfungsi sebagai alat transaksi untuk transportasi seperti subway, bus dan taxi karena mempermudah banget.

Untuk umat muslim seperti saya, saya sarankan untuk mencari informasi mengenai spot makanan halal dan makanan Korea apa yang halal untuk dimakan terutama jika kalian orang yang ingin travelling hemat. Ternyata bener kata orang-orang, nyari makanan halal di Korea lumayan sulit. Mungkin kalian sudah tahu kalau makanan halal bisa kita cari di Itaewon. Tapi apakah kalian akan ke Itaewon setiap kali kalian lapar dan apakah di luar kota Seoul juga ada Itaewon? Tentu tidak kan. Untuk itu carilah informasi terutama makanan korea yang halal untuk dimakan. Kalau kalian kaya, bisa langsung ke restoran seafood tapi kalau nggak, jangan coba-coba soalnya harganya rata-rata mahal. Kemarin saja saya makan di restoran seafood sekitar hongdae seharga 11000 Won namanya JJusae.

Haemul Bokkeumbab

Sebelum berangkat ke Korea, saya juga sudah mempersiapkan ucapan bahwa saya tidak bisa makan daging jadi tolong berikan saya makanan yang hanya mengandung seafood tapi itu tidak cukup membantu. Kebanyakan rumah makan akan bilang bahwa tidak ada makanan seperti itu disini. Kalaupun ada, saya rada ngeri dengan harganya karena takutnya mahal hhaha Jadi menyesal kenapa nggak cari info makanan halal Korea sebelumnya. Alhamdulillah saya menemukan makanan halal Korea yang sebenarnya rada susah ditemukan hhaha namanya “haemul bokkeumbab”. Makanan itu adalah nasi goreng kunyit yang dicampur dengan seafood. Dan harganya dari 4500-6000 Won. Haemul Bokkeumbab ini pertama kali dimakan pas ke Yeosu, Brian temannya Satriya la yang ngenalin makanan ini malah saya ditraktir sama cowok asal Kenya itu. Jujur sebelum ke Korea saya sudah berniat bakal hajar makanan disana walau mengandung babi sekalipun karena masa bodoh sudah di Korea kok malah nggak makan masakan Korea sepuasnya hhaha Tapi hati ini selalu menolak dan memberikan sugesti untuk tidak makan-makanan seperti itu. Dan ketika pulang ke Indonesia, saya malah sedikit menyesal kenapa terlalu protektif masalah makanan. Saya saja berani nyobain jimjilbang yang sebenarnya umat islam nggak boleh buka aurat walaupun sesama jenis tapi nyobain makanan yang antara haram atau tidak saja tidak berani hhaha #jangan ditiru perbuatan yang nggak bener ini wkwkwk

Lalu bagaimana cara meminta makanan halal? Caranya mudah ngomong atau tunjukin saja tulisan berikut ini sama rumah makannya “해물은 들어가는 음식만 주세요 (tolong berikan saya makanan yang hanya mengandung seafood). 제가 이스람 이라서 댸지고기와 소고기를 몾먹어요 (saya tidak makan daging babi dan daging sapi), 딱고기도몾먹어요 (saya juga tidak makan daging ayam)”dan kalau mau tanya ada Haemul Bokkeumbab nggak tinggal ngomong atau tunjukin saja tulisan ini “혹시 햬물 볶음밥 있어요? (ada haemul bokkeumbab?)”.

Dollar dan Won saya

Tak lupa juga saya mempersiapkan sejumlah mata uang Korea yakni won sebagai pegangan. Saya sarankan untuk tidak menukarnya di Indonesia tapi di Korea saja. Lebih baik kalian membeli dollar terlebih dahulu dibandingkan membeli won disini walau hanya 100 Won pun saya sarankan jangan hhaha Di Indonesia rate mata uang Korea jelek banget yakni 1 Won = Rp10 untuk money changer di Palembang. Saya sangat menyesal kenapa saya menukar Rp1.150.000 untuk 115.000 Won. Malahan jauh lebih murah di Incheon International Airport dibandingkan di Indonesia. Mau bukti?

Ketika saya ke Korea, rate 1 Won = Rp10 dan 1 Dollar = Rp9.450. Tahukah kalian rate di bandara Incheon, 1 Dollar = 1110 Won. Coba deh dianalisis dan dibandingkan dengan rate di Indonesia maka 1 Won = Rp8,5135xxx. Jadi kalau emang butuh uang pegangan sementara, beli saja di bandara Incheon. Saya sarankan beli 20000 Won saja ntar sisanya pas di Seoul tapi kalau kalian belum lunas bayar bookingan penginapan maka jangan 20000 Won tapi 20000 Won +++ (sesuai dengan biaya penginapan semalam). Uang 20000 Won hanya untuk transportasi ke Seoul dan ke tempat money changer. Kalau mau naik bus ke Seoul harganya 10.000-15.000 Won. Tapi kalau kalian naik AREX (subway juga) cuma 4000-6000 Won. Setelah sampai di penginapan segera pergi ke lokasi money changer di Seoul. Di Myeongdong banyak sekali money changer yang bisa dengan mudah kalian temukan dan ratenya bagus, rata-rata 1 Dollar = 1125-1135 Won. Kalau kalian mau rate lebih bagus lagi dimana 1 Dollar = 1140 Won, ada 2 lokasi yang saya tahu. Tempat pertama di seberang Namdaemun Market, kalian pergi ke Namdaemun Market (Hoehyeon Station, Line 4, Exit 2), kemudian seberangi jalan dan carilah disekitar sana ada toko dengan platform “Money Changer”. Kalau kalian mau nyicip haemul bokkeumbab hhehe selang 2-3 toko disebelah kanan dari money changer ada rumah makan yang menyajikan menu tersebut dengan harga 6000 Won per porsi. Tempat kedua ada di depan Dongdaemun Market, tepatnya di deretan toko paling kiri dari Pyounghwa Clothing Market. Ratenya juga sama 1 Dollar = 1140 Won.

Terakhir tinggal berkemas-kemas mempersiapkan pakaian, alat mandi, makanan, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memfotokopi passport banyak-banyak. Fotokopinya dikasih ke salah satu anggota keluarga sebagai pegangan kalau terjadi apa-apa dengan kita di Korea, di masukin ke dompet, dan dimasukin ke tas dan koper yang kita bawa. Saran terakhir masalah uang jangan disimpan di satu tempat misalnya dompet saja. Tapi dipisah dan diletakkan di tempat-tempat tersembunyi lainnya dan tentunya jangan simpan di koper ya hhehe Saya saja sangat bersyukur walau sangat sedih juga menyimpan 100 dollar di dompet karena 100 dollar itu hilang ketika saya di LCCT Malaysia. Ntar saya akan certain di postingan selanjutnya.

110 thoughts on “11 Hari Berpetualang di Korea PART #2 (Persiapan Sebelum ke Korea #3)

  1. Hallo mas dedi
    wah postingan masalah rate boleh juga
    saya nyaris juga mau tukar won di Indonesia.. hahaha
    Boleh minta itinerary juga dong mas,,
    hehehe buat pegangan kemana saja saya disana,,
    heheh,, kirim ke
    email : hunter_avatar@yahoo.co.id

    makasi sebelumnya mas dedi

  2. sy rencana ke koreaa tgl 29 april-11 mei 2015,unt wkt 11 hari sy mnt budget kira2 yg sy btuhkn unt survive dsana dn cara mendapatkan CS yg bener2 baik,sy jg kurang lancar brbahasa inggris apalagi koreaa,model nekaat hahaaha,trimakasiii

  3. Salam kenal mas dedi, suka bgt ma tulisannya, mau dunk dikirimin makalah n itinerary nya, infonya membantu bgt, jadi gak ragu lagi bwt nyoba .. thanks b4 yah..

  4. salam kenal mas Dedi,

    Saya Susi. saya sangat senang dan terimakasih mas dedi mau berbagi pengalaman selama di korea. Pas saya nemu web mas dedi banyak pencerahan. good job bikin makin pengen kesana..tdnya deg2an krn kendala bahasa korea.. :))

    kalau boleh saya mau minta makalah dan itenary mas dedi ke email : b2utypink@gmail.com.. saya ada rencana september 2014 ini ke korea.

    Makasih mas.

  5. mas aku coba buat daftar di cs kok ga bisa ya? harus ad bayar pakai kartu kredit seperti yg mas tulis tp pas waktu saya skip tetep balik ke halaman pembayaran. tolong bantuannya mas, makasi😀

  6. Mas..
    Aku senang sekali baca crita mas. Langsung berasa ada pencerahan niiih. Bulan september 2014 aku dan 2 temanku sudah booking tiket k korea dan kami berencana menghabiskan waktu selama 7 hari.

    Kalau boleh, aku mau mnt itenerary dan makalahnya ya mas.
    Trimakasih atas bantuannya
    Gamsahamnida🙂
    pathya.nilam@gmail.com

  7. hai hai salam kenal suka bngt sm artikel ini lengkap dan membantu sekali buat yang berencana membolang murah sprti saya..hehhe oya mas ijin numpang share ya krn aku penyiar jadi mau share soal ini ke temen2 pendengar ku supaya yg mau jalan2 kesana bisa berbagi wawasan dr sampean.. ijin share yah linknya tar aku sebutin kok. ohya boleh aku ngobrol sm mas di email krn saya berencana kesana dan mau minta link org2 yg kamu tempatin disana,,makasih berat bgt buat beritanya, maap telad baru dpt link ini sih..hehehe
    ini email ku kiftikautsar@gmail.com

  8. Salam.
    Mas, perkenalkan saya Sansan, yang nulis buku “Bujet Pas-pasan Keliling Korea 60 Hari? Bisa!”. Saya tak sengaja menemukan blog Mas. Saya senang sekali membaca cerita Mas yang ternyata jalan-jalan ke Korea dengan menginap di rumah-rumah penduduk. Saya senang karena ternyata spirit traveling seperti sudah diminati banyak orang. Mudah-mudahan akan makin banyak orang lagi yang traveling dengan cara seperti ini sehingga traveling lebih berkesan. Saya penulis yang masih malu-malu, jadi tidak pernah promosi buku sendiri. Tapi waktu tahu ternyata buku saya dibaca orang, aduh…seneng banget. Kirain cuma nganggur di rak buku doang, he..he..he.
    Let’s travel…Make friends…

  9. salam kenal mas
    Rencananya saya tahun depan mau nerusin kuliah di korea selatan (daejeon) dan membawa keluarga. Apakah punya teman disana yang juga membawa keluarga ? (khususnya balita) aya ingin menayakan masalah preschool.

    tks

  10. salam kenal mas.. saya baru baca tulisan anda. sangat menarik. mas dedi bisa kirim makalah dan itenerary-nya? saya sangat ingin mengunjungi korea krn kebetulan saya pencinta k-pop hehehe . makasih sebelumnya mas. salam kenal🙂

    email: ayudessy312@gmail.com

  11. mas tahun depan saya ke korea , mas saya mau makalah dan itinerynya kirim ke email saya dan saya engak bisa bahasa korea gimana ya mas kalau inggris sih bisa mayoritas orang korea mengerti bahasa inggris

  12. Mas saya senang sekali membaca postingan anda😀 . Saya juga ada rencana mau ke sana juga. Tp saya masih awam dan gatau apa-apa. Apalagi tukar mata uangnya. Bisa minta makalah dan. Itinerary nya? Terima kasih banyak. ^^ afichan22@yahoo.com

  13. salam kenal ya mas,,
    tertarik dan semakin menggebu nih ke korea, tulung kirimin makalah sm itinerarynya donk, siapa tau tahun depan bisa mampir kesana, terima kasih byk sblmnya.. btw gratis kan yak? hehehe.. (kamilah.nurbaeti@ymail.com)

  14. Hallo Mas Dedi, saya juga mau donk dikirimin itin sama makalahnya. Saya Desember mau jalan ke sana, berhubung itu lagi dingin banget, kalau ada petunjuk arah yang jelas, kemungkinan nyasarnya kan jadi lebih kecil. Terima kasih sebelumnya lho Mas D

  15. Mas Dedi yang baik,
    sy mau ke Busan tgl 27 Okt-9 Nop 2013. pasti saya sangat terbantu jika mas mau juga kirim makalah n ittenararynya ke saya. di bulunangko@gmx.com. Saya booking Busan Centum Guesthouse melalaui booking.com, bukan Agoda. Apakah cukup aman?, maksudnya kamar yang dipesan bisa tersedia? Saya pesan kamar mix 4 orang, sy tidak ngerti apa itu mix, dan apakah cukup aman tinggal dengan 4 orang? Soalnya saya mengejar kemurahan harga juga mas. Terima kasih mas mau berbagi dengan saya. Jujur saya sangat awam soal ini. Terima kasih

  16. Hebat. Persiapan yg sgt mendetail. Total butuh waktu berapa lama buat persiapannya?? Sy sdh download 2 file itinerarynya. Tolong bagi passwordnya, donk. Sy sdh beli tiket ke Korea utk April 2014. Terima kasih

  17. hallo mas,boleh nanya-nanya ya ? rencananya saya dan satu teman saya mau ke korea 11 hari juga. dan bingung banget karna gak pake tour. tempat tinggal juga bingung😦 gak tau lokasi-lokasi, boleh minta itinnya gak mas ? jujur nih masih awam banget soal manjalin pertemanan dengan situs2 jejaring host kaya gitu, ada saran gak mas biar bisa ikut tinggal gratis di rumah orang ? caranya gimana ? hehe kalo boleh minta segala saran dan bantuannya mas. soalnya aku duah dapet tiket pp nya gitu buat januari-februari. terimakasih😀

    devayuga – Bandung
    email : deleonymara@gmail.com

    • Boleh kok, silahkan cek email sudah saya kirim dan semoga bermanfaat.
      Untuk masalah tempat tinggal coba guesthouse saja rata2 di Korea 20000 Won/ malam untuk tipe dormitory room dan dijamin nyaman kok.
      Kalau untuk lokasi2 bisa coba download makalah Lost In Korea saya didalamnya berisi berbagai tempat wisata yg recommended di Korea lengkap dengan petunjuk untuk kesana.
      Hmm kalau mau nempang gratis di tempat mereka coba kamu pelajari situs Couchsurfing, ini sudah saya bahas kan dipostingan. Untuk info lebih lanjut coba kamu cari di google atau youtube.

  18. Salam kenal ya mas dedi..saya org bdg yg kerja di plbg hehe.. Saya rencana tgl 16 bsk ke korea. Jd rada khawatir jg nih, abis saya sm sekali ga bs bahasa korea apalagi baca hangeul..hmm, gmn yah?hhee… Boleh minta itinerary nya jg ga?buat dibandingin🙂 alamat email saya : fikafidayyah_vk@yahoo.com

    Mas, saya jg planning pergi ke Busan. Rencana awal mo pake bus. Ada saran?

    Thx bgt yah sblmnya.. :-p

    • Salam kenal juga,
      Waduh maaf ya baru bisa kirim passwordnya skrg dan telat bgt ya — sekali lagi maaf …
      Sepertinya ngk usah dijawab lg karena udah ke Korea kamu pastinya :p

  19. Hai,
    Salam kenal Dedi. Saya senang sekali baca petualanganmu di Korea. Rencana tanggal 4 Juli saya ke Korea. Mungkin sekitar 7 minggu. Untuk ikuti workshop. Nah rencana sekalian pingin jalan-jalan di sana. Saya butuh informasi terkait taksi atau sejenisnya. Apa harganya itu flat (jauh dekat sama) atau argo atau seperti apa. Dan apa saranmu misalnya untuk terkait dengan budget yang minim. Hehehe.

    Mohon informasinya.

  20. mas dedi, waktu apply visa korea melampirkan tempat menginap juga?
    kan mas nginepnya di lebih dari satu tempat, pas ngurus visanya gimana tuh?

    makasih ya..

    • Nggak, saya sudah melampirkan invitation letter yang diberikan dari adik kakak ipar saya jadi secara tidak langsung selama saya di Korea, saya akan tinggal ditempat dia. Namun pada kenyataannya nggak hhaha
      Jadi cukup lampirin saja bookingan hotel setidaknya 1-2 malam pertama di Korea.

  21. Mas, need help nih.. Saya mau brangkat dari Gimpo ke Jeju tanggal 6 Juni 2013 nanti, tapi saya heran dengan airlines Korea knpa mreka cm jual 9 seats aja yg bisa dibeli via online y? Jeju Air dan Tway juga gt. argghh. penerbangan di jam saya mau (11.15 AM) uda terjual semua 9 seats T_T jd gimana dung? Klo penerbangan lain, mahalll. Mungkin ga ya, mereka akan nambah lagi jumlah seat-nya ketika uda deket2 tanggalnya nanti?

    • Hmm kalau masalah itu saya kurang tahu, mungkin kebijakan mereka tapi aneh juga ya ada limitnya …
      Tapi tenang aja la, mbak juga kan berangkatnya Juni jadi masih 6 bulan lagi, logikanya pasti ada lagi kok hhehe jadi sering-sering saja cek🙂

      Good luck moga sebelum berangkat sudah booked tiketnya …

  22. halo mas, aku dari palembang jg nih..
    ak pny rencna ni buat liburan kesana.
    mas kasih tau dong cara ngurus visa buat ke korea, soalny aku krg ngerti..
    asik banged yang pengalamannya..
    mas kalo kita gak sendirian bisa gak sih tinggal” di tempat org kyk kamu gitu??
    thanks be4~🙂
    reply yaaa🙂

  23. Hai, Mas. klo penginapan hanok apakah sudah pernah coba? saya bingung menemukan penginapan yang ada di pusat kota, jd ga jauh kalau mau ke tempat2 wisata dan tempat belanja di seoul. mohon petunjuknya

    • Belum pernah hhaha tapi kalau tempat tidurnya udah nyoba …

      Saya nggak terlalu banyak tahu mengenai penginapan hanok, yang saya tahu penginapan hanok yang the best di Korea ya hanya ada di Jeonju bukan di Seoul. Kalau di Seoul kurang tahu, coba kamu cari di trip advisor.

      Kalau kamu mau nyoba temple stay dimana tempat penginapannya tipe hanok dan kamu jg bakal dapet Korea temple experience silahkan kunjungi web nya http://eng.templestay.com/

  24. Salam kenal ya aq dr prabumulih – palembang , Wahh ceritamu seru bgttt ya,, aq jg termasuk korban tiket promo loh tp hny sbts negara tetangga aja..
    Ingin rasanya ke korsel tp kyk na baca cara pengurusan visa aja nyali udh ciut , takut di tolak …

    • Wah wong kito jugo e, saya asli Palembang hhehe

      Makasih pujiannya🙂 Hidup PROMO!!!

      Jangan ciut nyalinya, saya awalnya juga takut tapi ternyata mudah hhehe moga cepet” ke Korea ya …

  25. salam kenal ya mas dedi,, sy ada rencana mau liburan ke korea saat spring, boleh minta contactnya ga mas, bisa YM atau Gtalk biar enak klo mau nanya2,,🙂

Leave a Reply

